Semarak Pasar Ramadhan Warnai Jalan Kotamobagu

0
45

TOTABUANEWS, KOTAMOBAGU – Berbagai persiapan dilakukan umat Islam Kotamobagu, dalam menyambut bulan Ramadhan, yang jatuh (17/05/2018) nanti.

Persiapan untuk melaksanakan ibadah, bersih-bersih rumah, dan juga menjajalkan segala masakan kuliner untuk buka puasa.

Berdasarkan pantauan TOTABUANEWS, Rabu (16/05/2018), sejumlah ruas jalan di Kotamobagu, dibangun tempat jualan kuliner selama bulan puasa, yang sering disebut dengan kantin atau pasar ramadhan.

“Iya, ini sudah dipersiapkan untuk pasar ramadahan esok. Pasar ramadhan ini juga, hanya ada setiap kali bulan puasa,” kata Arto Mokoginta (43), warga sekitar Jalan 19 Desember, Kelurahan Motoboi Kecil, saat membangun tempat berjualan (pasar ramadhan) istrinya.

Dirinya menambahkan, bangunan yang dibuatnya, tidak hanya jadi tempat berjualan istrinya, tapi oleh warga sekitar.

“Biasanya ada 7 atau 8 orang yang menaruh jualannya di sini. Ya dibayar, dari laku sepuluh buah jualan, 1 diberikan ke saya,” jelasnya.

Senada, Aryani Mokobela (37), warga Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Kotamobagu Barat, membenarkan, pasar ramadhan ini, telah menjadi tradisi.

“Tradisi, sekalian penjual dadakanlah. Kami berusaha menyiapkan dagangan yang menjadi alternatif, bagi mereka yang tidak sempat masak untuk buka, karena puasa,” ujarnya.

Biasanya, dari hasil jualan di pasar ramadhan, dirinya bisa menabung dan memenuhi kebutuhan, termasuk pada lebaran.

“Beli baju anak-anak, sisanya buat tabungan. Pokoknya luamain, kan tingkat kebutuhan bertambah, jadi harus pintar-pintar memanfaatkan moment, asal halal,” pungkasnya.

Diketahui, pasar ramadhan adalah tempat yang digunakan sejumlah warga menjajalkan aneka menu masakan, untuk buka puasa. Biasanya, pasar ramadhan ini, ada dihampir setiap jalan di Kotamobagu.

Peliput: Neno Karlina

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.