Panwas Boltim Bakal Tertibkan APK

0
16

TOTABUAN.NEWS, BOLTIM – Sejumlah Alat Praga Kampanye (APK) berupa baliho warga yang dinilai melanggar ketentuan Pemilihan Umum (Pemilu), bakal ditertibkan oleh Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Boltim.

Demikian dikemukakan, Komisioner Panwaslu Boltim Divisi Pengawasan, Ikal Salehe menegaskan, langkah awal pihaknya akan melakukan upaya persuasif dalam penegakan dan pengawasan aturan Pemilu.

“Kami akan koordinasi dengan partai dulu, jika tidak diindahkan maka APK yang bersangkutan kita cabut,” terangnya.

Ia menjelaskan, pelanggaran dalam pemasangan baliho warga yanya dilihat dari dua unsur. “Hanya dua yakni, pertama dalam tampilan baliho tidak menyertakan logo partai dan kedua nomor urut,” sebutnya.

Terpisah, Ketua Panwaslu Boltim, Hariyanto menambahkan, Panwas Boltim ingin menerapkan aturan dengan pola pendekatan. “Tentu banyak pertimbangan jika kita langsung eksekusi. Sehingganya, kita ingin semua bakal caleg patuhi aturan. Jika langkah pendekatan aturan tidak diindahkan maka kita terapkan dengan langkah prevenrif,” tegasnya.

Ia mengaku Pemilu bisa dilakukan oleh seluruh unsur masyarakat. “Siapa saja yang mendapati pelanggaran dan cukup bukti, pasti kita proses,” tutupnya.

Peliput: Gow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.