Pemkab Bolmong Optimis Tahun Ini PAD Capai Target

0
73

TOTABUANEWS, BOLMONG – Pada tahun 2018 ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) melalui Badan Keuangan Daerah (BKD) optimis dapat mencapai target Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp38.988.433.652 Miliar.

Yang mana pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) induk saat ini berkurang dari tahun sebelumnya yang mencapai Rp 39 Miliar, dan mengalami peningkatan pada APBD Perubahan, hingga menyentuh angka sebesar Rp69 Miliar.

Menurut Kepala Bidang Penagihan BKD Bolmong Chandra Mokoginta, pencapaian PAD triwulan I pada 2018 ini sudah mencapai Rp7.383.088.320  Miliar.

“Rekapan tanggal 25 Maret PAD sudah menyentuh angka Rp7 Miliar lebih atau 18,94 persen,” ujarnya.

Dijelaskannya, saat ini pihaknya sedang melakukan pendataan objek PAD baru guna meningkatkab PAD tahun ini.

“Masih banyak potensi PAD yang belum dikelola. Untuk rumah makan saja, dari sekian banyak hanya beberapa rumah makan yang dikenakan PAD. Tentunya ini belum maksimal,” jelasnya.

Walau pun demikian, dirinya pun optimis target PAD sebanyak Rp38.988.433.652 Miliar akan dapat tercapai hingga akhir tahun.

“Memang kalau dilihat ada penurunan target PAD di APBD induk tahun 2018 ini. Namun, angka dimungkinkan berubah pada APBD Perubahan, seperti tahun lalu yang mencapai Rp 69 Miliar dengan realisasi akhir tahun Rp 68 Miliar. Dan pasti dapat dicapai. Sebab biasanya pergerakan PAD ada pada pertengahan tahun atau mendekati akhir tahun,” tukasnya.

Peliput: Ebby Makalalag

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.