DPMD dan Bappeda Bolmong Gelar Rapat RPJMD Bersama Camat

0
62
TOTABUANEWS, BOLMONG – Rapat koordinasi persiapan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) desa dan kelurahan tahun 2019, yang dihadiri oleh camat dan dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), di Bappeda, Senin (16/1), kemarin.
Kepala Bappeda Bolmong Yarlis Hatam mengatakan setelah pelantikan lalu terjadi perubahan struktur mulai dari kecamatan dan pelaksanaan program. Walaupun kegiatan Musrenbang desa sudah jadi rutinitas,  tapi karena saat ini sudah menggunakan sistem E-Planning dalam perencanaan jadi harus perlu penyegaran. “Makanya saat ini perlu menyamakan persepsi dan menset. Karena kita perlu bersinergi,” katanya. “Karena kan kita mulai dari bawah. Yakni dari desa, kelurahan, dan kecamatan,” ungkapnya.
Dijelaskannya, untuk kerja-kerja hebat tidak bisa dilakukan oleh satu orang saja atau dinas. Tapi stakeholders semua harus bersinergi. “Karena kita punya misi kedepan membangun dari pinggiran. Karena ini merupakan cerminan dari Bolmong hebat,” tuturnya.
Ditambahkannya, Januari merupakan pelaksanaan Musrenbang desa. Dalam hal ini secara teknis ada pergeseran beberapa kegiatan agenda dari pemerintah, maka pelaporan Musrenbang desa mulai dari besok hari sampai tanggal 29 Januari. Dan mungkin ada kebijakan dari masing-masing kecamatan. “Tapi ada beberapa kecamatan yang sudah mendahului melakukan Musrenbang, itu sangat-sangat positif. Dan itu tidak masalah,” ujarnya saat menyampaikan materi pada camat.
Dan untuk jadwal Musrenbang kecamatan bulan Februari dan Musrenbang kota bulan Maret.
“Nanti Rencana Kerja Pemerintah (Renja) SKPD saat tatanan Musrenbang kecamatan,” tuturnya.
Terpantau acara dimulai dari pukul 09.00 sampai selesai. Dan turut hadir Kadis PMD Bolmong Achmad Yani SH ME, Kabid Pemdes Dien Novita Thalib SE MAP, dan camat di kabupaten Bolmong.
Peliput: Ebby Makalalag

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.