35 Pria di Kotamobagu Ikut Program KB

0
82
ilustrasi vasektomi pada pria

TOTABUANEWS, KOTAMOBAGU – Sebanyak 35 orang pria di Kotamobagu, tahun 2016 hingga 2017 lalu, yang telah lakukan Vasektomi. Hal ini dikatakan kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana PP dan KB Aljuftri Ngandu, melalui Sekretaris PP dan KB Abdul, Kadir Paputungan. Kamis (19/04/2018).

“Tahun 2016 ada 31 pria, sedangkan 2017 hanya 4 pria yang melakukan program Vaksetomi. Padahal kami terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat,” ucapnya.
Diapun menjelaskan,  program Keluarga Berencana (KB), bukan hanya wanita, pria pun bisa merasakannya. Demi menekan, dan mengendalikan angka penduduk.
“Yang saya maksudkan disini, Vasektomi. Kebiri itu bukan alat vital pria yang tidak berfungsi lagi  atau tidak mengelurkan bibit sperma. Akan tetap keluar cairan, dan akan tetap menikmati kenikmatan yang ada. Hanya saja bibit dalam akan mengalami penyetopan,” jelasnya.
Dia menambahkan, sekian banyak orang yang melakukan Vasek1tomi, hingga saat ini tidak ada pengeluhan. Melainkan ada faktor yang mendorong sehingga melakukan hal tersebut.
“Faktor yang mendorong mereka mengikuti KB kebanyakan alasannya karena mereka sayang istri, dan ingin hidup sehat,” singkatnya.
Risiko yang nantinya dirasakan   hanya dalam tiga hari di imbau tidak boleh bekerja, sesuai saran dokter yang menangani. Dan setelah di vasektomi pria diminta selama 50-an kali.
“Setelah divasektomi jangan langsung melalukan, saran pakai kondom dulu, takutnya masi ada bibit-bibit embrio yang tersisa. Barangkali hingga 50-an kali di keluarkan, dan itu secara teknis dari kedokteran,” jelasnya.
Ia mengajak, pria yang ingin melakukan vaksetomi segera melapor, dan akan dilayani. Karena ini juga untuk kesehatan pun menekan pengendalian penduduk di kota Kotamobagu.
Neno Karlina

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.