Menjamah Air Terjun Mengkang

0
812

Air Terjun Mengkang 1TOTABUANEWS, Lolayan—Berbagai objek wisata yang terdapat dipenjuruh Bolaang Mongondow (Bolmong) bisa kita dijumpai. Bahkan seringkali objek wisata itu terdapat tidak jauh dari seputaran Kota maupun Kabupaten. Salah satunya yang berada di Desa Mengkang Kecamatan Lolayan Kabupaten Bolmong.

Nampak, keindahanya tidak kalah dengan objek wisata yang sudah terkenal lebih dulu. Bagi warga setempat, air terjun yang kurang lebih berada Enam Kilo Meter dari perkampungan ini, masih jarang dikunjungi.

“Yang datang hanya dari luar saja, itu pun jarang. Mungkin ini juga akibat dari lokasinya yang sedikit jauh, harus melewati tujuh sungai, setelah itu sampai di air terjun” kata Tete Ida sembari menunjuk ke arah air terjun.

Kondisi medan jalan yang cukup parah, menjadikan kita lebih extra hati-hati, jalan yang licin, turun ke sungai, melewati hutan, dan menyelip diberbagai batang pohon. Namun dalam perjalanan ke ai terjuan yang berada di kawasan Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW) ini, kita juga akan disuguhkan dengan pemandangan alam dan suasana hutan yang masih perawan.

Obyek wisata air terjun ini telah meyimpan potensi wisata yang lebih menarik. Segarnya suasana dan kelestarian alamya akan menjadikan kita untuk lebih betah menikmatinya. Apalagi, dengan jernihnya air yang dingin. Selain itu, disudut desa juga terdapat papan bertuliskan penghargaan dari kepada Sangadi (Kepala Desa,red) Mengkang oleh Duta Besar (Dubes) Canada Mr. Mackenzi Clugston tahun 2012 silam. Dan penghargaan lain yang diberikan kepada seluruh warga desa mengkang untuk turut melestarikan alam.

Dalam perjalan dari Desa Mengkang menuju lokasi Air terjun (Arter), diperkirakan memakan waktu hingga empat jam. Namun, ketika berada dilokasi aer terjun yang memiliki tinggi jatuh hampir 86 Meter ini, dipastikan pengunjung bisa terhibur dan kecapean dalam perjalan pun dapat terobati. (*)

Peliput: Muslim Paputungan

Editor: Erwin Ch Makalunsenge

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.