Pemkot Kotamobagu Terus Dorong Pengelolaan Desa Berbasis IT

0
16

TOTABUAN.NEWS, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melalui Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Lurah/Sangadi se-Kota Kotamobagu, di Desa Bilalang I, Kecamatan Kotamobagu Utara, Kamis (11/10/2018).

Kepala Diskominfo, Ahmad Yani Umar, melalui Kepala Bidang (Kabid) Statistik, Komunikasi dan Informasi, Fahri Damopolii, menyampaikan memberi gambaran terkait Pembangunan Pedesaan Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.

“Bagaimana pelayanan pemerintahan yang dulunya menggunakan sistem konvensional tradisional, lalu ditransformasikan ke sistem pemerintahan berbasis digitalisasi, sudah merupakan tuntutan jaman,” jelasnya.

Menurutnya, pemerintah Desa/Kelurahan diberikan pemahaman, apa saja langkah yang harus ditempuh untuk melaksanakan transformasi ke sistem digital ini.

“Mulai dari kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM), sarana dan prasarana infrastruktur, kelembagaan dan anggaran. Ini juga sejalan dengan visi misi Wali Kota dan wakil Wali Kota periode 2018-2023, terkait pemanfaatan TIK dalam pelaksanaan pemerintahan dan pelayanan masyarakat di tingkat Desa/Kelurahan. Dan ibu Walikota dalam beberapa kesempatan menegaskan bahwa aparat Desa/Kelurahan harus menguasai TIK untk mendukung tugas-tugas pemerintahan, pembangunan di tingkat Kelurahan Desa,” singkatnya.

Peliput: Neno Karlina

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.