Panwaslu Kotamobagu Awasi Ketat Coklit Mutarlih

0
27

TOTABUANEWS, KOTAMOBAGU – Tahapan pencocokan dan penelitian (Coklit) pemutakhiran data pemilih (Mutarlih) mulai dilaksanakan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) pada Sabtu (20/1/2018) besok.

Proses ini akan diawasi ketat oleh Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kotamobagu. Panwaslu akan memastikan tidak ada pemilih siluman di Kotamobagu serta masyarak yang benar-benar memiliki hal bisa masuk daftar pemilih.

Agar maksimal pengawasan di lapangan, Panwaslu juga berharap peran serta pemerintah kelurahan/desa dan organisasi kepemudaan (OKP) untuk sama-sama mengawasi proses coklit.

“Lurah dan kepala desa (sangadi) sebagai bagian dari pemerintah, merupakan bagian juga dari proses penyelenggaraaan pemilu kali. Sudah tentu bertanggung jawab juga dalam mensukseskan seluruh tahapan ini, termasuk proses coklit. Untuk OKP saya berharap adanya peran pengawasan untuk bisa melihat apakah para warga yang berhak memilih telah terdaftar dan di coklit atau belum,” kata Musly, Jumat (19/1/2018), di kantornya.

Sementara itu, pimpinan Panwaslu Kotamobagu, Herdy Dajoh SIP mengatakan kalau pihaknya dalam proses pengawasan tahapan Coklit akan terus berkordinasi dengan KPU Kotamobagu.

“Agar proses coklit bisa berjalan maksimal, serta memastikan seluruh warga yang memiliki hak pilih benar-benar sudah masuk dalam coklit untuk pemutakhiran data pemilih,” ujar Herdy.

 

KONNI BALAMBA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.