Hanya 2.235 Nelayan Bolmong yang Terdaftar di Sistem

0
61
Pemerintah Mendata Semua Nelayan di Bolmong
ilustrasi

TOTABUANEWS, BOLMONG – Sebanyak 7.515 nelayan di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) belum terdaftar di sistem. Pasalnya, dari total 9.750 yang terdaftar di data statistik provinsi hanya 2.235 yang sudah diinput.

“Sudah diinput 2.235. Kalau yang tercetak sebanyak 245 kartu nelayan. Dan dari 2.235 ini yang sudah memiliki kartu asuransi sebanyak 1.858,” ungkap Kepala Dinas (Kadis) Perikanan dan Kelautan (DKP) Bolmong Drs Wahyudin Gonibala, diruang kerjanya, Selasa (17/4/2018).

Menurutnya, yang sudah memiliki asuransi tersebut karena umurnya di bawah 60-an. Karena jika di atas 60 tahun maka tidak bisa membuat asuransi. Lanjutnya, untuk saat ini pihaknya sementara melakukan kegiatan jemput bola dalam rangka pendataan nelayan di lima kecamatan pesisir.

“Karena seperti program bupati salah satunya pemutakhiran data. Makanya untuk saat ini kami melakukan kegiatan jemput bola. Agar datanya lebih akurat. Karena sudah 15 tahun data nelayan tidak diupdate,” katanya di dampingi Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Nelayan Kecil Supriadi Agantu.

Dijelaskannya, untuk jumlah nelayan di lima kecamatan tersebut sebanyak 9.750. Itu jumlah data provinsi.

“Memang masih sangat banyak nelayan yang belum memiliki kartu nelayan. Tapi kami tetap akan berusaha agar tahun ini semuanya akan tercover,” tutur Agantu.

Ditambahkannya, setiap hari jumlah nelayan terus bertambah. Itu dilihat dari banyaknya masyarakat yang berdatangan dengan membawa berkas untuk mendapatkan kartu nelayan.

“Tapi untuk saat ini ada pemberhentian percetakan kartu nelayan. Jadi kartu nelayan akan diganti dengan Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan (Kusuka),” katanya.

Lanjutnya, kartu nelayan yang sudah habis masa berlaku akan terganti dengan Kusuka. Tapi kalau yang masih berlaku masih menggunakan kartu nelayan. Tapi sampai saat ini Juknis untuk kartu Kusuka belum turun.

“Tapi kalau sosialisasinya sudah dilakukan dari dinas. Karena menurut informasi dari penyuluh bahwa percetakan Kusuka di bank. Jadi itu seperti kartu ATM. Tapi kartunya mirip seperti kartu nelayan,” tukasnya.

Grafis

Lima kecamatan pesisir di Kabupaten Bolmong

  1. Kecamatan Sangtombolang
  2. Kecamatan Lolak
  3. Kecamatan Bolaang
  4. Kecamatan Bolaang Timur
  5. Kecamatan Poigar

Peliput: Ebby Makalalag

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.