Disdik Bolmong Masih Menunggu Anggaran BOS Tahun 2018

0
73
Renty Mokoginta
TOTABUANEWS, BOLMONG – Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tahun 2017 dibanderol Rp 32.240.000.000. Pasalnya, penyaluran dana BOS dari daerah melalui nomor rekening ke Kepala Sekolah (Kepsek).
“Untuk dana BOS tahun ini masih dalam Mou. Jadi masih tetap menunggu. Dan saya pun berharap agar secepatnya akan dicairkan ditiap sekolah,” ungkap Plt Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Renty Mokoginta SPd MAP, Senin (12/3/2018).
Dibeberkannya, dana BOS merupakan bantuan dari propinsi ke daerah, dan disalurkan ke norek tiap kepala sekolah baik SD, SMP, dan SMA. Katanya, dengan adanya dana BOS membantu murid dan orangtua.
“Dan saya berharap agar dana BOS di triwulan satu cepat dicairkan dan jangan terlambat. Dan itu harus tetap sasaran,” katanya. Saat ini proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) sudah jalan. Ada banyak keperluan sekolah yang dibutuhkan untuk menunjang proses KBM. Untuk itu ia pun berharap agar secepatnya dicairkan.
Ditambahkannya, untuk tahun ini bagi siswa yang putus sekolah akan diikutsertakan dalam ujian persamaan. Baik paket A, B, dan C. Untuk tahun ini pun sekira 900 siswa yang ikut persamaan.
Kalau untuk siswa yang namanya sudah terdaftar dalam ujian nasional tapi sudah putus sekolah, maka dari Disdik akan ambil langkah jemput bola. Hingga siswa tersebut datang mengikuti ujian.
“Tapi saya berharap peran penting orangtua bagi anaknya. Percuma kalau kami berusaha bagi anaknya tapi orangtuanya tak memperdulikannya,” tukasnya sembari mengimbau bagi orangtua murid agar tetap menjaga kesehatan anak. Agar dalam persiapan UAN nanti akan mendapatkan hasil yang maksimal. Begitu pun dengan guru. Berusaha membimbing dan mengajar siswa/siswi.
“Karena keberhasilan anak tidak lepas dari orangtua. Dan orangtua memiliki peran penting bagi pendidikan,” tukas mantan sekretaris Beppeda Bolmong ini.
Untuk pagu dana BOS 2018 hari ini Mou sudah ada di Pemerintah Provinsi Sulut. Hingga itu untuk anggarannya pun dari Disdik belum bisa diketahui.
“Kalau untuk siswa yang putus sekolah masih sementara direkap. Untuk total anggaran dana BOS 2017 Rp 32,240,000,000,” tambah Kepala Seksi Kurikulum Pendidikan Rivai Mokoagow.
Peliput: Ebby Makalalag

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.