Berita Gunung Soputan Meletus Hanya Hoax

0
230

TOTABUAN.NEWS, MINAHASA – Masyarakat Sulawesi Utara (Sulut) Rabu (03/10) hari ini dihebohkan dengan informasi meletusnya gunung soputan di daerah Minahasa. Informasi tersebut diunggah oleh salah satu pengguna Akun Fecebook yang memberikan himbauan kepada masyarakat dan keluarga terkait meletusnya Gunung Soputan.

Dalam status akun ini bertuliskan pesan. “Gunung Soputan Sulawesi Utara hari ini meletus 8.47 wita mari kita doa akan saudara saudara kita selamat dari marabahaya”

Namun Unggahan yang ditayangkan oleh akun ini, bukan Video yang sebenarnya digunung minahasa (Gunung Sopotan). Akun tersebut justru menampilkan Video gunung meletus yang bukan gunung Soputan. Menariknya juga, informasi tersebut langsung diberitakan oleh sejumlah media online di Bolmong Raya.

Namun di sisi lain, tak benarnya informasi gunung soputan meletus diungkapkan salah satu warga di wilayah Minahasa Selatana Ferry Sariowan. Kepada Totabuan News, Ferryy yang merupakan warga Amurang mengungkapkan kalau informasi gunung meletus tak benar. “Kalau kampung kami disini berdekatan dengan lereng gunung soputan. Memang tadi ada semburan, tapi bukan meletus,” jelas Ferry.

Memang kata Ferry, semburan itu rutin terjadi dalam setiap tahun, tapi sudah menjadi hal biasa. “Biasanya setahun dua atau tiga kali terjadi, tapi bukan meletus, sehingga kami sudah terbiasa,” katanya.

Ferry beraharap masyarakat Sulut jangan langsung percaya atas informasi tersebut.

Sementara itu, salah satu aktivis mantan Ketua HMI BMR Windiarto Entebone menyayangkan postingan hoax gunung soputan meletus. “Ini bisa menimbulkan keresahan masyarakat yang ada disekitar gunung soputan, bahkan keluarga yang jauh tinggal diluar daerah,” terang Windi.

Selain itu, windi berharap pihak berwajib untuk segera menindak lanjuti terkait penyebaran informasi Video Hoax yang disebarkan, terkait meletusnya gunung soputan tidak sersuai dengan fakta

“Pihak berwajib dalam hal ini Polda Sulut, agar segera menindak penyebaraan informasi yang tidk benar (Hoax) agar tidak menimbulkan keresahan di tengah-tengah masyarakat yang saat ini ada diwilayah kejadian bencana gunung meletus”, tegas Windi.

 

Konni Balamba

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.