Suka Ngopi? Berikut Sederet Manfaat Kopi Hitam Bagi Tubuh Yang Perlu Anda Ketahui

0
124

TOTABUANEWS.COM – Bagi anda pencinta kopi, anda mungkin perlu mengetahui sederet manfaat kopi hitam yang biasa anda nikmati. Kopi hitam ternyata memiliki segudang manfaat untuk tubuh jika dikonsumsi sebagaimana mestinya. Bermanfaat untuk kesehatan karena kopi hitam mengandung antioksidan dan nutrisi.

Inilah beberapa manfaat kopi hitam yang dikutip dari Times of India, Sabtu (1/7/2017):

1. Meningkatkan Daya Ingat

Bertambahnya usia menyebabkan menurunnya kemampuan daya ingat dan meningkatkan risiko penyakit Demensia, Parkinson dan Alzheimer. Kopi hitam membantu otak tetap aktif dan membantu meningkatkan daya ingat. Studi mengatakan bahwa mengonsumsi kopi secara teratur dapat mengurangi risiko Alzheimer sebesar 65 persen dan Parkinson sebesar 60 persen.

2. Meningkatkan Kinerja Fisik

Salah satu manfaat terbaik dari kopi hitam yaitu meningkatkan kinerja fisik sebesar 100 persen. Kopi bekerja dengan meningkatkan kadar epinefrin (adrenalin) dalam darah, yang mempersiapkan tubuh untuk melakukan aktivitas fisik. Ini juga memecah lemak tubuh yang tersimpan dan melepaskan sel lemak ke dalam aliran darah dalam bentuk asam lemak bebas yang dapat digunakan sebagai bahan bakar untuk aktivitas fisik yang berat.

3. Bermanfaat untuk Hati

Hati adalah salah satu organ vital tubuh karena melakukan begitu banyak fungsi penting. Dan tahukah kamu bahwa hati mencintai kopi hitam? Kopi hitam dapat membantu mencegah kanker hati, hepatitis, penyakit hati berlemak dan sirosis. Orang yang minum 4 atau lebih cangkir kopi hitam setiap harinya memiliki 80 persen kemungkinan lebih rendah berisiko penyakit hati apapun. Kopi juga membantu menurunkan kadar enzim hati yang berbahaya dalam darah.

4. Membuat Cerdas

Kopi memiliki stimulan psikoaktif yang bila bereaksi dengan tubuh, serta memiliki kemampuan untuk memperbaiki energi, mood, dan fungsi kognitif. Dengan demikian membuat Anda lebih cerdas selama periode waktu tertentu.

5. Membersihkan Perut

Kopi adalah minuman diuretik sehingga membuatmu ingin sering buang air kecil. Jadi, karena itulah saat minum kopi hitam tanpa gula, semua racun dan bakteri dapat keluar dengan mudah dalam bentuk urin.Hal ini yang membantu membersihkan perut.

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kopi hitam membantu menurunkan berat badan dengan cepat dibantu dengan olahraga. Kopi hitam membantu meningkatkan metabolisme sekitar 50 persen dan dapat membakar lemak di perut. Kopi hitam juga merangsang sistem saraf yang menandakan tubuh untuk memecah sel lemak dan menggunakannya sebagai sumber energi yang bertentangan dengan glikogen.

7. Meningkatkan Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Meskipun minum kopi hitam secara teratur dapat meningkatkan tekanan darah untuk sementara, namun efek ini berkurang seiring berjalannya waktu. Minum 1-2 cangkir kopi hitam setiap hari dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular termasuk stroke. Kopi hitam juga mengurangi tingkat peradangan di tubuh.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.