Pemkot Kotamobagu Bersama Instansi Terkait Gelar Deklarasi Damai Pileg dan Pilpres 2019

0
116

ADVERTORIAL, KOTAMOBAGU – Jelang pemelihan Anggota Legislatif, pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019, Pemerintah Kota (Pemkot)Kotamobagu bersama Polres Bolaang Mongondow (Bolmong), menggelar Deklarasi Pemilu Damai 2019, di Lapangan Boki Hotinimbang, Selasa (18/09/2018).

Deklarasi dimulai pukul 09.30. Diawali dengan pembacaan puisi dari Saka Bayangkara Polres Bolmong Tiara Kabaderan, selanjutnya pembacaan doa oleh Ketua MUI Kotamobagu Yusuf Dani Pontoh, dan dilanjutkan dengan Pembacaan Ikrar Pemilu Damai 2019.

Dalam sambutannya, melalui Sekertaris Kota (Sekkot) Adnan Masinae, Walikota Kotamobagu, Ir Hj Tatong Bara, mengatakan, deklarasi ini merupakan wadah dan upaya untuk mewujudkan pelaksanaan Pemilihan Umum yang aman, damai berkualitas, serta bermartabat.

“Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa pelaksanaan pemilihan umum merupakan sebuah sarana untuk mewujudkan kedaulatan rakyat berdasarkan Pancasila sebagaimana yang telah diamanatkan dalam Undang-Undang Dasar Tahun 1945,” kata Walikota.

Menurut Walikota, suksesnya pemilihan umum, tidak lepas dari salah satu unsur penting yaitu partisipasi dari seluruh elemen masyarakat.

“Partisipasi masyarakat yang saya maksudkan, tidak hanya sebatas tentang partisipasi masyarakat yang memberikan hak suaranya pada saat hari pemilihan nanti, namun juga tentang bagaimana partisipasi dari seluruh masyarakat dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban selama berlangsungnya pemilihan di daerah ini,” ujar Walikota.

Walikota mengimbau, agar masyarakat dapat menyalurkan hak-hak politik.

“Namun hal yang paling penting serta harus diutamakan adalah bagaimanan agar nilai-nilai kebersamaan, persatuan dan kesatuan khususnya diwilayah Kota Kotamobagu yang selamah ini telah terbina dengan sangat baik, dapat terpelihara, baik itu sebelum maupun sesudah pelaksanaan pemilihan Anggota Legislatif maupun pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019 mendatang,” imbuh Walikota.

Pantauan TOTABUAN.NEWS, usai pembacaan sambutan Walikota, deklarasi ini dilanjutkan dengan penandatanganan Baliho Deklarasi Pemilu Damai 2019 oleh Pejabat Forkopimda, Bawaslu, KPU, Perwakilan Partai Politik serta Tokoh Agama.

Selanjutnya dilaksanakan Kirab dengan berjalan kaki menuju Bundaran Paris yang dipimpin langsung Kapolres Bolmong, AKBP Gani Fernando Siahaan.

Turut hadir, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kotamobagu, Pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Bawaslu Kotamobagu, KPU Kotamobagu, jajaran Polres Bolmong, Kodim 1303 Bolmong, Partai Politik, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, ASN, dan Linmas.

Peliput: Neno Karlina

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.