Kejari Panggil 15 Sangadi di Kotamobagu, Terkait Dana Desa

0
449
Maret, Dandes Tahap I Disalur

TOTABUANEWS, KOTAMOBAGU – Dalam rangka pengawasan pelaksanaan Dana Desa (Dandes) di wilayah Kota Kotamobagu, Kejaksaaan Negeri (Kejari), mengundang seluruh Kepala Desa (Sangadi) se-Kotamobagu di Aula Kantor Kejari, Rabu (23/08/2017). Para Sangadi dan aparat desa ini hadir dalam rangka mengikuti kegiatan sosialisai dandes dan Tim Pengawal, Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D).

Dalam kesempatan, Kejari Kotamobagu , Dasplin SH MH mengatakan, sosialisai ini merupakan petunjuk dari pusat untuk dilaksanakan oleh Kejaksaan seluruh Indonesia. Dan juga memberikan informasi kepada masyarakat tentang peran kejaksaan untuk pengawasan penggunaan dana desa. “Penggunaan dana desa harus kita awasi bersama. Semua pihak harus terlibat,” kata Dasplin.

Menurutnya, dandes yang dikucurkan pemerintah pusat ke tiap desa haus dimanfaatkan dengan baik untuk kesejahteraan rakyat. “Kami sangat berharap para kepala desa untuk mengelola dana desa dengan baik. Jangan sampai menyalahi aturan yang berlaku, bahkan hingga berimplikasi masalah hukum,” katanya.

Ia menambahkan, para kepala desa harus mengubah pola pikir dalam mengelola dana desa. Sebab dana desa merupakan anggaran yang tujuan utamanya untuk membangun desa agar masyarkat sejahtera.“Jangan pernah menganggap dana desa sebuah hadiah durian runtuh. Pola pikir seperti ini haruus dirubah,” ucapnya.

Sementara itu, Sekertaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Hamdan Monigi, mengatakan bahwa pihaknya dalam kegiatan ini hanya memfalistasi agar para sangadi dan pihak terkait bisa mengikuti kegiatan ini. “Kami sifatnya hanya fasilitator dalam kegiatan ini,” katanya singkat.

Tenaga ahli dandes Kota Kotamobagu, Dedi Martasen saat dimintai tanggapanya terkait sosialisai tersebut mengatakan sangat mendukung. Menurutnya kegiatan ini adalah bentuk penyadaran dini atau bentuk pencegahan dari hal- hal yang tidak kita inginkan bersama dalam pengelolaan dana desa. “Ini sangat baik untuk semua pihak yg terkait dengan dana desa dalam rangka pengawasan dan pengelolaaan dana desa agar berjalan sesui dengan peraturan yang ada,” kata Dedi.

 

Tim Totabuanews

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.