Kembangkan Kreatifitas, Perempuan Kotobangon Mulai Diberdayakan Lewat Vas Karpet

0
47

TOTABUAN.NEWS, KOTAMOBAGU – Sejumlah perempuan di Kelurahan Kotobangun, Kecamatam Kotamobagu Timur, Kota Kotamobagu, mulai didorong untuk membentuk kelompok usaha Vas Bunga. Hal ini berawal sejak, mulai berhasilnya Farida Ginoga (42), mengembangkan usaha pembuatan Pot, dan Vas Bunga.

Kepada TOTABUAN.NEWS, Rabu (17/10/2018), perempuan dua anak ini mengatakan, awal usaha ini tidak lepas dari dorongan suaminya, Alfian Mamonto (38), dan terinspirasi dari hobinya menanam bunga.

“Saya mau beli pot bunga, namun suami melihat tutorial membuat pot dan vas di ‘Youtube’ dan kami coba. Eh, ternyata. Banyak orang yang tertarik dan bahkam ada yang langsung memesan dua belas buah pot sekaligus, dan karena Pala’ (Kepala Lingkungan) mendorong, dan bahkan membantu modal kami, hingga usaha ini seperti sekarang,” jelas perempuan yang kerap disapa mama Aldi.

Dirinya menjelaskan, suami yang berprofesi sebagai penambang, membuatnya harus mampu membuat Vas Karpet ini sendirian.

“Iya, suami kerja. Lagipula, ini sangat mudah dikerjakan, bahan-bahannya juga tidak terlalu sulit didapatkan, hanya semen, karpet atau handuk, dan cat saja. Dan bisa membantu perekonomian. Dalam sehari juga bisa memproduksi 6 atau 7 Vas yang siap dipasarkan,” ujarnya.

Saat ini, dirinya agak kesulitan memasarkan produknya, meski produknya sudah terjual sampai keluar Kotamobagu.

“Iya, kalau Vas dari Rp. 30.000,- sampai ratusan. Tergantung besar kecilnya. Kalau Pot Bunga, dari Rp. 50.000,- sampai yang termahal itu ratusan rupiah juga. Saat ini baru sekitar BMR saja yang membeli. Makanya, saya berharap pemerintah bisa memperhatikan hal ini, termasuk juga bisa memberi bantuan dana,” harapnya.

Dirinya menambahkan, saat ini beberapa perempuan di Kotobangun, mulai membentuk kelompok dan membuka usaha serupa, saat ditinggal suami kerja.

“Ini memang sedang dilakukan. Kami membentuk kelompok usaha, sehingga ketika suami bekerja, kita para istri juga memiliki aktifitas, yang bisa menghasilkan, ini juga adalah salah satu program yang di dorong Pemerintah Kelurahan,” pungkasnya.

Diketahui, Vas Bunga Karpet, adalah pengembangan kreatifitas dengan cara memanfaatkan bahan bekas, namun seiring perkembangannya ini justru menjadi alternatif usaha. Cara membuatnya juga mudah, hanya membasahkan handuk, atau karpet jenis tertentu, lalu dicelupkan kedalam campuran air semen, dan dikeringkan hingga kemudian dicat.

Peliput: Neno Karlina

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.