Bupati Bolmong Letakkan Batu Pertama Pembangunan Terminal Tipe A

0
67

ADVETORIAL, BOLMONG – Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Dra. Yasti Soepredjo Mokoagow, Rabu (8/8/18) melaksanakan peletakkan batu pertama pembangunan Terminal Tipe A, di Desa Dulangon, Kecamatan Lolak.

Dalam kegiatan itu, Bupati Yasti turut didampingi, Sekretaris Daerah (Sekda) Tahlis Gallang, para Asisten dan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Bolmong, Ashari Sugeha, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), ASN di lingkup Pemkab Bolmong, Forkopimda, jajaran Balai Transportasi Darat Provinsi Sulut, Sangadi serta masyarakat.

Bupati Bolmong dalam sambutannya menyampaikan, target pembangunan terminal multifungsi yang dianggarkan melalui Dana APBN sebesar Rp60 miliar dapat selesai dengan secepatnya.

“Tahun ini telah dianggarkan sebesar Rp 4,5 miliar untuk pematangan lahan dan pembangunan pagar. Untuk penganggaran tahun depan masih menunggu pembahasan anggaran tingkat Kementerian,” kata bupati Yasti.

Pihak Pemkab juga, nantinya akan membuka ruang kepada pengusaha lokal untuk memanfaatkan area terminal di atas lahan seluas 9,5 hektare agar difungsikan sebagai pusat bisnis.

“Kita akan menggandeng pengusaha lokal di lahan pembangunan Terminal. Mudah-mudahan keberadaan terminal dapat meningkatkan roda perekonomian masyarakat Kabupaten Bolmong, khususnya di Kecamatan Lolak ini,” katanya.

Sementara itu, Kepala Balai Pengelolah Transportasi Darat Wilayah XXII Hanjar Hermawan menambahkan, luas bangunan terminal 5.700 meter persegi. Dilengkapi tempat parkir pengunjung, tempat pemeriksaan kendaraan dan tempat pemberangkatan bus untuk Angkutan Antar Provinsi (AAP), Angkutan Antar Daerah (AAD) serta ada juga untuk kendaraan roda empat jenis mikrolet, yang pasti terminal di bolmong ini adalah terminal termegah di Sulut. Dan direncanakan akan dibuat dengan tiga zona. Sehingga kata dia, hanya penumpang yang telah memiliki karcis yang bisa masuk ke zona dua dan tiga. Sementara untuk masyarakat umum hanya bisa masuk ke zona satu.

“Ada lebih dari sepuluh tempat loket, dan ada juga pelayanan tiket secara online karena mengingat sekarang masyarakat suka memesan tiket secara online. Terminal ini juga dilengkapi ruang tunggu penumpang yang sangat nyaman,” katanya.

Peliput: Ebby Makalalag

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.