Bersumber dari Bumdes, Ternak Ayam Kopandakan I Menjanjikan

0
544

TOTABUANEWS, KOTAMOBAGU – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kopandakan I Kecamatan Kotamobagu Selatan memang unik. Selain membuat pertamini elektronik, Bumdes desa tersebut juga memiliki usaha yang cukup penopang Pendapatan Asli Daerah (PAD) seperti ternak ayam Guran Surabaya.

Menurut Kepala Desa (Kades) Kopandakan I Muslim Tungkagi, usaha ternak ayam adalah bagian program Bumdes yang dikelolah oleh kelompok.

“Usaha ternak ayam itu sudah jalan sejak Januari, sejauh ini sudah mampu memberikan keuntungan yang besar untuk pemberdayaan masyarakat juga menopang PAD Desa,” ungkap Kades, Jumat (01/06/2018).

Kedepan, lanjut Kades usaha tersebut akan dikembangkan.

“Tentu kami akan mengembangkan usaha-usaha milik desa yang tentu untuk pemberdayaan dan kepentingan masyarakat. Kami juga menargetkan tahun depan tidak ada lagi ibu-ibu di desa ini yang menganggur, semua disibukkan dengan usaha-usaha milik Bumdes,” jelasnya

Terpisah, salah satu pengelolah ternak ayam Desa Kopandakan I, Seta Laute (35) mengaku, usaha ternak ayam milik Bumdes yang dikelolahnya cukup laris. Bahkan, sudah ada beberapa daerah yang menjadi konsumennya.

“Alhamdulillah usaha ini cukup laris, meski tempatnya belum terlalu baik, namun pendapatannya lumayan. Tentu ini juga berkat dari pemerintah untuk menyediakan usaha milik Bumdes untuk pemberdayaan masyarakat khususnya di Desa Kopandakan ini,” pungkasnya.

Peliput: Neno Karlina

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.