Pemkot Sebar 6.000 Bibit Kelapa

0
54
Muljadi Suratinojo

TOTABUANEWS, KOTAMOBAGU – Sebanyak 27 kelompok Petani kelapa di kotamobagu bakal meneriman bantuan 6.000 Bibit kelapa di 2018 ini.

Kepala Dinas Perikanan, Pertanina dan Peternakan (Dispertanak) Kotamobagu Muljadi Suratinojo mengatakan, bantuan tersebut bakal diberikan dalam waktu dekat ini.

“Jadi ada 27 kelompok petani kelapa itu akan disalurkan bantuan bibit sebanyak 6.000 bibit. Itu akan kami salurkan setelah puasa ini,” ungkap muljadi, Jumat (25/05/2018).

Adanya bantuan tersebut lanjut mantan Kadis Sosial ini, disebabkan karena berkurangnya jumlah petani kelapa di kotamobagu. Oleh sebab itu, pengembangan penanaman kepala di kotamobagu sangat perlu untuk meningkatkan pendapatan Petani kelapa.

“Penanaman ulang pohon kelapa perlu varitas yang bagus, kalau masih menggunakan yang biasa maka produktifitasnya juga tidak maksimal. Dengan menanam varitas unggul maka berpotensi menaikan keuntungan,” jelasnya.

Ia memaparkan masalah utama pada sektor tanaman kelapa antara lain kualitas dan tenaga yang kurang, area kepemilikan per individu yang kecil, hama dan penyakit, rendahnya produktivitas, dan masih menjadikan kopra sebagai andalan produk kelapa.

“Nah, itu yang kami terus dorong sehingga para petani kelapa di kotamobagu terus meningkatkan produktifitas sehingga terus menjadikan kopras sebagai andalan produk kelapa,” terangnya.

Terpisah, Salah satu petani kelapa asal Kelurahan Molinow Fajri Dondo menambahkan, memang produktifitas petani kelapa belakangan mengalami penurunan, sehingga perlu adanya perhatian pemerintah saat ini.

“Dengan bantuan bibit yang bakal disalurkan, tentunya itu menjadi solusi dimana untuk lebih mengembangkan dan meningkatkan produk kelapa dan juga parqxletani kelapa di Kotamobagu,” pungkasnya.

Peliput: Neno Karlina

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.