Kotamobagu Miliki Desa ‘Rasa’ Kota

0
139
TOTABUANEWS, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu memaksimalkan pemberdayaan pembangunan dan pemberdayaan 15 Desa lewat Dana Desa (Dandes), sehingga bisa setara dengan Kelurahan. Hal ini dikatakan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Drs Teddy Makalalag, kepada sejumlah media, Kamis (11/1/2018).
“Memang untuk Kotamobagu ini unik, karena Kotamobagu, satu-satunya kota yang memiliki Desa, sehingga memang untuk menyetarakan dengan kelurahan, harus ada penitik-beratan kepada pembangunan dan pemberdayaan lewat dana desa,” katanya.
Wilayah desa, juga menjadi salah salah satu faktor penting untuk penyetaraan ini.
“Desa yang berada di perbatasan daerah, atau kota, menjadi titik pantau. Sehingga harus dipacu untuk, paling tidak setara. Desa Sia’ misalnya, berbatasan dengan daerah tetangga (Bolmong), membuat pemerintah berupaya agar infrastuktur di sana bisa memadai. Jalanan luas dan sudah diterangi lampu jalan, seperti inilah desa rasa kota,” ujarnya.
Dirinya berharap, agar lewat Dandes, 15 Desa yang ada, bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya.
“Saya kira desa rasa kota ini, tidak ada terwujud, bila mana pemerintah desa tidak komitmen untuk sama-sama mensejahterakan rakyat. Untuk itu, saya berharap Dandes ini bisa benar-benar dimanfaatkan, untuk pembangunan dan pemberdayaan tadi, sehingga desa bisa setara dengan kelurahan,” pungkasnya.
Neno Karlina

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.