September, Dandim 1303 Maksimalkan Perampungan Cetak Sawah Wilayah BMR

0
63

TOTABUAN.NEWS, KOTAMOBAGU – Perampuangan TNI mendukung dan membantu pemerintah mewujudkan program cetak sawah, di wilayah Bolaang Mongondow Raya (BMR), guna swasembada dan peningkatan produksi pangan, akan dirampungkan pada bulan September mendatang. Hal ini dikatakan Komandan Kodim (Dandim) 1303 BM, Letkol Inf Sigit Dwi Cahyono, S.sos saat memberikan sambutan selamat datang, pada kegiatan Tanam Perdana Cetak Sawah, di Desa Pusian, Kecamatan Dumoga, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Senin, (27/08/2018).

“Untuk wilayah Bolmong, setelah ini (wilayah Dumoga), kita akan ke wilayah lainnya, yaitu Lolak. Setelah itu, mungkin pertengahan (September), kita akan ke Bolmut, insyaallah akhir September sudah selesai” kata Dandim.

Menurutnya, kegiatan ini adalah komitmen TNI dalam turut serta mendorong kesejahteraan masyarakat.

“Kami siap membantu, termasuk juga untuk membuat saluran irigasi, untuk pengairan sawah. Tentunya, melalui pemberitahuan dan konfirmasi dinas terkait,” ujar Dandim.

Dirinya berharap, dengan program ini, petani, khususnya yang ada di Dumoga, bisa menjadikan Bolmong produksi dan lumbung pangan terbesar.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan mendorong terlaksananya program kegiatan ini. Semoga ini bisa meningkatkan kesejahteraan petani yang ada,” pungkasnya.

Terpisah, Bupati Bolmong, Dra Yasti Soepredjo Mokoagow, melalui Asisten II Pemerintahan, Yudha Rantung mengatakan, Dumoga Bersatu adalah adalah lokasi sentra produksi.

“Dengan 80 persen penduduknya adalah petani, dan ditopang lahan yang strategis,
Dan tersebar di beberapa daerah di Bolmong, termasuk Lolak dan sebagian Sang Tombolang,” kata Rantung.

Program ini, tambah Rantung, sudah berlangsung sejak tahun 2016 lalu.

“2016 sampai sekarang. Ini program yang akan terus dikembangkan dan dikontrol langsung penggunaannya. Apalagi Bolmong baru mendapat bantuan Alsintan dari Kementrian Pertanian. Ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin, apalagi ini mendapat respon dan dukungan dari TNI,” pungkasnya.

Peliput: Neno Karlina

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.