Beranda blog

Pengamat Politik : PDIP Tak Mudah Raih Kemenangan di Pilkada Sulut 2024

0
Taufik Tumbelaka

TNews, SULUT – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tidak akan mudah meraih kemenangan di Pilkada Sulut 2024 mendatang.

Hal itu diungkapkan Pengamat politik dan pemerintahan, Taufik Manuel Tumbelaka. Ia menilai Pilkada Sulut 2024 akan lebih berat bagi PDI Perjuangan (PDIP).

Meski begitum, Ia memberin aprsiasi atas Langkah PDI Perjuangan melakukan melakukan strategi penjaringan bakal kandidat guna memaksimalkan probabilitas kemenangan.

“PDIP agak berat, karena ada beberapa Pilkada di Sulut yang akan tidak mudah dihadapi PDI Perjuangan, salah satunya Pilkada Gubernur Sulut,” ujar Tumbelaka.

BACA JUGA : Caleg Terpilih PDIP di Sulut Bakal Tak Dilantik, Instruksi Langsung Ketum Megawati

Ia menjelaskan, dua kali Pilkada Gubernur Sulut bisa ditaklukan PDI Perjuangan dengan raihan mayoritas tunggal atau 50 plus 1 atau suara diatas 50%. Ini selain karena faktor mesin politik atau partai politik juga tidak terlepas dari faktor figur duet Olly Dondokambey – Steven OE Kanduw (OD-SK).

“Nah, Untuk Pilgub 2024 akan berbeda situasi. Ada situasi dimana OD tidak akan tampil kembali. Jadi harus ada kiat politik yang harus dibuat. Kiat politik yang bernas diperlukan guna mengantisipasi beberapa hal,” ujarnya.

Yang harus dilakukan PDIP Sulut kata Tumbelaka, adalah mengantisipasi kekuatan lawan, seperto Christiany E Paruntu (CEP) yang sudah dapat SK dari Partai Golkar (PG), dan Elly E Lasut (E2L) yang sudah dapat SK dari Partai Demokrat.

“CEP sedang mendapat momentum bagus dan potensi kekuatannya terlihat di Pileg lalu, hanya untuk mengamankan 1 kursi PG di DPR RI, CEP yang notabene konsentrasi di Pilgub Sulut dapat mengamankan 1 kursi. Demikian pula dengan E2L yang mendukung penuh Sang Puteri untuk DPR RI dapat mengantar menjadi suara terbanyak,” jelas Tumbelaka.

Selain itu, fenomena suara terbanyak DPR RI dan DPD RI daerah pemiihan (dapil) Sulut, dimana suara terbanyak tidak diperoleh oleh sosok yang dianggap dekat dengan PDI Perjuangan dan OD.

“Sosok Rio Dondokambey dan Adriana Dondokambey tidak dianggap publik otomatis sebagai identifikasi dengan prosentase tinggi terhadap sosok OD,” kata Tumbelaka.

Oleh karena itu kata Tumbelaka, PDI Perjuangan harus menentukan dengan cermat siapa calon gubernurnya. “Apakah SK, Joune Ganda (JG) yang saat ini sukses mendobrak dengan menjadi Bupati Minut, James Sumendap (JS) yang sukses dua periode Bupati Mitra dan Maurits Mantiri (MM) yang berhasil mengembalikan kewibawaan PDI Perjuangan dengan menjadi Walikota Bitung,” rincinya.

Tambah Tumbelaka, sedangkan calon Wakil Gubernur (Wagub) juga akan berpengaruh signifikan, PDI Perjuangan mempunyai sejumlah kader kuat untuk menjafu calon Wagub, antara lain Joune Ganda, James Sumendap, Maurits Mantiri atau dua politisi perempuan Yasti Supredjo dan Vanda Sarundajang

“Bisa juga mengambil dari latar belakang birokrat seperti Asiano Gammy Kawatu (AGK) atau Gemmy Kawatu atau birokrat perempuan Rinny Tamuntuan (Kepala Dinas Sosial Sulut) yang sedang moncer sebagai Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe,” katanya.

Lanjut Tumbelaka, dengan konstelasi dan peta politik pasca Pilpres dan Pileg 2024, PDI Perjuangan harus berhitung sangat cermat.

“Jika tidak maka asa meraih hattrick atau kemenangan tiga periode dalam Pilgub Sulut akan bermuara kepada jauh panggang dari api alias kalah,” tandasnya. (**)

Rapatkan Barisan, Repdem Kotamobagu Dukung Mekal Jadi Calon Wali Kota

0
Repdem Kotamobagu merapatkan barisan, dan menyatakan sikap mendukung penuh Ketua DPC PDI-P Kotamobagu Meiddy Makalalag untuk menjadi calon wali kota Kotamobagu, pada November 2024 mendatang.

TNews, KOTAMOBAGU – Organiasai Sayap dari PDI Perjuangan, yaitu Relawan Perjuangan Demokrasi (Repdem) Kotamobagu merapatkan barisan, dan menyatakan sikap mendukung penuh Ketua DPC PDI-P Kotamobagu Meiddy Makalalag (Mekal) untuk menjadi calon wali kota Kotamobagu, pada November 2024 mendatang.

“Sebagai underbone partai, Repdem Kotamobagu memiliki pertimbangan bahwa PDI Perjuangan memiliki kader sejati yang layak diusung sebagai calon Walikota Kotamobagu, yaitu Ketua DPC PDI, Meiddy Makalalag,” ungkap Ketua Repdem Kotamobagu Ariyati Ella Panu.

Repdem menilai, Mekal memiliki jiwa kepemimpinannya yang kuat, kecenderungan untuk merangkul perbedaan, kemampuannya dalam memberi perlindungan, serta dedikasinya dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat selama tiga periode di DPRD.

“PDI Perjuangan dua kali menang Pileg di Kotamobagu dengan capaian luar biasa. Itu semua lahir dari sebuah proses kepemimpinan yang kuat di dalam partai,” terang Ella.

Selain itu, Repdem juga mengapresiasi perhatian dan dukungan Meiddy Makalalag terhadap sayap-sayap partai seperti Repdem.

“Lihat sendiri, sayap partai aktif semua. Terutama Repdem dengan anggota yang begitu banyak, selalu aktif dengan berbagai kegiatan. Itu karena perhatian penuh Ketua DPC PDI Perjuangan Kotamobagu,” ungkapnya.

Diketahui, saat ini Ketua DPC PDIP Kotamobagu, Meiddy Makalalag, telah didorong oleh struktural partai mulai dari Anak Ranting, Ranting, PAC, dan DPC untuk dicalonkan sebagai calon Walikota Kotamobagu.

(Konni Balamba)

Hadiri Perayaan Ketupat, Nayodo Koerniawan Disambut Antusias Masyarakat Desa Pondoton

0
Mantan wakil wali kota Kotamobagu Nayodo Koerniawan menghadiri kegiatan hari raya ketupat yang dilaksanakan masyarakat dan Pemerintah Desa Pontodon Kecamatan Kotamobagu Utara Sabtu (20/4/2024.

TNews, KOTAMOBAGU – Mantan wakil wali kota Kotamobagu Nayodo Koerniawan menghadiri kegiatan hari raya ketupat yang dilaksanakan masyarakat dan Pemerintah Desa Pontodon Kecamatan Kotamobagu Utara Sabtu (20/4/2024.

Diketahui, kegiatan hari raya ketupat dipusatkan di kompleks Lapangan Pontodon.

Dalam pantauan, Papa Kinan sapaan akrab Nayodo Koerniawan, disambut hangat dan penuh kekeluargaan oleh ratusan warga yang memadati acara tersebut.

“Alhamdulillah hari ini bisa bersilaturahmi dengan saudara dan keluarga yang ada di Desa Pontodon,” kata Nayodo.

Nayodo mengatakan, hari raya ketupat merupakan sebuah tradisi di dalam masyarakat Islam Jawa.

Namun, tradisi ini juga dilestarikan di daerah lain, termasuk di Kota Kotamobagu.

“Hari raya ketupat ini bukan hanya sekedar menyantap ketupat dan sajian hidangan lainnya, tetapi memiliki banyak makna, salah satunya yaitu mempererat tali silaturrahim serta juga saling memaafkan antar satu sama lain,” kata Nayodo sembari mengucapkan minal Aidin walfaidzin mohon maaf lahir dan batin serta terima kasih kepada masyarakat dan Pemerintah Desa Pontodon yang sudah mengundangnya dalam acara tersebut.

Diketahui, hari raya ketupat di Desa Pontodon mulai dilaksanakan setelah dilantiknya Kepala Desa Pontodon, Mulyono Mokodompit.

Peliput : Fabio Balamba

Bursa calon Wakil Walikota Kotamobagu ‘Panas’

0

TNews, KOTAMOBAGU – Suhu politik di Kotamobagu menjelang pemilihan wali kota dan wakil wali kota 2024 semakin panas. Tiga figur calon wali kota saat ini mulai mengerucut, yaitu Meiddy Makalalag, Nayodo Koerniawan, dan dr. Wenny Gaib.

Sementara sejumlah nama, berpotensi untuk maju sebagai calon wakil wali kota mulai muncul.

Berikut enam figure berpeluang maju sebagai calon wakil wali kota Kotamobagu 2024 :

Alfian Bara
Alfian Bara adalah politikus partai Nasdem yang saat ini masih menjabat sebagai anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara. Ia merupakan adik kandung dari mantan wali kota Kotamobagu Ir. Hj Tatong Bara.

Dua periode duduk sebagai aleg Provinsi Sulut, bisa menjadi modal bagi sosok yang biasa disapa Papa Nada ini untuk bertarung di Pilwako 2024, sebagai calon wakil wali kota.

Raski Mokodompit
Sosok yang satu ini sudah tak asing lagi di bagi masyarakat Bolmong Raya. Raski Mokodompit adalah seorang politikus asal Bolaang Mongondow Raya, Sulawesi Utara. Ia saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Utara.

Putra sulung politisi senior Djelantik Mokodompit ini dikenal sebagai legislator yang berprestasi. Ia pernah meraih penghargaan sebagai anggota DPRD Sulut yang berprestasi pada tahun 2023. Namanya juga saat ini digadang-gadang maju di Pilwako. Bahkan, Ia sudah mendapat restu dari ketua DPD I Partai Golkar Christiany Eugenia Paruntu, untuk maju di Pilwako.

Syarifuddin Mokodongan
Syarifuddin Mokodongan adalah seorang politisi partai Nasdem yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Kotamobagu.

Ia merupakan anggota DPRD Kotamobagu terpilih sejak Pemilihan Umum Legislatif 2019. Ia juga kembali terpilih pada pemilu 14 Februari 2024.

Sebagai ketua Partai Nasdem Kotamobagu, Syarifuddin dijagokan dalam Pilwako Kotamobagu, Ia digadang-gadang menjadi calon wakil walikota.

Sri Tanti Angkara
Sri Tanti Angkara adalah seorang tokoh masyarakat yang aktif di berbagai bidang, termasuk sebagai Penasehat DWP BP2MI dan istri dari Kepala BP2MI. Ia dikenal dengan prinsip hidup “Sederhana Dalam Menggapai Kebahagiaan, Mensyukuri Apa Yang Sudah Menjadi Ketetapan Allah, dan Istiqomah Di Jalan Allah”.

Dukungan untuk Sri Tanti Angkara di Pilkada Kotamobagu Nama Sri Tanti Angkara mulai mencuat sebagai calon potensial untuk Pilkada Kotamobagu 2025. Ia mendapat dukungan dari berbagai pihak, termasuk masyarakat dan figur politik seperti Nayodo Koerniawan.

Hj. Suryani Soepredjo Mokoagow
Hj. Suryani Soepredjo Mokoagow digadang-gadang Maju Pilkada Kotamobagu 2024. Ia merupakan sosok yang mencuat sebagai calon potensial untuk maju dalam Pemilihan Walikota Kotamobagu tahun 2024. Namanya mulai ramai diperbincangkan publik sejak Maret 2024.

Suryani Soepredjo Mokoagow adalah kakak kandung dari Yasti Soepredjo Mokoagow, Bupati Bolaang Mongondow periode 2017-2022. Keduanya dikenal sebagai srikandi Bolaang Mongondow Raya.

Selain dikenal sebagai tokoh politik, Suryani Soepredjo Mokoagow juga merupakan pengusaha sukses. Ia adalah pemilik D’Talaga Resto, salah satu tempat makan populer di Kotamobagu.

Drg. Haris Mongilong
Haris Mongilong adalah seorang dokter gigi dan politisi di Kotamobagu. Ia saat ini menjabat sebagai anggota DPRD Kota Kotamobagu periode 2019-2024.

Dokter Haris mendapat dukungan dari masyarakat Kotamobagu untuk maju pada Pilwako November 2024 mendatang. Beredar kabar, Ia bakal berpasangan dengan ketua DPC PDIP Meiddy Makalalag. (**)

Maju di Pilkada Tapsel, Rasyid Assaf Dongoran Daftar di Partai Golkar

0
Gambar : Maju di Pilkada Tapsel, Rasyid Assaf Dongoran Daftar di Partai Golkar, (19/4/2024).

TNews, TAPSEL – DPD Partai Golkar Tapanuli Selatan melalui Panitia Tim Penjaringan telah membuka Pendaftaran Penjaringan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Tapanuli Selatan pada sampai 23 April 2024 nanti.

Rasyid Assaf Dongoran, M.Si yang saat ini masih menjabat Wakil Bupati Tapanuli Selatan 2021-2024 dan Wakil Ketua DPD Partai Golkar Sumatera Utara telah melakukan pengambilan formulir pada hari Jumat, 19 April 2024 di kantor.

Pengambilan formulir diwakili tim yang terdiri beberapa anggota masyarakat dan selanjutnya akan dijadwalkan melengkapi isian formulir dan berkas untuk diserahkan kepada tim Penjaringan Golkar Tapsel pada 22 April 2024 nanti.

Telah diketahui bersama pada 20 November 2023 tahun lalu melalui Surat Perintah DPP Golkar Pusat yang ditandatangani Dr. Airlangga (Ketua Umum) No. Sprint-287/DPP/Golkar/XI/2023 bahwa Rasyid Assaf Dongoran ditetapkan sebagai Bakal Calon Bupati Tapsel dan kemudian pada 4 April 2024 kembali ditetapkan masuk dalam tabel Bakal Calon Bupati Tapsel.

Ketika ditanyakan jurnalis kenapa masih mendaftar ke DPD Golkar Tapsel, Rasyid menjelaskan bahwa dirinya menghormati kebijakan yang dilakukan DPD Kabupaten, dan itu adalah bentuk pembuktian kami untuk tetap berkomunikasi dan melakukan proses organisasi secara dewasa dan menghindari kesan merasa hebat, sekalipun sudah dapat surat dari DPP.

“Oh tidak boleh merasa hebat dan angkuh ketika sudah menerima Surat DPP ditetapkan sebagai Bakal Calon Bupati Tapsel, kita tetap harus ikuti proses mendaftar juga ketika kolega di tingkat DPD Golkar Tapsel membentuk Panitia Tim Penjaringan, ya harus dikuti itu, ya harus dong, hormati kebijakan di tingkat Pusat dan hormati juga kebijakan ditingkat Provinsi dan Kabupaten,” demikian tegas Rasyid melalui sambungan telefon seluler kepada awak media ketika dikonfirmasi.

Rasyid menambahkan bahwa dirinya mengedepankan pola kepemimpinan kolaboratif atau kerja sama para pihak dalam membangun Tapsel maju ke masa depan, agar pembangunan Kabupaten Tapsel ini dapat “Mantap yakni terasa dan terlihat oleh masyarakat luas pada 2025-2029 nanti, Insya Allah”.

“Ingat ya, bahwa sekitar rata 1,7 trilyun pertahun APBD itu bukan uang pribadi atau uang sekelompok orang, tapi itu adalah uang rakyat atau uang negara, dan kuncinya agar terasa dan terlihat maka dibutuhkan karakter kepemimpinan yang melihat setiap pihak juga berhak turut serta membangun, Saya mohon doa dan dukungan dari semua pihak, doa itu paling utama,” demikian diakhiri Rasyid.*

Pulang ke Gorontalo, Sehan Landjar ‘Bidik’ Kursi Gubernur

0
Sehan Landjar

TNews, GORONTALO – Nama mantan Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Provinsi Sulawesi Utara Sehan Landjar, mencuat di bursa calon Gubernur Provinsi Gorontalo 2024. Ia dikabarkan bakal maju sebagai calon Gubernur Gorontalo.

Ia telah memantapkan dirinya maju pada kontestasi itu, beralasan karena didorong kerenyuhan hatinya melihat provinsi yang dulunya maju berkat sektor pertanian, kini begitu kesulitan menyelamatkan diri keluar dari kategori lima provinsi termiskin.

Padahal menurut Sehan, selain dua sektor unggulan yakni pertanian dan kelautan perikanan yang telah dirintis oleh mantan Gubernur sebelumnya, Fadel Muhammad, gorontalo punya potensi lain yang sangat luar biasa.

“Gorontalo ini memiliki sumber daya alam khususnya kandungan mineral yang begitu fantastik, ada 4 spot besar mulai dari suwawa yang berbatasan dengan dumoga, kemudian di sumalata, lalu di boliyohuto dan Gunung pani (Pohuwato),” tuturnya.

Sehan memiliki catatan atau prestasi mumpuni dalam menurunkan kemiskinan, dalam periode pemerintahnnya, boltim mampu dikatrolnya dari 27 persen di awal periodenya hingga menurun drastis hingga menyentuh pada angka 5 persen.

Alasan kedua adalah karakteristik masyarakat yang setiap saat selalu bergerak atau berusaha namun terkendala oleh dukungan modal yang cukup.

“Orang gorontalo itu selalu bergerak, dia mau berusaha hanya saja kesulitannya adalah pada suport modal yang memadai,” Imbuhnya.

Dan ketiga menurutnya, seorang gubernur tidak boleh menjadi seperti raja besar tapi harus menjadi pendorong atau motivator bagi Kepala- kepala daerah di provinsi yang dipimpinnya, yakni para bupati dan walikota.

“Kelemahan inilah yang masih saya lihat. Bila saya Gubernur cukup menalangi kekurangan dari Kabupaten kota, anggaran di provinsi akan saya delegasikan sesuai kebutuhan, saya hanya mengawasi, kita buat MOU dan diserahkan dalam bentuk hibah sehingga tendernya berada di kabupaten kota,” tandas sehan. (**)

Mengenal Lebih Dekat Parulian Nasution, Miliki Pengalaman Birokrat Berkarakter

0
Parulian Nasution

TNews, TAPSEL – Parulian Nasution adalah sosok birokrat yang tak hanya memiliki kecakapan administratif, tetapi juga karakter yang kuat dan pengalaman yang melimpah. Sebagai seorang birokrat, Parulian telah menorehkan jejak prestasi yang menginspirasi banyak orang. Dengan latar belakang pendidikan dan pengalaman yang mumpuni, ia telah mendedikasikan hidupnya untuk melayani masyarakat, khususnya di Tapanuli Selatan.

Berbagai Jabatan yang dilaluinya Menjadi Kabid Sosial dan Budaya Pada  Bepeda Kota Padangsidimpuan, Kepala Dinas Sosial dan Kesejahteraan Pemko Padangsidimpuan, Kepala Dinas Pendidikan Kota Padangsidimpuan, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mandailing Natal, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Mandailing Natal, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Mandailing Natal, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Sekaligus PLT Kadis Perpustakaan Kabupaten Tapanuli Selatan, Kepala Dinas Ketenagakerjaan, Transmigrasi dan Sosial Kabupaten Tapanuli Selatan, Sekretaris Daerah Tapanuli Selatan Zaman dua Bupati dan pernah PLH Bupati Tapanuli Selatan mengisi kekosongan waktu.

Pengalaman mumpuni dalam dunia birokrat yang dimiliki oleh Parulian bukanlah hasil dari satu malam saja, melainkan akumulasi dari bertahun-tahun pengabdian dalam berbagai posisi strategis dalam pemerintahan setempat. Melalui berbagai tanggung jawab yang diemban, Parulian tidak hanya mengasah keahliannya dalam mengelola administrasi penyelenggaraan roda pemerintahan,Melaksanakan Pembangunan dan Pelayanan Publik tapi juga  mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang kebutuhan dan Jaring aspirasi masyarakat.Hal ini terlihat dari pemahamannya tentang Penetapan Pokus Program Prioritas korelasinya dengan Managemen Kinerja.

Dibalik keberhasilan dalam Pengabdian terbaiknya Parulian Nasution tetap rendah hati dan berpegang pada nilai-nilai integritas dan kejujuran ditandai dengan pikirannya yang memadukan Kata Hati,Otak dan Otot yang sering disebutkannya HO2, Karakternya yang tegas namun Kompak  penuh rasa Simpati dan  empati menandai pola Pikir,Sikap dan Prilaku kesehariannya menjadikan sosok yang mudah didekati oleh masyarakat dan rekan kerjanya.Pintunya setiap saat terbuka untuk semua orang. Kehadirannya dalam pemerintahan bukan sekedar tentang jabatan dan kekuasaan, tetapi lebih pada pelayanan dan kepedulian terhadap kepentingan rakyat.Beliau sering ucapkan jangan pernah menyalahkan masyarakat tapi senantiasa cari solusi penyelesaian problema yang muncul di tengah masyarakat dengan Kemampuan Problem solvingnya yang tepat dan cepat kemudian memfollow up program tindak lanjut.

Prestasi-prestasi yang telah diraihnya menjadi cermin dari loyalitas, dedikasi dan komitmen kerjanya  yang tinggi terhadap penyelenggaraan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Dengan pemahaman yang mendalam tentang tantangan yang dihadapi oleh daerahnya, Parulian telah berhasil merumuskan berbagai program inovatif yang memberikan solusi konkret bagi permasalahan yang ada.

Sebagai seorang birokrat yang berpengalaman, Parulian Nasution bukan hanya menyandang tanggung jawab sebagai pengelola administrasi, tetapi juga sebagai agen perubahan yang berperan dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Melalui dedikasi dan pengabdian yang tulus, Parulian telah membawa harapan dan kemajuan bagi Tapanuli Selatan, dan akan terus menjadi teladan bagi generasi penerus dan memang beliau dekat dengan Pemuda berkat keunggulan komunikasi dan konsultasinya  dalam berkiprah di dunia pemerintahan dan pembangunan.

Pengalaman Parulian Nasution tidak hanya terbatas pada ranah pemerintahan lokal, tetapi juga meliputi kolaborasi dengan berbagai pihak, baik dari sektor swasta maupun organisasi masyarakat sipil. Kerjasama lintas sektor bahkan kita ketahui bahwa beliau memiliki jaringan yang kuat baik di tingkat lokal maupun Nasional.Beliau senantiasa memperluas wawasannya tentang dinamika sosial dan ekonomi, serta membantunya merumuskan kebijakan yang lebih holistik dan inklusif dengan mengedepankan Managemen Partisifatif dan empowerman.

Selain itu, kehadiran Parulian Nasution juga menjadi inspirasi,Aspirasi dan motivasi bagi banyak orang, terutama para pemuda, untuk terlibat dalam pembangunan daerah dan masyarakat. Melalui berbagai kegiatan sosial dan pendidikan, ia secara aktif membimbing dan memberikan motivasi kepada generasi muda untuk mengembangkan potensi mereka dalam mendorong partisipasi dan berkontribusi dalam memajukan Tapanuli Selatan.

Dengan segudang pengalaman dan dedikasi yang dimilikinya, Parulian Nasution bukan hanya menjadi birokrat yang sukses, tetapi juga pemimpin yang menginspirasi.Hal itu ditandai Akhir tugasnya beliau meraih Penghormatan Satya Karya 30 tahun Pengabdian dari Presiden RI Joko widodo serta Pangkat tertinggi dalam Pengabdian Pembina Utama IV E. Dalam setiap langkahnya, ia membawa harapan dan semangat perubahan untuk menciptakan masa depan yang lebih baik bagi Tapanuli Selatan dan seluruh masyarakatnya.Sosok Parulian yang sangat bersahabat bagi semua lapisan membuat semua rekan dan kolleganya selalu merindukan kehadirannya dalam setiap aktifitas.

Mora Siregar

Private Sector Strategies to Implement Plastic Circularity

0

A successful webinar hosted by ERIA’s Regional Knowledge Centre for Marine Plastic Debris, supported by the National Environment Agency Singapore and the GIZ 3RproMar partnership program, shed light on Singapore’s private sector strategies for promoting plastic circularity. This successful seminar is a testament of the ongoing collaboration between RKC-MPD and NEA, and private sectors in tackling the complex challenge of marine plastic debris.

19 April 2024: A successful webinar hosted by ERIA’s Regional Knowledge Centre for Marine Plastic Debris, in collaboration with the National Environment Agency (NEA) Singapore and the GIZ 3RproMar partnership program, supported by the Singapore Environment Counsil (SEC) shed light on Singapore’s private sector strategies for promoting plastic circularity. The event, titled ‘Private Sector Initiatives to Reduce Marine Plastics: Toward Plastic Circularity: Good Practices from Singapore,’ brought together practitioners from across the public and private sectors, as well as civil society to discuss innovative solutions and best practices in tackling plastic pollution. More than 100 people from ASEAN region and beyond watched the event and participated in the Q&A session. 

Director of the Regional Knowledge Centre, Mr Reo Kawamura, opened the seminar highlighting the growing importance of Extended Producer Responsibility (EPR) in plastic circularity and the crucial role of the private sector. “As discussions around EPR intensify, it has become evident that EPR is not a one-size-fits-all blanket policy applicable to ASEAN countries with different socio-economic fabrics. Its introduction and adoption therefore require careful understanding of its necessary pre-conditions. On this note, the Regional Knowledge Centre for Marine Plastic Debris of ERIA is happy to provide useful information, hopefully conducive to meaningful EPR program development for plastics in the region.’ 

Mr Santhosh Manivannan, Director, Policy Division, National Environment Agency (NEA) Singapore, outlined Singapore’s strategy for a circular economy in his opening remarks. The strategy focuses on a three-pronged approach: policy direction through a zero-waste masterplan, initiatives like mandatory packaging data reporting and EPR, and promoting behavioral change with nudges like plastic bag charges. Mr Manivannan further emphasized the importance of regional collaboration in Southeast Asia to create a larger circular economy market, share expertise, and achieve responsible waste management, ultimately fostering a transition towards a circular economy and new green economic growth. 

Mr Michikazu Kojima, Senior Research Fellow on Environmental Issues of ERIA, shared the recent EPR movement in the ASEAN region, exploring both challenges and opportunities. The webinar highlighted efforts undertaken by the Singaporean private sector and civil society in improving the plastic circularity. Semula Pte Ltd, a dynamic environmental start-up shared their business of converting end-of-life plastics into recycled products, successfully preventing them from going to landfills. Pacific International Lines shared unique insight on how as an individual company, but also as the shipping and logistics industry, they are striving to reduce plastic waste generation. Finally, representing civil society, Zero Waste SG showcased their Bring Your Own (BYO) campaign, which helps affiliated companies to nudge their customers to reduce the usage of plastic shopping bags. Lastly, a representative from GIZ Indonesia introduced the 3RproMar program, a regional program to reduce marine plastic pollution, and shared best practices in EPR from Indonesia. 

This successful seminar is a testament of the ongoing stakeholder’s engagement spearheaded by the Regional Knowledge Centre for Marine Plastic Debris of ERIA in tackling the complex challenges associated with marine plastic debris. 

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

Perayaan Paskah Pemkot Yogyakarta, Pj. Wali Kota : Motivasi untuk Beri Pelayanan yang Terbaik

0
Gambar : Pegawai Pemkot Yogyakarta yang beragama Kristen dan Katolik mengikuti perayaan Paskah.

TNews, YOGYAKARTA – Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta menggelar Paskah bagi ratusan pegawai Pemkot yang beragama Kristen dan Katolik, Kamis (18/4/2024).

Perayaan Paskah sendiri diselenggarakan di Kompleks Balai Kota dengan mengusung tema “Hidup sebagai Alat Kebenaran-Nya”.

Dalam sambutannya Pj. Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo mengatakan, Paskah mengajarkan tentang arti pengorbanan. Paskah tahun ini istimewa karena jatuh di bulan suci Ramadhan.

“Saling menghormati umat beragama, inilah yang dimaksud dengan toleransi. Malam Paskah Saya mengunjungi Gereja Santo Albertus Jetis. Ini juga bagaimana Saya memberi apresiasi, mengunjungi dan menyapa umat kristiani yang sedang melaksanakan ibadah perayaan Paskah.”

Gambar : Romo FX Sukendar Wignyosumarta dari Gereja Paroki HKTY Pugeran menyampaikan renungan Paskah pada Perayaan Paskah Pemkot Yogyakarta, Kamis (18/4/2024). Foto: Clementine Roesiani.

“Saya juga mengapresiasi Gereja Santo Yusup yang menyelenggarakan buka bersama di gereja. Inilah adem ayem, toleransi yang dilakukan antar umat beragama di Kota Yogyakarta.”

“Paskah identik dengan telur. Telur adalah lambang kesuburan. Kesuburan berarti regenerasi. Regenerasi ini harus kita jaga. Kita bersama-sama menjaga regenerasi dan kita membuka lembaran baru untuk introspeksi dan motivasi memberi pelayanan kepada masyarakat lebih baik lagi. Kita berikan yang terbaik supaya terjadi peningkatan pelayanan,” harap Singgih.

Gambar : Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo saat memberikan sambutan dalam Perayaan Paskah Pemkot Yogyakarta tahun 2024.

Sementara itu Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemkot Yogyakarta, Patricia Heny Dian Anitasari sebagai Ketua Panitia Perayaan Paskah menyampaikan bahwa umat kristiani memiliki misi suci kekaryaan untuk meneladani Yesus Kristus, yaitu kesederhanaan, kerendahan hati, dan kesediaan untuk berkorban bagi sesama.

Perayaan Paskah diisi dengan paduan suara anak Syandana Angelorum Paroki Hati Kudus Tuhan Yesus (HKTY) Pugeran dan lagu-lagu pujian dan Romo FX Sukendar Wignyosumarto dari Paroki HKTY Pugeran mengisi Paskah dengan renungan.

Gambar : Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemkot Yogyakarta Patricia Heny Dian Anitasari selaku Ketua Panitia Perayaan Paskah Pemkot Yogyakarta saat memberi sambutan.

“Senjata kebenaran Allah yang kita gunakan menggunakan makna baru dalam kehidupan kita. Bukan senjata pemusnah yang mematikan atau menjauhkan kita satu sama lain, namun membangun jembatan penghubung untuk kebaikan dan kebenaran”.*

Peliput : Clementine

UMKM: Kemasan menarik, omzet Cantik. Cetak kemasan 5menit, beli 1 dapat 3.

0

Drama kemasan UMKM, sudah berakhir!
Kini: tanpa minimal order dengan harga terjangkau.

Bogor,
19 April 2024

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan
pilar penting pembangunan ekonomi Indonesia terus didorong agar dapat naik
kelas, sehingga bisa memberikan kontribusi lebih besar bagi perekonomian, dan
menyerap tenaga kerja lebih banyak.

Sektor UMKM memberikan kontribusi terhadap Produk
Domestik Bruto (PDB) sebesar 61%, atau senilai dengan Rp9.580 triliun, bahkan
kontribusi UMKM terhadap penyerapan tenaga kerja mencapai sebesar 97% dari
total tenaga kerja. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, Indonesia
memiliki 65,5 juta UMKM yang jumlahnya mencapai 99% dari keseluruhan unit
usaha.

“Bagi kami, UMKM Indonesia  adalah pahlawan ekonomi bangsa. Namun masih
ada beberapa kelemahan pada UMKM Indonesia. Oleh sebab itu, perlu ditingkatkan
kolaborasi pemerintah dan swasta untuk meningkatkan mutu dan kualitas UMKM Indonesia
agar bisa Go International. UMKM Maju, Indonesia Jaya! ”, ucap Venantius
Sanjaya (CEO dan Founder Cari Kemasan Dotcom).

Disebutkan oleh Venantius Sanjaya, salah satu
kelemahan UMKM Indonesia ialah kemasan atau packaging. Banyak UMKM yang
mengesampingkan hal ini. Padahal kemasan sangat penting untuk UMKM agar terhindar
dari potensi kerugian. Bahkan dalam hal penjualan produk, design kemasan
merupakan kunci penting yang mempengaruhi minat beli konsumen.

Cari Kemasan Dotcom, ialah salah satu perusahan
rintisan yang fokus membantu UMKM Indonesia dalam hal kemasan. Turut hadir
membangun UMKM Indonesia dari tahun 2021 serta memilki visi HELP UMKM. Cari kemasan
dotcom merupakan finalist startup 2022 di Indonesia dan sudah mendistribusikan
ratusan juta kemasan di Indonesia. (sumber www.carikemasan.com).

Dalam kesempatan kali ini, Cari Kemasan Dotcom
akan berpartisipasi di pameran Food and Horeca Expo yang akan di adakan tanggal
02 sampai 05Mei 2024 berlokasi di ICE BSD Hall 3A nomor A08.

“Kami mengundang para UMKM Indonesia untuk mengunjungi
pameran tersebut, karena kami akan memberikan banyak kejutan untuk UMKM
Indonesia, salah satu nya ialah beli 1 dapat 3 dan akan meluncurkan inovasi
terbaru dari Cari Kemasan Dotcom, yaitu Cetak Kemasan Instant (hanya 5menit).
Semua tanpa minimal order.” Lanjut Venantius Sanjaya.

AYO SEGERA! Untuk para pembaca maupun UMKM
Indonesia,  kunjungi Cari Kemasan Dotcom
pada pameran tersebut. Informasi lebih lanjut dalam kunjungi website: www.carikemasan.com atau hubungi pada
nomor telpon 0812-9553-9968.

UMKM Maju, Indonesia Jaya!

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

BERITA TERBARU