Beranda blog

LSM P3H/LPPASRI Laporkan 8 ASN Pejabat Pemko Binjai ke KASN atas Dugaan Pelanggaran Netralitas

0

TNews, KOTA BINJAI –  Dalam upaya menjaga netralitas aparatur sipil negara (ASN) dalam konteks politik, kedua lembaga LSM P3H/LPPASRI di Kota Binjai akan melaporkan 8 ASN pejabat Pemko Binjai ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Dugaan pelanggaran muncul setelah ke-8 pejabat tersebut menghadiri petahana Amir Hamzah sebagai Balon Walikota Binjai periode 2024-2029 dan mendaftar ke Partai Golkar di Jalan Chandra Kirana Binjai Kota.

Zulkifli Gayo, perwakilan LSM, mengungkapkan bahwa langkah ini diambil sebagai tindakan terhadap dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh pejabat ASN Pemko Binjai.

BACA JUGA : Delapan Pejabat Pemko Binjai Diduga Langgar Netralitas, Ini Daftar Namanya

“Pelanggaran tersebut melanggar Peraturan Pemerintah Nomor 94 Tahun 2021 tentang larangan keterlibatan ASN dalam politik praktis,” tegas dia.

Di antara nama-nama pejabat yang dilaporkan termasuk Pejabat Kesbangpol Pemko Binjai, Pejabat Kepala Dinas Dispora Pemko Binjai, Pejabat Kepala Dinas Badan Kepegawaian Daerah (BKD Pemko Binjai), dan lainnya.

Pelanggaran yang diduga meliputi berbagai bentuk keterlibatan dalam politik praktis seperti mendeklarasikan diri sebagai bakal calon, menghadiri deklarasi bakal calon, dan bergabung menjadi anggota partai politik.

BACA JUGA : Turut Antar Amir Hamzah daftar Calon Wali Kota, Kaban Kesbangpol Binjai: Kami Loyal kepada Pimpinan

Diketahui, pentingnya netralitas ASN dalam pemilu ditegaskan dalam Undang-Undang ASN Nomor 5 Tahun 2014, yang menegaskan asas “Netralitas” sebagai salah satu asas dalam kebijakan dan manajemen ASN. Netralitas ini penting untuk menjaga kualitas pelayanan publik yang diberikan oleh ASN tanpa adanya pengaruh politik yang memihak, serta untuk mencegah terjadinya konflik kepentingan yang merugikan negara dan masyarakat.

KASN akan melakukan penyelidikan terhadap dugaan pelanggaran tersebut, sesuai dengan peraturan yang berlaku, untuk menegakkan netralitas ASN dalam pemilu dan memastikan integritas dalam pemerintahan daerah.

Peliput :  Nanda Putra

Kongres VI : PAN Sulut Serukan ‘Hattrick’ untuk Ketum Zulhas

0
Zulkifli Hasan

TNews, SULUT – Dalam momentum menjelang Kongres VI Partai Amanat Nasional (PAN), gelombang dukungan terhadap Zulkifli Hasan untuk kembali memimpin PAN semakin menguat. Dari Sulawesi Utara (Sulut), Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) hingga Dewan Pimpinan Daerah (DPD) di tingkat kabupaten dan kota secara bulat meminta agar Zulkifli Hasan, atau yang akrab disapa Zulhas, kembali memimpin PAN sebagai Ketua Umum.

Ketua DPW Sulut, Bobi Daud, dan Ketua DPD Kota Kotamobagu, Anugrah Begie Gobel, menyatakan keyakinan mereka terhadap Zulhas. Menurut Gobel, sosok yang kini menjabat Menteri Perdagangan RI mampu menjaga stabilitas PAN sebagai partai politik yang mapan.

Begie Gobel mengatakan, pada setiap menjelang pesta demokrasi, dalam survey, PAN selalu dalam posisi terancam tidak lolos Pileg. Kendatipun faktanya, PAN selalu lolos ‘parliamentary treshold’ di detik akhir.

“Namun dalam Pileg kali ini, PAN sudah menunjukan tren menembus di atas empat persen, yakni enam persen. Malah kenyataannya, hasil Pileg 2024 PAN malah mencapai 7 persen dengan kursi DPR RI mencapai 48 kursi,’’ papar Gobel.

Artinya, kata anggota DPRD Kota Kotamobagu ini, Zulhas sukses menciptakan stabilitas dalam kepemimpinannya. Selain itu, kata dia, di peta politik nasional, di bawah Zulhas, PAN menjadi partai politik yang solid dan diperhitungkan. Yang tak kalah pentingnya, kata Gobel lagi, kegigihan Zulhas mendukung Prabowo sebagai calon Presiden, sejak 2019 –PAN mendukung Prabowo sejak 2014—membuktikan naluri tajam dari Zulhas. “Kotamobagu ajukan Zulhas nanti di Kongres. Taka da nama lain,’’ mantap Gobel.

Senada dengannya, Bobi Daud juga mengutarakan hal yang sama. “Malah, kami DPW Sulut meminta agar dalam Kongres VI nanti calon tunggal saja, Bang Zulhas!” mantap politikus yang kerap disapa Boda ini.

Untuk diketahui, PAN adalah salah satu partai politik yang setiap hajat kongres selalu dinamis. Nyaris taka da figure yang menjabat Ketua Umum dua kali. Sejak didirikan pada 23 Agustus 1998, PAN selalui dinahkodai Ketum tidak lebih dari dua periode. Amin Rais memimpin pada 1998-2000, saat PAN awal didirikan.

Tokoh reformasi nasional ini kemudian menjadi Ketua Umum lagi pada 2000-2005, saat mulai dilakukan pemilihan oleh peserta. Soetrisno Bachir kemudian menjadi Ketum periode 2005-2010.

Hatta Rajasa melanjutkan period berikut, 2010-2015. Zulhas yang merupakan Sekjen masa Soetrisno Bachir, kemudian menjadi penantang Hatta pada Kongres IV di Bali, pada 2015. Zulhas kemudian memenangkan pertarungan sengit itu.

Giliran Kongres V di Kendari, 2020, Zulhas ditantang oleh Drajad Wibowo dan Mulfahri Harahap. Namun, Zulhas membuktikan keperkasaannya dan menciptakan sejarah menjadi Ketum yang terpilih dua kali berturut, yakni lewat Kongres IV dan V. Jika kembali terpilih, maka Zulhas akan menciptakan sejarah yang sulit disamai dalam partai berlambang matahari ini. ***+

PKB Kotamobagu Bersiap Hadapi Pilwako 2024, Bentuk Tim Desk Pilkada

0
Refly Setiawan Mamonto

TNews, KOTAMOBAGU – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Kota Kotamobagu telah memulai persiapan serius untuk menghadapi Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota pada tahun 2024 mendatang.

Di bawah kepemimpinan Jusran Deby Mokolanot S.Ag, M.Si, PKB yang sukses meraih 5 kursi di Pileg, mulai mempersiapkan langkah-langkah strategisnya.

Salah satu langkah yang diambil adalah pembentukan Tim Desk Pilkada Kotamobagu yang dipimpin oleh Refly Setiawan Mamonto, peraih kursi kedua di dapil Timur.

Tim ini bertugas untuk mengidentifikasi potensi calon yang akan diusung oleh PKB dalam Pilwako nanti.

Refly menyatakan bahwa pembentukan Desk Pilkada ini merupakan bukti kesiapan PKB dalam menghadapi agenda politik yang akan datang.

Mereka akan membuka pendaftaran bagi para calon potensial yang ingin diusung oleh partai.

Sementara itu, terkait calon yang sedang dalam proses penjaringan, Refly menyatakan bahwa beberapa tokoh telah masuk dalam survei internal.

Namun, Refly menegaskan bahwa proses seleksi masih berlangsung dan belum ada kepastian siapa yang akan diusung.

PKB Kotamobagu menegaskan komitmennya untuk memilih calon yang terbaik dan mampu mewakili aspirasi masyarakat Kota Kotamobagu dalam Pilwako mendatang. (**)

Ratusan Calon Investor Bidang Transportasi Hadiri Familiarisasi Konsep “Kota Masa Depan” Nusantara

0

10 Minutes City jadi target Nusantara dengan implementasi serta integrasi Intelligent Transport System menjadi fokus utama.

Intelligent Transport System (ITS) Indonesia bekerja sama dengan Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN) mengadakan sesi pertemuan daring dengan ratusan calon investor bidang transportasi dari luar dan dalam negeri untuk Ibu Kota Baru, Nusantara. Menjelang pelaksanaan ITS Asia Pasifik Forum ke-19 tahun 2024 di Jakarta, sesi yang diadakan dengan tema “Building an Integrated, Intelligent, and Sustainable Transport System of the New Capital of Nusantara” ini bertujuan untuk memperkenalkan konsep “Kota Masa Depan” dengan fokus pada implementasi sistem transportasi cerdas (ITS) yang dinamis dan inovatif di Nusantara.

Bambang Susantono, Ketua Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN), menyampaikan pentingnya pembangunan Nusantara untuk Indonesia dan dunia “Pembangunan Nusantara bukan hanya untuk mentransformasi bangsa Indonesia, tapi juga memberikan inspirasi pada dunia untuk hidup lebih baik, lebih berkelanjutan serta siap untuk mengatasi tantangan global di masa depan.” Bambang juga memberikan gambaran sistem transportasi Nusantara 20 tahun di masa depan, dimana transportasi di Nusantara akan diisi oleh kendaraan nirawak, logistik drone, integrated command center, kendaraan listrik hingga taksi terbang.

Gambaran transportasi di Nusantara 20 tahun mendatang

Pada kesempatan yang sama, William P. Sabandar, Presiden ITS Indonesia, menyampaikan pentingnya sesi ini diadakan sedini mungkin. “Familiarisasi yang merupakan kolaborasi antara ITS Indonesia dan Otoritas Ibu Kota Baru ini adalah bukti komitmen dedikasi kami untuk menjadikan ibu kota baru sebagai pusat peradaban modern yang berkelanjutan. 

Di sisi lain, William juga menyoroti pentingnya kolaborasi lintas sektor antara pemerintah, sektor swasta, dan akademisi dalam menciptakan solusi yang holistik untuk mobilitas perkotaan yang lebih baik.

William P Sabandar, President Intelligent Transport System (ITS) Indonesia

Dengan melibatkan para ahli dan praktisi terkemuka seperti Silvia Halim (Deputi Bidang Sarana dan Prasarana, Otorita Ibu Kota Nusantara), Agung Wicaksono (Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi, Otorita Ibu Kota Nusantara) , Susan Harris (CEO ITS Australia), Fred Kalt (Presiden ITS Singapura dan Direktur Pelaksana Yunex Traffic Asia Pacific), dan Silje Troseth (Wakil Presiden APA & Manajer Umum Australia Q-Free) sebagai speaker pada sesi ini, diharapkan menjadi langkah awal yang penting dalam merancang solusi-solusi yang berkelanjutan untuk mobilitas perkotaan di Nusantara.

Yang menarik adalah ketika panelis menjawab pertanyaan seputar kesempatan Nusantara menjadi 10 minutes city atau kota 10 menit yang sedang banyak dibahas oleh masyarakat Indonesia. Panelis menyampaikan, 10 minutes city untuk nusantara menjadi hal yang sangat mungkin diwujudkan melalui perencanaan kota serta Integrasi berbagai macam sistem transportasi cerdas (ITS), dimana 80% perjalanan akan difasilitasi oleh transportasi umum, sehingga seluruh tujuan masyarakat dapat dicapai dalam waktu 10 menit serta mendorong lingkungan perkotaan yang lebih hijau dan berkelanjutan. 

Sesi ini diadakan dalam rangka persiapan acara ITS Asia Pasifik Forum ke-19 tahun 2024, yang akan diselenggarakan pada tanggal 28 hingga 30 Mei 2024 di Jakarta Convention Center, yang merupakan platform penting bagi para pemangku kepentingan dalam industri transportasi untuk berbagi ide, wawasan, dan inovasi terbaru dalam menghadapi tantangan mobilitas perkotaan yang semakin kompleks. Dengan mengangkat tema “Transformasi Menuju Mobilitas Perkotaan yang Berkelanjutan dan Cerdas”, forum ini menggarisbawahi urgensi untuk mengembangkan solusi inovatif yang tidak hanya canggih secara teknologi tetapi juga berkelanjutan untuk masa depan di masyarakat di Asia-Pasifik.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

Membaca Konstelasi Politik di Kotamobagu : Dinamika Antara Persaingan dan Kolaborasi

0
Wenny Gaib, Meiddy Makalalag, Nayodo Koerniawan

TNews, POLITIK – Dalam menyongsong Pemilihan Wali Kota, Kota Kotamobagu menjadi pusat perhatian dengan kehadiran tiga figure calon yang telah menonjol dalam lanskap politik lokal. Perdebatan dan ketegangan yang muncul di antara mereka tidak hanya menjadi gejala politik biasa, tetapi juga menandai arah politik yang akan diambil Kota Kotamobagu di masa mendatang.

Pertama-tama, hadirnya Meiddy Makalalag, atau yang akrab disapa “Mekal”, sebagai Ketua DPC PDIP Kota Kotamobagu, telah membawa perubahan signifikan dalam kursi PDIP di DPRD Kota Kotamobagu.

Dengan pengalamannya yang telah mengabdi selama empat periode di DPRD, suksesnya pada pemilihan 14 April lalu menunjukkan popularitas dan dukungan yang konsisten.

Kedua, mantan Wakil Wali Kota, Nayodo Koerniawan, yang juga merupakan tokoh yang didukung secara kuat oleh PDIP, menandakan kekuatan dan pengaruh yang dimilikinya dalam masyarakat.

Sementara itu, kehadiran tokoh muda dan tehnokrat, Dokter Wenny Gaib, membawa warna baru dalam persaingan politik. Dikenal dengan popularitas dan kekayaan finansial yang kuat, potensinya dalam menghadapi pemilihan wali kota diakui oleh banyak pihak.

Persaingan antara Mekal dan Nayodo nampaknya menjadi sorotan utama, terutama dalam merebut dukungan dari PDIP. Potensi kolaborasi antara Mekal dengan kader PDIP Dokter Haris Mongilong atau tokoh Birokrat Abdullah Mokoginta, serta prediksi Nayodo akan menggandeng Partai Hanura dan Golkar, menandai dinamika politik yang menarik.

Namun, peran PDIP sebagai pengatur arah politik akan menjadi penentu utama dalam memengaruhi aliansi dan strategi calon lainnya.

Peluang bagi Partai Nasdem untuk berkolaborasi dengan Mekal, jika PDIP harus menyerahkan SK ke tangan Nayodo apabila Mekal nekat lompat pagar maju di Pilwako.

Namun jika kondisi itu terjadi, Nasdem tentu harus menggaet partai lain juga, sebab kursi nasdem tak mencukupi jika mengusung paslon. Ini akan menjadi Posisi tawar bagi PPP dan Demokrat yang masing-masih hanya memiliki 1 kursi.

Sementara potensi kerjasama Dokter Wenny dengan PKB, menambah kompleksitas dinamika politik Kota Kotamobagu. Dokter Wenny bak Nona Manis yang jadi rebutan para figur untuk berpasangan.

Dalam menghadapi konstelasi politik yang semakin memanas, keputusan dan strategi dari masing-masing figure calon akan menjadi penentu arah politik Kota Kotamobagu ke depan. Persaingan yang menarik dan kolaborasi yang mungkin terjadi menjanjikan dinamika politik yang menarik untuk diikuti oleh masyarakat.

Penulis : Konni Balamba

KPU Boltim Tunggu Surat KPU RI Penetapan Perolehan Calon Terpilih Anggota DPRD

0
Gambar : KPU Boltim Tunggu Surat KPU RI Penetapan Perolehan Calon Terpilih Anggota DPRD, (25/4/2024).

TNews, BOLTIM –  Komisi Pemilihan umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) masih menunggu surat dari KPU RI terkait pleno penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Boltim. Sebagaimana yang disampaikan Rusmin Mamonto Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bolaang Mongondow Timur saat dikonfirmasi media Ini melalui Via Seluler, Kamis (25/4/2024).

Menyampaikan, KPU masih menunggu surat dari KPU RI terkait penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Boltim. “Kita masih menunggu surat dari KPU RI dan tembusan surat dari MK bahwa Bolaang Mongondow Timur tidak menjadi daerah gugatan/locus Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) dalam Pemilihan Legislatif (Pileg),” katanya.

Ia menjelaskan juga, untuk Kabupaten Bolaang Mongondow Timur masih menunggu surat dari KPU RI bahwa tidak ada register terkait PHPU. “karena dasar dari surat tersebut akan ditindaklanjuti untuk pleno penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Kabupaten maka KPU Boltim menunggu surat dari KPU RI, karena dasar surat itu akan ditindaklanjuti untuk pleno penetapan perolehan kursi dan calon terpilih DPRD,” jelasnya.

Ia menambahkan juga, jika KPU sudah menerima surat resmi KPU RI maka akan segera menindaklanjuti. “Kalau sudah menerima surat resmi dari KPU RI, KPU Boltim segera menindaklanjuti pleno penetapan perolehan kursi dan calon terpilih DPRD,” singkatnya.*

Peliput : Muklas

Bawaslu Kotamobagu Rekrut Panwascam untuk Pengawasan Pilkada 2024

0
Ketua Bawaslu Kota Kotamobagu, Yunita Mokodompit S.Sos

TNews, KOTAMOBAGU – Warga Kotamobagu kini memiliki kesempatan emas untuk berperan aktif dalam pengawasan Pemilihan Kepala Daerah tahun 2024. Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Kotamobagu mulai membuka pintu rekrutmen Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dalam rangka menyongsong Pilkada mendatang.

Pernyataan ini disampaikan oleh Ketua Bawaslu Kota Kotamobagu, Yunita Mokodompit S.Sos, dalam konferensi pers dengan media pada Kamis, 25 April 2024. Yunita menjelaskan bahwa proses penerimaan berkas untuk calon Panwascam telah dimulai sejak 23 April 2024 dan akan berlangsung hingga 27 April 2024.

“Proses penerimaan berkas pada tanggal 23 – 27 April 2024 terutama ditujukan bagi Panwascam Existing yang masih bertugas pada Pemilu 2024,” ungkap Yunita.

Ia menambahkan bahwa Panwascam Existing akan menjalani evaluasi kinerja berdasarkan pedoman yang telah ditetapkan oleh Bawaslu RI. Proses ini menjadi bagian dari upaya untuk memastikan kualitas dan integritas pengawasan pemilu yang dilakukan oleh para pengawas di tingkat kecamatan.

Yunita juga menyampaikan bahwa pendaftaran umum untuk calon Panwascam akan dibuka pada awal bulan Mei setelah proses evaluasi terhadap Panwascam Existing selesai.

“Bagi para calon Panwascam, baik yang masuk dalam kategori existing maupun umum, dapat menyiapkan berkas-berkas yang diperlukan dan mengikuti pengumuman yang akan dipublikasikan melalui akun media sosial resmi Bawaslu Kota Kotamobagu atau langsung mengunjungi kantor Bawaslu,” tutupnya.

Dengan demikian, kesempatan ini menjadi panggilan bagi masyarakat Kotamobagu untuk turut serta dalam memastikan pelaksanaan Pilkada 2024 berjalan dengan transparan, adil, dan berkualitas.

Konni Balamba

Hanura Kotamobagu Tegaskan Sri Tanti Angkara Calon Walikota

0
Karikatur Sri Tatnti Angkara/ By : Hijrah Dondo

TNews, KOTAMOBAGU – Dalam upaya untuk memberikan representasi yang lebih inklusif dan merefleksikan keberagaman masyarakat, Partai Hanura secara resmi mengumumkan dukungannya terhadap Sri Tanty Angkara, seorang kader perempuan yang diusung untuk maju sebagai calon wali kota Kotamobagu pada Pemilihan Wali Kota (Pilwako) 2024.

Dalam pernyataan resminya, Ketua DPC Partai Hanura Kotamobagu, H Agus Suprijanta SE, menegaskan bahwa langkah ini merupakan bagian dari komitmen partai untuk memberikan ruang yang lebih besar bagi perempuan dalam kancah politik lokal.

“Kami yakin bahwa Sri Tanty Angkara memiliki dedikasi, kompetensi, dan integritas yang diperlukan untuk memimpin Kotamobagu ke arah yang lebih baik,” kata Agus.

Sri Tanty Angkara sendiri telah lama terlibat dalam berbagai kegiatan sosial dan politik di Kotamobagu. Sebagai seorang perempuan yang gigih dan berpengalaman, dia dianggap memiliki visi yang kuat untuk menghadirkan perubahan positif bagi kotanya.

“Saya sangat bersyukur atas kepercayaan dan dukungan yang diberikan oleh Partai Hanura. Saya siap untuk memberikan yang terbaik bagi Kotamobagu dan seluruh warganya,” ujar Sri Tanty Angkara belum lama ini.

Pengumuman ini telah menimbulkan antusiasme di kalangan pendukung Partai Hanura dan masyarakat Kotamobagu secara umum. Banyak yang menganggap langkah ini sebagai tonggak sejarah dalam politik lokal, di mana perempuan semakin diakui dan dihargai dalam peran kepemimpinan.

Pilwako 2024 di Kotamobagu diprediksi akan menjadi ajang yang sangat kompetitif, namun dengan dukungan dari Partai Hanura, Sri Tanty Angkara diyakini akan menjadi salah satu kandidat yang menonjol.

Dengan semakin banyaknya perempuan yang terlibat dalam politik, harapan untuk terwujudnya representasi yang lebih merata dan keadilan gender dalam pengambilan keputusan publik semakin nyata. Sri Tanty Angkara dan Partai Hanura menandai langkah penting dalam mewujudkan visi tersebut di tingkat lokal. (**)

[Konni Balamba]

Ajak Siswa Meningkatkan Minat Baca, BINUS SCHOOL Semarang Adakan Festival Membaca 1000 Buku

0

Ajak Siswa Meningkatkan Minat Baca, BINUS SCHOOL Semarang Adakan Festival Membaca 1000 Buku

Indeks minat
baca di Indonesia yang masih rendah masih menjadi tantangan, berdasarkan data
UNESCO hanya 0,001% dari seluruh masyarakat Indonesia yang masih membiasakan
untuk membaca buku.

Untuk
meningkatkan kebiasaan membaca buku, BINUS SCHOOL Semarang menginisiasi
kegiatan Festival Membaca 1000 Buku yang melibatkan seluruh komunitas di
sekolah pada Senin (22/4) sampai Sabtu (27/4).

Image

Kegiatan ini
mengajak komunitas di BINUS SCHOOL Semarang, baik siswa, guru, hingga orangtua,
dan staf untuk membaca selama 10 menit melalui kegiatan yang disebut juga Drop
Everything and Read (DEAR).

Selain
kegiatan membaca bersama, selama festival ini berlangsung terdapat juga
berbagai kegiatan lainnya yang masih berhubungan untuk meningkatkan minat baca,
di antara lain adalah Book Fair, Short Writing Competition, Colouring
Competition, Workshop in Story Writing, pementasan Teater Boneka Ayo Dongeng, Read Aloud Corner by Read
Aloud Semarang Community, dan Open House & School Tour.

Selain untuk membuka berbagai hal baru baru yang didapatkan
dari membaca buku, terdapat keuntungan lainnya dari membangun kebiasaan
membaca, yaitu seperti melatih konsenterasi, melatih kemampuan berpikir, hingga
mendalami berbagai budaya dan Bahasa.

Dengan
diadakannya Festival 1000 Buku di BINUS SCHOOL Semarang, Kepala Sekolah BINUS
SCHOOL Semarang, Elsie L. Bait, berharap dapat menjadi gerbang bagi komunitas
di lingkungan sekolah agar terbiasa membaca buku dan mempelajari banyak hal
baru.

“Kami harap, Festival Membaca 1000 Buku dapat menciptakan
lingkungan yang merangsang minat komunitas sekolah dalam membaca dan membangun
kesadaran akan pentingnya literasi dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Elsie
dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (23/4/2024).

Terciptanya lingkungan yang membiasakan seluruh komunitas
untuk membaca sejalan dengan tujuan dari BINUS SCHOOL Education untuk membina
dan memberdayakan masyarakat melalui pembentukan karakter teladan, pembelajaran
inovatif, dan melahirkan kepemimpinan yang welas asih, di samping itu, buku
juga mengajak untuk menjelajahi cakrawala baru.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

Kadis Kesehatan Pemko Binjai Mendaftar ke Partai Demokrat, Kontroversi Terkait Kepatuhan ASN

0
Kadis Kesehatan Pemko Binjai, Dr. Sugianto, menciptakan kontroversi setelah mendaftar sebagai bakal calon Walikota Kota Binjai periode 2024-2029 ke Partai Demokrat.

TNews, BINJAI – Pada hari Senin (22/4/2024), Kadis Kesehatan Pemko Binjai, Dr. Sugianto, menciptakan kontroversi setelah mendaftar sebagai bakal calon Walikota Kota Binjai periode 2024-2029 ke Partai Demokrat. Langkah ini dianggap melanggar Peraturan Pemerintah (PP) 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil (ASN).

Menyikapi hal ini, media mengkonfirmasi kepada Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemko Binjai, Rahmad Fauzi Salim, terkait surat pengunduran diri dari Dr. Sugianto. Namun, Rahmad Fauzi Salim menyatakan bahwa belum ada surat pengunduran diri yang diterima hingga hari Rabu (24/4/2024).

Muhammad Jaspen Pardede menegaskan bahwa sebagai ASN, Dr. Sugianto wajib mengundurkan diri. Ancaman tindakan lebih lanjut akan diajukan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) jika tidak ada langkah konkret.

Zulkifli Gayo menyoroti peran Sekda Pemko Binjai untuk menegakkan aturan, terutama terkait PP 53 Tahun 2010. Dia menekankan pentingnya tindakan terhadap pelanggaran yang dilakukan oleh Dr. Sugianto.

Koalisi LSM P3H dan LPPASRI telah menyatakan niatnya untuk melaporkan kasus ini kepada KASN sebagai bentuk kontrol sosial yang tegas.

Perdebatan terus berlanjut mengenai ketaatan ASN terhadap aturan dan implikasinya terhadap kontestasi politik di Kota Binjai. Pihak terkait diharapkan segera mengambil langkah yang tepat untuk menjaga integritas administrasi dan kedisiplinan ASN di lingkungan Pemko Binjai.

Peliput : Nanda

BERITA TERBARU