Hebat, Elfira Mampu Membuat Berbagai Kerajinan Bernilai Jual

0
149

TOTABUAN.NEWS, KOTAMOBAGU – Elvira Neliputong (52) warga Kelurahan Biga, Kecamatan Kotamobagu Timur, dengan telaten terus menggali kreatifitas dengan membuat berbagai kerajinan tangan unik.

Kerajinan tangan yang dibuat Elfira berupa Tampa, Tutup Saji, hingga Kursi yang terbuat dari rotan, yang kemudian dia jual di lapak depan rumahnya di Jln. Diponegoro Kelurahan Biga Kotamobagu Timur.

Kepada TOTABUAN.NEWS, ibu dua anak ini mengatakan, kemampuannya dalam berkerajinan tangan telah dilakukan selama puluhan tahun.

“Sejak 30 tahun lalu saya sudah menjual kerajinan tangan ini, ada berbagai bentuk mulai dari Tampa, Tutup saji hingga kursi tradisional dari kayu rotan dan lainnya semua tersedia disini,” katanya, Selasa (19/06/2018).

Dirinya menjelaskan, produk kerajianan miliknya sudah masuk dalam pasar luar Kotamobagu.

“Di Kotamobagu hanya ada disini satu-satunya kerajinan yang dijual, sehingga dari luar kotamobagu pun berbondong-bondong datang membeli disini, apalagi menjelang lebaran banyak permintaan,” jelasnya.

Dari hasil penjualan kerajinan ini, lanjutnya, dirinya menyekolahkan anak-anaknya, sejak lama mendiang suaminya meninggal dunia.

“Harganya mulai dari 10 ribu rupiah hingga Enam Juta rupiah. Perbulannya bisa menghasilkan 3 hingga 5 juta rupiah. Yah, Alhamdulillah dari hasil penjualan ini, saya bisa menyekolahkan kedea anak saya ke Perguruan tinggi meski lama sudah suami saya meninggal,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kotamobagu Agung Adaty mengatakan, pemerintah terus mendorong produk-produk unggulan yang ada di Kotamobagu sebagai salah satu Icon kotamobagu.

“Ini sangat baik, menggali kreatifitas yang bernilai jual, mengingat peluang kerja dan banyaknya persaingan,” ujarnya.

Menurutnya, hal tersebut dapat menyedot wisatawan Lokal maupun luar kotamobagu untuk berkunjung ke kotamobagu.

“Tentu ini juga harus kita dorong sebagai bentuk kreativitas warga kotamobagu. Dengan adanya produk-produk seperti ini pastinya mampu menyedot wisatawan luar daerah untuk berkunjung ke Daerah yang kita cintai ini,” pungkasnya.

Peliput: Neno Karlina

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.