Asal Bukan Pura-pura

0
343
Konni Balamba
Konni Balamba
Konni Balamba

Oleh: Konni Balamba

MENDAPATKAN Penghargaan Piala adipura merupakan sebuah prestasi menggembirakan bagi setiap kota sekaligus kepala daerah yang meraihnya. Bukan hanya prestasi saja, adipura juga menjadi kebanggaan tersendiri bagi daerah itu sendiri.

Adipura adalah salah satu lambang kesuksesan yang menjadi dambaan setiap daerah. Oleh karena itu, para kepala daerah berlomba-lomba untuk meraih gelar kota terbersih dan bahkan mempertahankannya sampai bisa memperoleh gelar Adipura Kencana.

Adipura sendiri adalah sebuah penghargaan bagi kota di Indonesia sesuai kategori kota, yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan, dimana kegiatan ini merupakan program nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Negara Lingkungan Hidup.

Sejarah menulis bahwa Program pemberian penghargaan Adipura telah dilaksanakan setiap tahun sejak 1986. Walaupun sempat terhenti pada awal era reformasi yaitu tahun 1998, namun akhirnya program Adipura kembali dicanangkan di Denpasar Bali pada tanggal 5 Juni 2002 dan terus berlanjut hingga sekarang.

Namun disisi lain Adipura, bukanlah semacam obat yang menyembuhkan sakit kepala. Akan tetapi bisa menjadi motifasi bagi warga dalam menjaga kebersihan lingkungan, manajemen sampah, limbah, tanah dan juga air yang tentu saja tidak cukup hanya sekedar ditanggapi dengan aksi bersih-bersih ramai-ramai di hari tertentu. Sehingga penghargaan Adipura bukan hanya sekedar pura-pura. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.