Maaf, Apple Tak Lagi Merek Paling Bergengsi

0
321

APPLETOTABUANEWS, Jakarta – Apple di era Steve Jobs memang sempat diakui sebagai perusahaan dengan merek dagang paling bernilai sejagat. Namun belakangan, pamor itu mulai luntur. Siapa gerangan yang berhasil menggusurnya?

Siapa lagi yang berani menggusur Apple dari singgasananya kalau bukan Google. Raksasa internet yang didirikan oleh duet Larry Page dan Sergey Brin ini baru saja dinobatkan sebagai perusahaan yang memiliki nilai merek tertinggi dalam laporan 100 Top BrandZ yang dirilis lembaga riset Millward Brown.

Seperti detikINET kutip dari AFP, Rabu (21/5/2014), merek Google naik 40% dalam setahun menembus valuasi USD 158,84 miliar. Sementara Apple yang selama ini mendominasi peringkat teratas selama tiga tahun berturut-turut mengalami penurunan brand value 20% atau menjadi USD 147,88 miliar.

“Google tahun ini sangat inovatif dengan Google Glass dan investasi lainnya yang cerdas. Semua aktivitas itu memberikan sinyal yang kuat ke konsumen tentang visi Google,” jelas Head of Millward Brown France Benoit Tranzer.

Dalam jajaran 10 besar di daftar Top BrandZ, ada IBM yang bertengger di posisi nomor tiga setelah Apple dengan nilai USD 107,54 miliar atau turun 4% diikuti Microsoft dengan nilai merek USD 90,19 miliar. Brand value dihitung dengan melihat kinerja keuangan perseroan dan pangsa pasarnya di konsumen.

Google sendiri tengah agresif melakukan akuisisi untuk memperkuat posisinya di masa depan. Aksi korporasi terbarunya ialah membeli Divide, pengembang aplikasi untuk solusi Bring Your Own Device (BYOD).

Aplikasi ini bisa menyajikan dua profil di smartphone antara penggunaan untuk kerja dan kepentingan pribadi. Layanan ini berjalan di Android dan iPhone. Belum lama ini Divide mendapatkan pendanaan USD 25 juta dari Comcast, Qualcomm, dan tentu saja Google.

Sumber: detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.