Diluncurkan di Manado, Ini Keunggulan Mobil New Datsun CROSS

0
258

TOTABUANEWS, MANADO – Rabu (07/02/2018) Datsun memperkenalkan Datsun CROSS di Manado. Datsun CROSS merupakan compact crossover yang lama dinantikan – model ketiga yang diperkenalkan oleh Datsun di Indonesia dan model baru keenam di dunia.

Dengan tampilan yang khas, serta beragam fitur teknologi dan keselamatan yang canggih, Datsun CROSS menandai dimulainya fase baru perjalanan Datsun di Indonesia. Datsun CROSS mendapatkan inspirasinya dari gaya hidup pelanggan Datsun yang dinamis di Indonesia, yang mengikuti tren gaya hidup dunia. Dikembangkan untuk Indonesia, mobil modern ini memperluas pilihan bagi pelanggan, sekaligus menciptakan standar baru di segmen ini dan menjadi flagship baru Datsun.

Produk ini memperlihatkan arah masa depan yang akan diambil oleh Datsun seiring dengan langkahnya ke depan melalui peluncuran kendaraan penuh gaya, yang memiliki berbagai fungsi dan untuk berbagai tujuan – kendaraan yang menyenangkan untuk dikendarai dan dilengkapi dengan teknologi yang ramah terhadap pengendara, yang membuat pelanggan aman dan terhubung. “Menawarkan desain yang dinamis dan sederet teknologi canggih akan membuatnya berbeda”, ujar Masato.

Nakamura, Head of Datsun Indonesia. “Datsun CROSS adalah mobil baru untuk generasi baru. Datsun CROSS menjadi pilihan baru warga Manado.” Desain dan keserbagunaannya membedakan Datsun CROSS dari yang lain. Mobil ini merupakan jawaban baru yang berani di transportasi pribadi: mobil untuk semua gaya hidup dan untuk berbagai tugas.

Mobil ini akan menjadi mitra yang andal, praktis, dan jadi bagian yang sangat erat dari kehidupan keluarga. Dari namanya, CROSS, mencerminkan karakter gandanya, melintasi batasan kehidupan sehari-hari dan melakukan tugas-tugas rutin dengan mudah, namun siap untuk mengambil petualangan baru bila diminta. Datsun CROSS digerakkan oleh mesin bensin ringan dan tanggap 1,2 liter dengan tenaga 68/78 HP, serta torsi 104 Nm sehingga mendapatkan keseimbangan yang sempurna antara kinerja yang bertenaga dan penghematan bahan bakar.

Mesin ini dikenal tidak saja karena kinerjanya, namun juga keandalannya. Inilah kepercayaan yang sudah dibangun selama beberapa tahun ketika mesin ini dibuat dan digunakan untuk menggerakkan berbagai model Nissan dan Datsun. Selain varian dengan transmisi manual, Datsun CROSS juga menawarkan X-Tronic CVT (continuously variable transmission).

Diperkenalkan untuk pertama kalinya dalam produk Datsun, teknologi CVT dengan generasi terkini ini semakin meningkatkan kemampuan berkendara dan kenyamanan. Selain mudah dikendarai dan pergantian gear-nya lebih halus, sistem transmisi ini juga sangat hemat bahan bakar, menawarkan kinerja yang lebih baik, memiliki sedikit bagian bergerak, danlebih tahan lama, lebih ringan dan lebih ringkas daripada gearbox otomatis konvensional.

Datsun CROSS telah diciptakan secara khusus untuk mengatasi berbagai kondisi jalan di Indonesia, dengan body cladding kokoh dan pelindung bawah bodi untuk melindungi dari kerusakan yang disebabkan oleh lumpur atau pecahan batu. Cladding ini memiliki cat abu-abu metalik, dengan sisipan serupa logam dan terlihat kontras dengan warna bodi sehingga memberikan tampilan macho yang sangat menarik.

Mendukung kemampuan tersebut, Datsun CROSS memiliki ground clearance setinggi 200 milimeter dan roda besar ban berukuran 15 inci, dengan ban yang dibuat dari material karet yang khusus dibuat sehingga memiliki kinerja yang lebih baik dan lebih ekonomis. Datsun CROSS juga merupakan satu-satunya kendaraan di kelasnya yang dilengkapi dengan teknologi Vehicle Dynamic Control (VDC) sebagai standar di semua varian.

Menggunakan perangkat lunak terkini yang dikendalikan oleh komputer dan sensor yang ada di kendaraan, seperangkat fitur VDC yang mencakup anti-lock brakes (ABS), electronic brake distribution with brake assist (EBD with BA), traction control (TCS), dan brake-limited slip differential (B-LSD). Datsun CROSS juga memiliki perangkat keselamatan lainnya, termasuk airbag ganda, lampu peringatan sabuk pengaman dan lampu headlight otomatis.

Karakter ganda dari mobil ini ditekankan oleh tampilannya yang berani dan sangat individu. Di bagian depan, ada hal yang menarik perhatian, yakni lampu depan dengan proyektor yang dinamis dan memiliki bentuk ‘Mata Elang’ yang khas – mobil ini adalah kendaraan pertama di segmennya yang memberikan fitur pengoperasian lampu otomatis. Honeycomb grille Datsun yang sudah dikenal sekarang ini tampak lebih besar dan lebih tegas sekarang daripada sebelumnya untuk menekankan garis kap mobil, dan mendominasi bagian depan.

Di profilnya, garis bahu yang naik dan sentakan tajam ke arah belakang mobil memberikan penghubung dengan bahasa desain Datsun yang ada saat ini. Pada Datsun CROSS, garis ini lebih kelihatan dan karena itu lebih dinamis. Profil ini tampak praktis juga, dengan adanya rak atap krom sebagai standar.

Interior hitam menyesuaikan citra eksterior yang sporty dan menampilkan kursi individu bagian depan dengan bantalan yang kokoh untuk memberikan dukungan ekstra ketika bermanuver. Interiornya dihiasi dengan bahan kain kursi yang khas, dengan pola honeycomb dan jahitan warna perak yang rapi. Mobil ini memiliki ruang yang luas untuk lima orang dewasa dan bagasi yang luas.

Masih ada ruang untuk penumpang kanak-kanak di baris ketiga yang bisa digunakan bila dibutuhkan pada perjalanan jarak pendek. Datsun CROSS hadir dalam tujuh warna pilihan, termasuk dua warna metalik baru yang khas – Amber dan Copper. Warna lain yang tersedia adalah warna solid – putih dan hitam – dan tiga warna metalik – abu-abu, merah, dan perak. Datsun CROSS mulai dapat dipesan di diler-diler Datsun di seluruh Indonesia dengan harga mulai dari Rp. 181.000.000 (on the road Manado).

Produksi pertama telah dimulai di pabrik Nissan Motor Indonesia di Purwakarta, Jawa Barat sejak 31 Januari 2018, dengan pengiriman pertama pada konsumen dilakukan bertahap sejak bulan Maret ini. Selain di Manado pada 7-11 Maret di Manado Town Square, Datsun akan menggelar beragam kegiatan di sejumlah kota besar di Indonesia, seperti Palembang (14-18 Maret), Pontianak (16-20 Maret), dan Makassar (21-25 Maret). Informasi lebih lanjut, silakan mengunjungi www.datsun.co.id atau Tanya Datsun 1-500-023.

 

Tim Totabuanews

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.