Mbak Sri Penjual Tahu Keliling Kotamobagu yang Melegenda

0
38

TOTABUAN.NEWS, KOTAMOBAGU – Siryani (63) atau yang lebih dikenal dengan Mbak Sri, warga Kelurahan Mongondow, Kecamatan Kotamobagu Selatan, adalah penjual tahu tempe keliling yang populer di Kotamobagu.

Betapa tidak, nenek asal Lumajang, Jawa Timur ini, sudah puluhan tahun, sejak memutuskan ikut suami dan menetap di Kotamobagu, mulai menjajakan tahu tempe keliling dengan berjalan kaki.

Kepada TOTABUAN.NEWS dirinya mengatakan, dari hasil usahanya, yang kini mulai dikelolah anaknya, dirinya bisa menyekolahkan anak, dan menguliahkan cucu-cucunya, bahkan hingga bisa menunaikan ibadah haji.

“Iya, memang ini sudah lama sekali. Orang mbaknya masih kecil, sekarang sudah kerja. Kalau tidak salah dari anak saya umur 5 tahun dan sekarang sudah 40 tahun, bahkan cucu saya ada yang sudah selesai kuliah, dan sekarang ada juga yang sedang kuliah,” katanya, Selasa (25/09/2018).

Menurutnya, ketekunan dan konsistensi adalah modal utama dalam menjalankan usahanya sehingga bisa berkembang.

“Ya kan, kadang orang inginnya langsung yang besar. Asal tekun dan sabar. Tidak patah semangat, dan tahu menyesuaikan, Antara pemasukan dan pengeluaran. Kini bahkan dari hasil jualan tahu tempe, saya sudah mulai bisnis beras, dan kini menjalankan bisnis gas,” jelasnya.

Meski usahanya berkembang pesat, dan bisa dikatakan berhasil, Mbak Sri masih tetap memilih berjualan dengan jalan kaki.

“Anggaplah olahraga. Mungkin karena setiap harinya jalan kaki julanan, alhamdulilah sekarang jarang sakit, fisik tetap kuat, karna kan badan tetap gerak. Anak-anak maunya saya tidak jualan lagi, cuma ya kan biasa kerja, walau sudah nenek, gak enak rasanya kalau hanya duduk-duduk saja, ya sekalianlah jalan-jalan dan menghibur diri,” ungkapnya.

Peliput: Neno Karlina

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.