Tompo Una Yoko, Upacara saat Perkawinan

0
185

TOTABUANEWS.COM,Upacara tompo una yoko ini dilaksanakan sehari atau tepatnya pada malam hari sebelum upacara perkawinan dilaksanakan. Pihak keluarga pria menyediakan sebilah parang besi yang diantar oleh seorang tua adat ketempat pelaksanaan perkawinan.

Sipembawa alat penangkal bala ditempat pelaksanaan perkawinan diterima oleh seorang tua adat dari pihak wanita. Selanjutnya parang tersebut diikat oleh si pembawanya pada tiang raja rumah mempelai wanita, kini berupa bamboo kuning yang sudah disiapkan terlebih dahulu oleh pihak keluarga wanita. Dia akan mengucapkan doa :

“Ompu… Ompu… Ompu, mobarakat doaman in ikow, mobisa doman in ikow molima doman in ikow, sin ginama’ ku kon pia-pia in gina dinoyonku kon singgai mopia, yo umaanka delang yi dia’ don doman mobali lobat dia din diman mobali’ toinpukot kon pimi’aan kon adat bo atorang topi’mai naa Tuhan Sin Kinounaanku.

Makna dari doa ini adalah semoga pernikahan yang dilaksanakan tidak menemui rintangan dan mendapatkan perlindungan dan petunjuk dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Maksud menghantar sebilah parang terlebih dahulu ke tempat pelaksanaan perkawinan, bahwa alat tersebut adalah bakal menjadi penagkal bala Guntur, kilat, hujan dan angin jika merintangi pelaksanaan perkawinan, mulai dari saat menghantar harta bersama pengantin pria sampai selesainya acara perkawinan. (***)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.