Beranda blog

Rayakan 6 Tahun Kolaborasi: EVOS dan Pop Mie Terus Bangun Keseruan di Industri Esports Indonesia

0

Sebuah momen historis, refleksi perjalanan kolaboratif yang menginspirasi untuk mendorong pertumbuhan talenta dan komunitas esports di Indonesia.

Jakarta, 23 April 2024 — EVOS, sebagai salah satu organisasi gaming-entertainment terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara bersama dengan Pop Mie sebuah brand FMCG dengan target audiens anak muda lifestyle yang dinamis, menandai 6 tahun perjalanan kolaborasi strategis dalam upaya mendekatkan dan memfasilitasi talenta muda Tanah Air dengan industri esports. EVOS bersama Pop Mie bersinergi memberikan  komitmen yang kuat dalam perkembangan industri esport Indonesia dan telah menghadirkan berbagai inisiatif program yang telah terjadi selama hampir satu dekade perjalanan kolaborasi. 

Tony Tham, selaku Head of Commercial EVOS mengungkapkan antusiasmenya “Kami bangga dapat menjalin kolaborasi inspiratif ini bersama Pop Mie yang memberikan dukungan penuh bagi generasi muda di Indonesia. Perjalanan hampir satu dekade yang terjalin antara EVOS dan Pop Mie menandai komitmen kami dalam membimbing talenta muda menuju profesionalisme di esports Indonesia. Untuk mendorong perkembangan esports yang berkelanjutan, kami sepakat untuk terus melanjutkan program kolaborasi ini dengan berbagai inisiatif lainnya dalam waktu mendatang,”

Sejak 2019, EVOS dan Pop Mie berkolaborasi menghadirkan program menarik melalui kampanye media sosial, hingga aktivasi digital yang mengasah minat dan bakat komunitas seperti Turnamen EVOS Fams Cup (EFC) dan Super Stage bersama Pop Mie yang telah diadakan beberapa waktu yang lalu.

Anggoro Yudhantara, Brand Manager Pop Mie mengungkapkan “Perjalanan kolaborasi ini telah menjadi petualangan yang menyenangkan bagi tim Pop Mie. Kami percaya bahwa batasan industri tidak boleh menghambat semangat kami untuk berinovasi bersama dan mendorong misi kami untuk memajukan generasi muda Indonesia melalui esports. Kolaborasi ini juga bukan sekadar tentang produk,  Pop Mie juga memiliki komitmen yang kuat untuk terus memberikan kemudahan terutama dalam mendukung setiap aktivitas streamer dan pemain esports. Kami berharap kolaborasi ini dapat terus menggerakan roda pertumbuhan esports di Indonesia menuju prestasi yang lebih gemilang.” 

Pada tahun 2023, EVOS melakukan survey dengan menghasilkan  fakta-fakta menarik yang dihimpun dari EVOS Fams dan pencinta esports, diantaranya adalah sebanyak 99% responden menyatakan  Pop Mie masih menjadi top of mind dalam produk instant noodle cup. Selain itu, data juga berhasil menghimpun bahwa akun media sosial EVOS menjadi salah satu source of awareness karena menjadi sumber informasi dalam pencarian heroes product  dari Pop Mie. 

Kesuksesan kolaborasi ini mendorong EVOS dan Pop Mie berkomitmen untuk menghadirkan rangkaian program berbasis aktivasi offline untuk menjangkau audiens mahasiswa. Di tahun 2024, EVOS bersama Pop Mie akan menghadirkan rangkaian program “Pop Mie Campus Arena”

“Pop Mie Campus Arena adalah sebuah momentum bagi EVOS dan Pop Mie untuk kembali hadir langsung di tengah audiens kami melalui kegiatan turnamen esports, booth Pop Mie, talkshow, community event hingga meet & greet bersama dengan EVOS Brand Ambassador, Players dan Talent. Sesuai rencana, kegiatan ini akan berlangsung selama satu tahun dengan target sasaran adalah perguruan tinggi yang ada di wilayah Jabodetabek.” ungkap Tony. 

Pada kesempatan istimewa ini, turut hadir memeriahkan seremoni perayaan 6 tahun Kolaborasi EVOS dan Pop Mie adalah Bambang Mugono selaku Kepala Staf Kesekjenan PB ESI  dan EVOS Yupi (Cindy Yuvia)  selaku Brand Ambassador EVOS. Keduanya hadir memberikan dukungan lebih nyata bagi kolaborasi EVOS ke depannya bersama Pop Mie.

Bambang Mugono selaku Kepala Staf Kesekjenan PB ESI mengungkapkan “Kami meyakini bahwa saat ini ekonomi kreatif tengah menjadi ruang berkembang bagi seluruh bidang di Indonesia dan esports sebagai bidang yang inklusif berpotensi menjadi elemen kritikal untuk pengembangan ekonomi kreatif di Indonesia. Kami memberikan dukungan dan apresiasi atas kolaborasi strategis penuh komitmen EVOS dan POP Mie dalam terus meningkatkan kompetensi esports melalui pengembangan talenta-talentanya. Kami berharap sebagai salah satu organisasi esports terbesar di Indonesia, EVOS mampu merangkul lebih banyak lagi talenta-talenta potensial, khususnya di bidang esports” 

EVOS Yupi (Cindy Yuvia)  selaku Brand Ambassador EVOS dengan penuh semangat juga menyampaikan “Sebagai Brand Ambassador dan Content Creator, terlibat dalam kolaborasi antara EVOS dan Pop Mie adalah pengalaman yang luar biasa bagi saya. Melalui kesempatan ini, saya merasakan betul betapa pentingnya dua entitas bersinergi seperti EVOS dan Pop Mie, memberikan inspirasi positif yang konsisten bagi generasi muda yang ingin terjun ke dunia esports. Saya berharap kolaborasi semacam ini terus memperkuat dan memperluas ruang gerak anak muda dalam memajukan industri esports di Indonesia.”

Ayo sambut dengan antusias kolaborasi yang penuh kegembiraan ini! Kedepannya, EVOS dan Pop Mie akan terus menghadirkan beragam kegiatan seru yang memberikan keseruan tak terbatas bagi EVOS Fams dan pecinta esports.

Jangan sampai ketinggalan! Ikuti terus berita terbaru dari Pop Mie Campus Arena serta berbagai kegiatan kerja sama EVOS dan Pop Mie, melalui kanal media sosial  @evosesports, @evosfams, dan @popmieofficial.

Dokumentasi dapat diakses melalui link: bit.ly/prkitevospopmie6years 

— Selesai —

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

Pencarian Semantik yang didukung AI untuk Merevolusi Pencarian Gambar di QNAP NAS dengan Qsirch 5.4.0 Beta

0

Qsirch 5.4.0 Beta Menampilkan Pencarian Semantik berbasis AI yang mutakhir untuk pencarian gambar dan pratinjau konten dokumen, pengguna NAS kini dapat menikmati pengalaman pencarian file yang lebih mudah digunakan dengan tingkat presisi yang lebih tinggi.

QNAP® Systems, Inc., inovator solusi komputasi, jaringan dan penyimpanan terkemuka, memperkenalkan Qsirch 5.4.0 Beta. 

Qsirch adalah mesin pencari canggih yang dirancang untuk QNAP NAS, membantu pengguna menemukan file yang mereka butuhkan dengan cepat dari sejumlah besar penyimpanan data. Selain menggunakan “pencarian kata kunci” untuk pencarian teks lengkap untuk file, gambar, video, dokumen PDF, dan email, pengguna dapat mengaktifkan “pencarian semantik” untuk menemukan gambar secara tepat menggunakan perintah bahasa yang alami dan intuitif sebagai permintaan pencarian.

“Pencarian semantik menggunakan teknik pemrosesan bahasa alami untuk menentukan semantik kalimat, menerobos keterbatasan pencarian kata kunci tradisional dan secara signifikan meningkatkan akurasi pencarian,” kata Amol Narkhede, Manajer Produk Senior QNAP, menambahkan “QNAP memelopori integrasi AI ke dalam Pencarian file NAS, memberikan pengguna efisiensi lebih besar dalam proses pencarian file harian mereka. Kami mendorong semua pengguna QNAP untuk bergabung dalam uji beta pencarian semantik Qsirch 5.4.0 dan memberikan umpan balik untuk membantu kami terus meningkatkan solusi QNAP untuk pengalaman pengguna yang lebih baik.”

Fitur utama baru dari Qsirch 5.4.0 beta :

1. AI-driven Semantic Search
Gunakan kueri penelusuran semantik yang lebih intuitif (mendukung 23 bahasa) untuk mempersempit hasil penelusuran dan mencapai hasil penelusuran gambar yang tepat. Pengguna juga dapat menjelajahi gambar serupa dengan mencari melalui gambar di hasil pencarian.

2. Menampilkan Dokumen lebih cepat
Setelah mencari dokumen atau file yang diinginkan, pengguna dapat dengan cepat melihat pratinjau konten di panel pratinjau, melihat paragraf yang relevan dengan kata kunci, atau melihat beberapa kalimat relevan terkait dengan subjek file melalui GUI yang intuitif.

Persyaratan sistem NAS
Pencarian semantik bertenaga AI didukung dari Qsirch 5.4.0 beta. Diperlukan NAS berbasis x86 64-bit dengan RAM minimal 8 GB dan QTS 5.0.1 (atau lebih baru) / QuTS hero h5.0.1 (atau lebih baru). QNAP AI Core harus diinstal dari App Center untuk menggunakan fungsi pencarian semantik secara penuh.
Catatan: Fitur dapat berubah dan mungkin tidak tersedia untuk semua produk QNAP.

Pelajari lebih lanjut tentang fitur baru di Qsirch 5.4.0 beta dan bergabunglah dengan program beta di QSirch 

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

PepsiCo bekerja sama dengan AnyMind Group dan Publicis Commerce untuk memberikan fokus yang lebih besar pada pelanggan melalui upaya social commerce di Asia Tenggara

0

Dalam sembilan bulan, PepsiCo Philippines telah menyelesaikan 300+ jam live streams yang menjangkau lebih dari 700.000 konsumen

Singapura – 23 April, 2024 – AnyMind Group [TSE: 5027], sebuah perusahaan BPaaS untuk marketing, e-commerce, dan transformasi digital, hari ini mengumumkan bahwa mereka telah bekerja sama dengan Publicis Commerce untuk meningkatkan upaya perdagangan sosial PepsiCo, pemimpin global dalam makanan dan minuman konvinien, dengan mendorong fokus yang lebih besar pada konsumen ke dalam upaya perdagangan digital PepsiCo di Asia Tenggara melalui serangkaian penawaran perangkat lunak dari AnyMind Group, termasuk platform seperti AnyX, AnyTag, dan AnyLogi, serta layanan penasihat pemasaran strategis dari Publicis Commerce. 

Menempatkan konsumen sebagai inti dari upaya bisnis untuk mendorong pengalaman dan interaksi merek yang lebih positif, PepsiCo Philippines melihat ke arah live commerce untuk memberikan pengalaman digital yang dipersonalisasi dan interaktif, dalam upaya untuk mengintegrasikan social commerce ke dalam kehidupan sehari-hari dan membuat belanja menjadi menyenangkan dan menyenangkan. 

Sebelum hari ini, PepsiCo Philippines telah menyelesaikan lebih dari 300 jam live streams dan menjangkau lebih dari 700.000 konsumen sejak kolaborasi dimulai pada Agustus 2023. 

Hal ini berkontribusi pada PepsiCo yang masuk ke dalam tiga merek teratas di TikTok Shop di Filipina dari peringkat 9,9 hingga 12,12, dan disorot sebagai studi kasus saat TikTok meluncurkan kerangka kerja ACE. Di Filipina, PepsiCo menjadi merek teratas di TikTok Shop dalam hal GMV untuk kategori FMCG, empat bulan setelah kolaborasi. Didorong oleh kesuksesan awal ini, PepsiCo juga akan mulai memperluas kolaborasi ini ke pasar e-commerce lainnya di Asia Tenggara.

PepsiCo Philippines, melalui agensi yang ditunjuk untuk strategi dan implementasi kreatif, Publicis Commerce, memanfaatkan rangkaian kemampuan holistik AnyMind melalui platform seperti AnyX untuk analitik dan manajemen channel, AnyLogi untuk manajemen logistik, dan AnyTag untuk influencer marketing, untuk berbagai solusi: 

– Live streaming – memanfaatkan promosi dan kampanye merek sambil melibatkan audiens melalui permainan langsung dan hadiah, bersama dengan segmen ASMR, sudut pandang yang menggugah selera, dan demo deskriptif dari pembawa acara live commerce

– Influencer dan affiliate marketing – melalui e-Selling Opinion Leaders (eSOL) yang relevan yang berbagi cerita dan resep, serta produk unggulan, pada konten yang dapat dibeli yang diposting di halaman TikTok PepsiCo, mendorong viralitas dari mulut ke mulut melalui 26.000 kelompok influencer dan pengguna media sosial yang membuat konten buatan pengguna

– Strategi listing SKU, fulfillment dan manajemen inventaris – Dengan memanfaatkan integrasi logistik yang komprehensif dan analitik tingkat lanjut, PepsiCo mengoptimalkan bundling produk. Strategi ini meningkatkan Average Order Value. Bersamaan dengan itu, manajemen inventaris yang kuat memastikan ketersediaan stok selama acara penjualan puncak.

Mengenai kolaborasi ini, Sudipto Mozumdar, GM, IndoChina Foods dan Chief Commercial Officer, APAC PepsiCo, mengatakan: “Fokus pada konsumen adalah pendorong utama pertumbuhan kami. Kemitraan kami dengan AnyMind dan Publicis selaras dengan strategi “kapan saja, di mana saja”. Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan kelincahan operasional kami, namun juga memperdalam penetrasi pasar kami dengan melibatkan konsumen dalam dialog dua arah yang dinamis dan personal. Seiring dengan upaya kami untuk terus memanfaatkan kekuatan transformasi digital, fokus kami tetap pada membina hubungan yang bermakna dengan konsumen, sehingga mengamankan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan di pasar yang semakin digital.”

Sujith Rao, Managing Director Commerce SEA, Publicis Commerce, mengatakan: “Membangun hubungan dan kerja sama yang telah terjalin dengan PepsiCo, kami telah mengintegrasikan social commerce ke dalam strategi pertumbuhan kami untuk klien. Komitmen kami untuk melampaui ekspektasi klien didukung oleh pemilihan mitra yang cermat seperti AnyMind, yang memastikan penyampaian pengalaman terintegrasi yang melampaui ekspektasi klien.”

Aditya Aima, Managing Director untuk Growth Markets, AnyMind Group, mengatakan: “Kami melihat bentuk-bentuk baru pemasaran dan perdagangan digital muncul di tengah-tengah penggabungan kedua bidang ini, ditambah dengan latar belakang perusahaan yang memulai upaya transformasi digital yang komprehensif. PepsiCo hanya akan mendapatkan keuntungan sebagai penggerak awal, karena kami menyediakan aksesibilitas dan perluasan yang lebih besar ke wilayah Asia-Pasifik melalui kemampuan BPaaS kami.”

Melalui model Business-Process-as-a-Service (BPaaS), AnyMind Group menyediakan serangkaian perangkat lunak berpemilik bagi perusahaan untuk operasi e-commerce, pemasaran, logistik, keterlibatan pelanggan, produksi, dan banyak lagi, bersama dengan keahlian di dalam pasar di 15 pasar di seluruh Asia Tenggara, Asia Timur, India, dan Timur Tengah, yang memberikan kemampuan unik bagi perusahaan untuk ekspansi yang dipercepat dan digerakkan oleh teknologi di seluruh Asia Pasifik. 

BPaaS memberikan lapisan nilai tambahan bagi perusahaan di atas model Software-as-a-Service dan Business Process Outsourcing, dengan menyediakan kombinasi tim teknologi dan operasi untuk mendesain, mengembangkan, mengimplementasikan, mengoptimalkan, dan mengotomatisasi proses bisnis. 

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

Nasdem Legowo, Tugaskan Victor Jadi Cawagub Sulut

0
Victor Mailangkay Karikatur/Hijrah Dondo Desainer

TNews, SULUT – Partai NasDem Sulawesi Utara akhirnya legowo dengan posisi tawar hanya sebagai calon wakil gubernur 2024 dalam koalisi Koalisi Solidaritas Sulut Maju (KSSM).

Namun, posisi calon wakil gubernur tersebut diberikan kepada ketua Nasdem Sulut Victor Mailangkay.

BACA JUGA : Victor Mailangkay Cari Par, Nasdem – Gerindra Kans Koalisi

Kabar tersebut diungkapkan Victor Mailangkay Minggu, (21/4/2024) melalui what’s app dimana dirinya yang juga aktif menjabat sebagai wakil ketua DPRD Provinsi Sulut itu adalah calon wakil gubernur Sulut pada Pilgub Sulut 2024.

“Sudah ditugaskan oleh Ketua Umum DPP partai NasDem bapak Surya Paloh, Victor Mailangkay sebagai calon wakil gubernur Provinsi Sulawesi Utara dari partai NasDem untuk Pilgub Sulut 2024,” jelas Victor.

Victor Mailangkay dikenal sangat visioner dalam menjabat sebagai Ketua DPW partai NasDem Sulut dan dalam tanggung jawabnya sebagai wakil ketua DPRD Provinsi Sulut.

BACA JUGA : Victor Mailangkay ‘Kuda Hitam’ di Pilgub Sulut

Victor Mailangkay memiliki segudang pengalaman di mana pernah menjabat selama 7 periode sebagai anggota DPRD hingga mencapai puncaknya menjadi wakil ketua DPRD Provinsi Sulut.

Victor adalah lulusan S3 Universitas Hasanudin yang kini memantapkan langkah untuk maju pada pilgub Sulut 2024 sebagai calon wakil gubernur yang diusung partai NasDem.

(Konni Balamba)

Pilgub Sumut 2024 : Edy Rahmayadi Siap Hadapi Kekuatan Keluarga Istana

0
Edy Rahmayadi

TNews, SUMUT – Wali Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Bobby Nasution dipastikan akan maju sebagai calon gubernur Provinsi Sumut, melalui kendaraan Partai Golkar.

Namun dalam Pilgub nanti, menantu presiden Jokowi itu akan berhadapan dengan Eks Gubernur Sumut Edy Rahmayadi.

Di mana Edy Rahmayadi juga akan maju sebagau cagub Sumut yang akan diusung PDIP Sumut. Nantinya, Edy Rahmayadi akan menjadi lawat berat Bobby Nasution

Edy mengaku tidak masalah menghadapi Bobby yang merupakan bagian dari keluarga istana. Baginya, terpenting semua yang maju Pilgub Sumut telah memenuhi syarat dan tidak ada intervensi dari pihak manapun.

BACA JUGA :  Wali Kota Medan Bobby Nasution Bakal Maju di Pilgub Sumatera Utara

“Siapapun boleh, yang penting sesuai syarat, yang tidak boleh apa? Intervensi merusak demokrasi,” kata Edy Rahmayadi.

Menurut dia UU Pemilu telah mengatur siapa saja yang berhak menjadi calon kepala daerah. Oleh karena itu, semua pihak harus mematuhi aturan tersebut.

Ia mewanti-wanti tak boleh ada intervensi dari pihak manapun terkait Pilkada, karena akan merusak tatanan demokrasi Indonesia.

“Rakyat yang menentukan biar rakyat yang memilih ini perjalanan pilkada kita. Yang berhak menjadi calon sudah diatur oleh KPU. Apa yang tidak boleh? Intervensi yang tidak boleh,” kata Edy.

“Yang melakukan intervensi berarti merusak demokrasi. Intervensi apa? intervensi finansial, kekuasan, intervensi yang sudah diatur di luar KPU itulah intervensi,” urainya.

Eks Pangkostrad tersebut menambahkan saat ini sudah menjalin komunikasi dengan sejumlah partai politik selain PDIP.

Eks Ketum PSSI tersebut mengaku akan mendaftar ke semua partai politik termasuk meminta dukungan dari partai pengusung pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar di Pilpres.

“Semua partai kita akan mendaftar, untuk 01 kan berbeda dengan Pilkada. Tetapi lebih ada komunikasi karena ada perjuangan yang bersama. Apakah mereka serta merta memberikan dukungan ke saya, belum pasti, karena partai punya hak memilih orang itu cocok enggak cocok untuk memimpin. Sumut cocok untuk memimpin kabupaten cocok untuk memimpin kota itulah hak partai,” ungkapnya.

Peliput : Nanda 

Daftar Calon Wali Kota di Partai Golkar, Amir Hamzah Kerahkan OPD dan ASN Pemko Binjai

0
Sejumlah kepalla OPD dan ASN pemko Binjai hadiri pendaftaran Amir Hamzah di Partai Golkar

TNews, KOTA BINJAI – Wali Kota Binjai incumbent, Amir Hamzah, kembali mendaftarkan diri sebagai bakal calon Wali Kota Binjai ke sejumlah partai politik.

Setelah sebelumnya Amir Hamzah mendaftarkan diri ke Partai Demokrat Kota Binjai, hari ini Senin (22/04/2024)

Amir Hamzah mendaftarkan dirinya ke Partai Golkar Kota Binjai, yang berada di Jalan Chandra Kirana Kelurahan Setia Kota Binjai.

Menariknya, saat mendaftar ke partai politik, Amir Hamzah menggerakkan sejumlah OPD serta Camat, Lurah dan Kepala Lingkungan.

Hal itu tentu sudah tidak sejalan dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) mewajibkan ASN untuk bersikap netral dalam Pemilu.

Pasal 2 UU ASN menyatakan bahwa Setiap pegawai ASN harus patuh pada asas netralitas dengan tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh manapun dan tidak memihak kepada kepentingan tertentu.

Menanggapi hal itu, Ketua LSM P3H Sumatra Utara Muhammad Jaspen angkat bicara. Ia mengatakan para SKPD Pemerintahan Pemko Binjai yang telah hadir di kantor Golkar pada hari Senin (22/4/2024) siang sudah jelas melanggar undang-undang netralitas ASN .

“Kami akan menyurati Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), terkai hal ini,” tegas Jaspen.

Peliput : Nanda Putra

KPU Boltim Buka Pendaftaran PPK dan PPS

0
Gambar : KPU Boltim Buka Pendaftaran PPK dan PPS, (22/4/2024).

TNews, BOLTIM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) kembali merekrut badan adhoc yang terdiri dari anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Ikal Salehe Kadiv Divisi Sosdiklih, Parmas mengatakan, pengumuman sekaligus pendaftaran dimulai dari pendaftaran calon anggota PPK dari tanggal 23 sampai 29 April 2024.

“Besok mulai diumumkan sekaligus penerimaan pendaftaran calon anggota PPK Pilkada pilgub 2024. Perpanjangan masa pendaftaran 23-29 April sampai 2 Mei 2024,” kata Ikal Salehe saat dihubungi media ini, Senin 22 April 2024.

Wardoyo kadiv Divisi Hukum dan pengawasan menambahkan, mengenai persyaratan maupun kelengkapan dokumen tidak ada yang berbeda antara pendaftaran PPK pemilu dengan Pilkada.

“Persyaratan dan kelengkapan dokumen tidak ada yang beda seperti rekrutmen pada saat pemilu. Pendaftaran melalui Siakba, dan teman-teman yang sudah punya akun bisa menggunakan akun yang sudah ada, hanya nanti ada pilihan untuk pilkada,” tambahnya.*

Peliput : Muklas

MK Tolak Gugatan Paslon Capres 01 dan 03

0
Mahkamah Konstitusi

TNews, JAKARTA – Mahkamah Konstitusi (MK) menolak seluruh permohonan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) atau sengketa Pilpres 2024 baik yang diajukan oleh kubu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar maupun Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Senin (22/4).

Dengan demikian paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka tetap menjadi pemenang seperti yang ditetapkan KPU sebelumnya.

Sebelumnya, pada Senin siang, Ketua MK Suhartoyo membacakan putusan yang menolak permohonan yang dimasukkan paslon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) yang teregister dengan nomor 1/PHPU.PRES-XXII/2024.

“Dalam pokok permohonan, menolak permohonan pemohon untuk seluruhnya,” kata Ketua MK Suhartoyo membacakan amar putusan atas permohonan AMIN, Senin siang.

Selanjutnya, pada sore hari, MK membacakan putusan yang menolak permohonan yang dimasukkan paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang teregister dengan nomor 2/PHPU.PRES-XXII/2024.

“Dalam pokok permohonan, menolak permohonan pemohon untuk seluruhnya,” demikian amar putusan MK yang dibacakan Suhartoyo atas permohonan Ganjar-Mahfud, Senin petang.

Dalam dua perkara ini, AMIN dan Ganjar-Mahfud selaku pemohon tidak terima dengan hasil keputusan KPU pada 20 Maret lalu yang memenangkan Prabowo-Gibran di Pilpres 2024.

Sementara itu, KPU duduk sebagai termohon dan Prabowo-Gibran duduk sebagai pihak terkait.

Para pihak yang bersengketa terkait hasil Pilpres 2024 telah menyerahkan kesimpulan masing-masing. Tak hanya itu, MK juga telah menerima puluhan amicus curiae yang diajukan berbagai pihak, termasuk dari Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri.

Tercatat, ada 48 Amicus Curiae yang diajukan dalam perkara ini per Jumat (19/4). Jumlah tersebut merupakan yang terbanyak sepanjang sejarah MK menangani perkara PHPU.

Namun, hanya 14 yang dijadikan pertimbangan MK dalam Rapat Permuwasyaratan Hakim (RPH). Sidang dan RPH atas perkara gugatan hasil Pilpres 2024 ini diikuti delapan dari sembilan hakim MK. Pasalnya, hakim konstitusi Anwar Usman dikecualikan karena potensi konflik kepentingan selaku paman dari Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka.

Selain itu, hal tersebut pun telah ditegaskan MKMK beberapa waktu lalu yang menyatakan sebelumnya Anwar melakukan pelanggaran etik berat yang membuat Gibran lolos jadi peserta Pilpres 2024. (**)

Aspire Luncurkan Program “Aspire for Startups”, Untuk Mendukung Startup Generasi Selanjutnya di Asia

0

Program baru dari Aspire diharapkan dapat mendukung dan membantu terbentuknya ekosistem perekonomian startup

Aspire mengumumkan peluncuran program baru, “Aspire for Startups,” yang bertujuan untuk mendukung para founder startup dalam setiap tahap perjalanan usaha mereka.

Dunia startup menghadapi tantangan besar akibat krisis ekonomi yang terjadi baru-baru ini, dimana model bisnis dan kemampuan beradaptasi para founders ini diuji. Meskipun mengalami banyak hambatan, Asia terus mengalami pertumbuhan inovasi dan tingkat adopsi teknologi dan kewirausahaan yang melampaui tahun-tahun sebelumnya. Menurut Mckinsey, dalam satu dekade terakhir, Asia menyumbang 52% pertumbuhan global dalam pendapatan perusahaan teknologi, 43% pertumbuhan global dalam pendanaan startup, dan 87% pertumbuhan global dalam pengajuan paten. Program “Aspire for Startups” dirancang untuk memberi bekal para pendiri startup dengan platform, sumber daya, dan koneksi yang dibutuhkan untuk terus berkembang dalam ekosistem startup saat ini.

“Aspire for Startups” memberikan berbagai manfaat yang menyeluruh seperti akses eksklusif bagi para  founders dan pemilik usaha ke komunitas yang suportif dan memiliki visi ya ng sama, bernama “FoundersXchange“, wawasan dan informasi bisnis, akun bisnis, dan potongan senilai hingga 50 ribu USD untuk langganan platform teknologi dan SaaS lengkap yang dibutuhkan untuk menjalankan kegiatan bisnis mereka. Ini termasuk diskon 50% untuk langganan Google Workspace, diskon 25% untuk paket premium Slack, langganan Zendesk gratis selama 6 bulan, kredit AWS senilai $5000, dan masih banyak lagi.

“Aspire selalu berkomitmen untuk mendukung para founders di Asia. Dengan “Aspire for Startups”, kami ingin menunjukan komitmen kami dengan menyediakan platform untuk memfasilitasi komunitas dan membantu efisiensi operasional bisnis mereka,” kata Andrea Baronchelli, CEO & founder Aspire. “Dengan memanfaatkan komunitas, wawasan, dan sumber daya kami, program ini memberikan bekal bagi para founders di Asia dengan platform yang diperlukan untuk memaksimalkan potensi mereka.”

Dengan dukungan partner global seperti Peak XV, Action Community for Entrepreneurship (ACE) dan Google Cloud, Aspire bertujuan untuk membantu menghadapi permasalahan yang dihadapi banyak startup, dan membangun komunitas suportif bagi para  founders  yang tersebar di seluruh benua.

Program “Aspire for Startups” dimulai dengan serangkaian acara peluncuran yang akan diadakan di Indonesia dan Singapura bulan depan.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang program dan komunitas, silakan kunjungi: aspireapp.com/aspire-for-startups.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

Dikukuhkan Sebagai Guru Besar Ilmu Ekonomi, Prof. Ngatindriatun Gagas Smart Farming 5.0 Untuk Mendukung SDGs

0

“Indonesia berhasil mencatat surplus perdagangan produk pertanian pada tahun 2022 sebesar 275,15 triliun. Dalam rentang Januari-Juni 2023, nilai ekspor produk pertanian mencapai Rp258,46 triliun dengan surplus sebesar Rp74,35 triliun. Akan tetapi, peningkatan produktivitas pertanian Indonesia masih belum berbasis nilai tambah,” ungkap Profesor Ngatindriatun membuka materi orasi ilmiahnya dengan mengemukakan kontradiksi antara surplus perdagangan dengan produktivitas pertanian di Indonesia yang dinilai masih belum berbasis nilai tambah.

Menurutnya, pertanian Indonesia saat ini dihadapkan sejumlah permasalahan seperti terbatasnya akses teknologi modern, rendahnya produktivitas, kurangnya infrastruktur, perubahan iklim yang mengganggu pola tanam, serta ketimpangan akses pasar.

Prof. Atin berpendapat Smart Farming 5.0 yang mengakselerasikan teknologi maju dapat mengoptimalkan sumber daya dan mengurangi dampak lingkungan, merevolusi produksi pangan dan mendorong keberlanjutan dalam menghadapi pertumbuhan populasi perkotaan.

Smart Farming biasanya mengacu pada pemanfaatan teknologi digital, seperti IoT, cloud computing, robotika, sensor, kecerdasan buatan bidang pertanian serta metaverse.

Teknologi Smart Farming 5.0 mengubah paradigma pertanian yang berkemajuan untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan keberlanjutan. Keberadaan Smart Farming memiliki dampak multisegi lingkungan hidup, sosial dan ekonomi. Hal ini sejalan dengan tujuan Pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) yang didefinisikan PBB sebagai agenda pembangunan global yang komprehensif dan inklusif, yang bertujuan untuk mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan, dan melindungi bumi untuk generasi mendatang.

Dalam pembangunan pertanian berkelanjutan, implementasi kebijakan, program, dan kegiatan selalu memperhatikan keselarasan antara aspek sosial, ekonomi, dan lingkungan.

Akselerasi Smart Farming 5.0 Melibatkan Aktor Penta Helix

Dengan keunggulan Smart Farming tersebut, membutuhkan kolaborasi penta helix. Pemerintah adalah sebagai regulator, fasilitator, penyedia layanan untuk meningkatkan produktivitas dan keberlanjutan sektor pertanian.

Akademisi pada perguruan tinggi dapat mengintegrasikan teknologi dan ilmu pengetahuan terkini ke dalam sektor pertanian. Kegiatan tridharma perguruan tinggi dalam ketahanan pangan khususnya pengembangan Smart Farming 5.0 harus menyatukan keilmuan multidisipliner klaster ekonomi, pertanian dan teknik.

Kelembagaan dan industri berperan dalam transformasi melalui beberapa cara, seperti holding, konsolidasi, dan modernisasi pertanian, menumbuhkan pengusaha muda pertanian lokal profesional, serta kerja sama antara kelompok tani, gapoktan,
koperasi pertanian, dan perusahaan mitra berupa BUMN, BUMD, BUMDes, dan swasta.

Tidak kalah penting, media memiliki potensi besar untuk meningkatkan kesadaran, mendidik, dan memotivasi para pemangku kepentingan, terutama petani dalam penerapan teknologi pertanian cerdas. Melalui kampanye media, petani dapat diberikan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana teknologi seperti sensor, drone, dan IoT dapat meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan keberlanjutan pertanian mereka.

Kontribusi Terapan dalam Dukungan Smart Farming 5.0

Di akhir orasi ilmiah, Prof. Atin mengungkapkan visinya dalam menciptakan model pertanian yang tidak hanya berteknologi maju tetapi juga berkelanjutan secara ekonomi dan bertanggung jawab terhadap lingkungan.

Beliau mengembangkan proyek riset dengan membuat prototype platform digitalisasi pertanian melalui Pengembangan Desain Prototype Aplikasi B-Horti Untuk Edukasi Dan Pemantauan Tanaman Hortikultura yang saat ini sedang dalam proses penerbitan sertifikat HKI.

Diharapkan dedikasinya akan memperkuat BINUS @Semarang sebagai pusat pendidikan yang mengusung teknologi metaverse dan akan diintegrasikan ke dalam pelatihan pertanian, layanan penyuluhan, dan platform pasar virtual. Menciptakan model pertanian yang tidak hanya berteknologi maju tetapi juga berkelanjutan secara ekonomi dan bertanggung jawab terhadap lingkungan.

Menjadi Guru Besar Sebagai Komitmen Membina dan Memberdayakan Masyarakat

"Prof.

Prof. Dr. Ngatindriatun, M.P. merupakan Guru Besar Tetap dalam Bidang Ilmu Ekonomi dan merupakan merupakan Guru Besar ke-30 yang dikukuhkan BINUS University. Prof. Atin saat ini merupakan Lecturer Specialist – Profesor Digital Business pada BINUS Business School.

Upacara pengukuhan diadakan pada (17/4) di Kampus BINUS @Semarang yang dipimpin oleh Ketua Senat dan Rektor BINUS University, Dr. Nelly, S.Kom., MM. CSCA, serta dihadiri Kepala LLDIKTI Wilayah III, Kepala LLDIKTI Wilayah VI, Perwakilan Pimpinan Daerah, Dewan Guru Besar, Guru Besar Tamu, perwakilan industri dan tamu undangan.

“Sangat bersyukur, di tahun 2024 ini, BINUS University sudah mengukuhkan sebanyak tiga Guru Besar, dan Prof. Atin merupakan Guru Besar ke-30 yang dikukuhkan BINUS University. Yang luar biasa, BINUS @Semarang yang baru ada 2 angkatan mahasiswa, namun sudah memiliki Guru Besar,” tutur Dr. Nelly, S.Kom., M.M., CSCA, Rektor BINUS University.

"Prosesi

“Prof. Atin merupakan salah satu Guru Besar yang patut dibanggakan. Usulan Beliau berjalan lancar tanpa melalui proses revisi atau perbaikan. Beliau juga merupakan Guru Besar ke-97 di lingkungan LLDIKTI III Jakarta,” tutur Prof. Dr. Toni Toharudin, S.Si., M.Sc., Kepala LLDIKTI III Jakarta dalam sambutannya.

Pengembangan SDM menjadi bagian penting dan menjadi salah satu dari delapan strategic objective BINUS University, yaitu Binusian dan Technology sebagai ukuran penting dari Visi BINUS 2035, a world class university, fostering and empowering the society in building and serving the nation.

Tidak hanya mendorong peningkatan karier Faculty Member (FM), tetapi juga sekaligus menfasilitasi bahkan melakukan program percepatan bagi FM untuk mencapai jenjang akademis sebagai Profesor atau Guru Besar. Hal ini sudah diimplementasikan dalam tiga tahun terakhir yang sangat disyukuri sudah menghasilkan banyak karya terutama bertambahnya jumlah Associate Profesor dan Profesor.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

BERITA TERBARU