Tim KN Bima Sena Berhasil Selamatkan ABK KLM Kembang

0
158
Tim KN Bima Sena Berhasil Selamatkan ABK KLM Kembang

TOTABUANEWS, BITUNG – Kapal Nasional (KN) Bim Sena, milik Badan Search Rescue (SAR) Nasional Kota Bitung. Berhasil menyelamatkan Anak Buah Kapal (ABK) KLM Kembang yang tenggelam di Teluk Tomini.

Kapal barang itu tujuan Kalimantan Timur. Memiliki 10 ABK termasuk Nahkoda Kapal.

Menurut Nahkoda KLM Kembang, Ancha Iskandar, mereka telah lepas demaga selama tiga hari. Namun dalam perjalanan ditengah laut kapal yang dikemudikan Ancha ini, dihantam ombak sekitar dua setengah meter. “Saat itu kami berusaha menyelamatkan kapal ke pinggir. Tapi,  sudah tidak bisa, pompa sudah tidak berfungsi, kapal mulai tenggelam dan muatan tidak bisa diselamatkan,” kata Ancha.

Adapun kesepuluh ABK yang selamat tersebut adalah Syamsudin, Hamka,  Ancha Iskandar, Herman,  Rusiansya, Muhaimin, Nurdiansya, Abdul Saman, Ali dan Raman.

Para korban diselamatkan tim SAR KM Bima Sena yang berangkat ke lokasi pada Kamis (30/03/2017) pukul 16.00 Wita. Sedangkan, pukul 24.00 Wita malam, mengevakuasi para ABK yang dibawa ke pelabuhan navigasi Bitung,  untuk diserahkan ke perusahaan.

Djefri Mewo yang memimpin operasi penyelamatan tersebut menjelaskan,  pihaknya menerima berita kecelakaan kapal pada pukul 15.30 Wita. “Kita langsung berkoordinas dengan tim kemudian berangkat ke lokasi kejadian,” ucap Mewo.

PELIPUT: Rahmi

REDAKTUR: Isnandar Bangki

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.