Bupati Bolmong Buka Kegiatan Workshop UP2K PKK

0
43

TOTABUANEWS, BOLMONG – Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Dra Hj Yasti soepredjo Mokoagow, Rabu (10/10/2018) membuka kegiatan workshop Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK bagi kader-kader PKK se-Kabupaten Bolmong, yang dilaksanakan di D’lolak Restaurant, Desa Lolak.

Bupati dalam sambutannya menyampaikan gerakan PKK adalah gerakan yang diprakarsai oleh ibu-ibu yang tergabung dalam tim penggerak PKK, dan mempunyai peranan penting dalam memberdayakan ekonomi keluarga.

“Tujuan utama gerakan PKK adalah mewujudkan keluarga sejahtera, yaitu keluarga yang mampu menciptakan keselarasan, keserasian dan keseimbangan serta kemajuan dalam keluarga,” ujar bupati.

Lanjutnya, Untuk dapat mencapai tujuan utama dari gerakan PKK tersebut, yaitu dengan melaksanakan sepuluh program pokok, dimana salah satu diantara 10 yakni pengembangan kehidupan berkoperasi, berupa penumbuhan kesadaran keluarga dalam peningkatan taraf hidup keluarga, melalui kehidupan berkoperasi dan pengembangan ekonomi lainnya.

“Untuk menindaklanjuti program pengembangan kehidupan berkoperasi, maka tim penggerak PKK Kabupaten Bolmong melaksanakan workshop usaha peningkatan pendapatan keluarga atau UP2K, sebagaimana yang diamanatkan dalam peraturan presiden nomor 99 tahun 2017 tentang gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga,” kata Mokoagow.

Program UP2K adalah, salah satu program pemerintah dalam bidang pemberdayaan perempuan, yang berupaya mengangkat status dan peran perempuan dari ketidakmandirian secara ekonomi, dengan memberikan kemampuan atau kekuatan bagi kaum perempuan untuk lebih mandiri, dengan menumbuhkembangkan berbagai potensi yang ada pada individu masing-masing.

“Tujuan utama dari workshop up2k ini adalah membina dan mengembangkan kegiatan usaha keluarga baik itu dalam kelompok atau perorangan, sehingga secara bertahap mampu menjadi wiraswasta yang memungkinkan timbulnya kegiatan yang bersifat koperatif,” tukasnya.

Selesai pembukaan workshop tersebut Bupati Bolmong, menyerahkan trophy juara ketiga, lomba penyuluhan up2k tingkat provinsi sulut dalam rangka HUT Provinsi Sulut ke-54 tahun 2018.

Dimana tim penggerak PKK Kabupaten Bolmong meraih juara ketiga dari 15 Kabupaten/Kota se-Provinsi Sulut. Acara tersebut juga turut dihadiri walikota Kotamobagu, Ir Hj Tatong bara.

Peliput: Ebby Makalalag

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.