Program ‘Lababa’ Puskesmas Nuangan Memukau di Pameran MTC

0
130

TOTABUAN.NEWS, TUTUYAN – Pameran inovaso publik Manado Town Square (MTC) banyak diminati oleh berbagai daerah. Pameran yang digelar selama 3 hari dari  tanggal 4 hingga 6 Juli 2018 tersebut, memacu kreativitas Pemerintah daerah dalam pelayanan publik. Salah satunya adalah Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

Diikuti oleh seluruh kabupaten di Provinsi sulawesi utara, pameran menampilkan berbagai inovasi yang telah dilaksanakan di setiap daerah.  Stand-stand dari berbagai perwakilan daerah di Sulawesi Utara juga menunjukkan keunggulan daerahnya. Sehingga pengunjung bisa mengetahui potensi yang dimiliki berbagai daerah.

Untuk kabupaten Boltim, produk inovasi unggulan adalah Program Lababa (Lahir Bayi Bawa Akte). Gagasan inovatif tersebut pertama kali di usulkan oleh puskesmas Nuangan. Menurut kepala Dinas Kesehatan Boltim Eko Marsidi, program ini bertujuan untuk menarik minat dari ibu untuk bersalin di fasilitas pelayanan kesehatan dengan di tolong oleh tenaga kesehatan. “Dan untuk 2018 sudah di ikuti di semua Puskesmas Di Kabupaten Bolaang mongondow Timur,” ujarnya.

Lanjut Marsidi, Lababa merupakan program yang digagas atas kerjasama lintas sektoral yaitu pemerintah desa, kecamatan, tokoh masyarakat dan dinas catatan sipil. “Setelah melakukan persalinan dan perawatan di Puskesmas ibu akan langsung mendapatkan akte kelahiran dari anak tersebut. Dalam kurun waktu tahun 2017-2018 sebanyak 339 bayi yang telah mendapatkan program ini,” katanya.

Marsidi berharap, Program inovasi ini mampu menurunkan angka kematian neonatal, bayi dan ibu serta meningkatkan kunjungan ibu bersalin ke fasilitas pelayanan kesehatan. “Serta dapat menjadi motivasi daerah lain dalam peningkatab pelayanan prima pada masyarakat,” tutup Marsidi.

 

Konni Balamba

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.