Bupati Bolmong Sambut Baik Kedatangan Tim Surveyor Kementrian Kesehatan

0
48

TOTABUANEWS, BOLMONG – Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow, Kamis (06/12/2018) bertempat di D’Talaga Restaurant melakukan Pertemuan dengan Tim Surveyor Akreditasi Puskesmas Kementerian Kesehatan RI bersama dengan Jajaran Dinas Kesehatan Bolmong dan seluruh Kepala Puskesmas di Kabupaten Bolmong.

Dalam pertemuan tersebut, Bupati Bolmong menyampaikan ucapan selamat datang dan selamat bertugas di Kabupaten Bolmong kepada Tim Surveyor.

“Selamat datang  kepada tim yang akan melaksanakan tugas selama tiga hari dalam rangka mengakreditasi serta menilai keberadaan tiga Puskesmas yakni Puskesmas Imandi, Puskesmas Komangaan dan Puskesmas Poigar di Kabupaten Bolmong,” ujar bupati.

Bupati berharap mudah-mudahan kehadiran Tim Surveyor Akreditasi Puskesmas kali ini akan memberikan angin segar, motivasi serta dapat memberikan bimbingan bagi tenaga medis dan para medis yang ada di puskesmas.

“Ini untuk betul-betul meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” katanya.

Dijelaskan juga bupati, tahun lalu ada tiga puskesmas yang diakreditasi, bahkan Puskesmas Doloduo tahun 2018 ini memperoleh predikat puskesmas terbaik atas hasil akreditasi tahun 2017 lalu.

“Sehingga saya berharap jajaran Puskesmas Doloduo dapat membagi ilmu dan pengalaman kepada 17 Puskesmas lain di Kabupaten Bolmong,” tukas bupati.

Bupati pun meminta kepada Kepala Puskesmas dan jajarannya untuk melakukan perubahan pola pikir (mind set) dan jangan, selalu terpaku dan berada di zona yang nyaman dan harus mampu keluar dari zona nyaman.

“Kepada para Kepala Puskesmas agar jangan mau jadi kepala puskesmas kalau, tidak mampu memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik kepada masyarakat, karena visi kita saat ini adalah menuju Bolaang Mongondow Hebat termasuk hebat dalam bidang kesehatan,” tegasnya.

Sementara ketua Tim Surveyor Akreditasi Puskesmas Kementerian Kesehatan RI, Bapak Putut Harijanto  SKM M Kes, dalam sambutannya mengatakan. Mengapresiasi kepada Bupati Bolmong yang sangat peduli dan perhatian terhadap pembangunan kesehatan.

“Tim Surveyor akan memenuhi apa yang menjadi harapan Bupati Bolmong karena salah satu kewajiban Tim Surveyor adalah harus bisa memberikan bimbingan dan nasehat kepada para kepala puskesmas, dalam meningkatkan mutu dan kinerjanya, karena tugas kita disini bukan hanya menilai yang kurang tetapi harus memberikan solusi terhadap kekurangan-kekurangan yang ada, termasuk kelengkapan administrasi dan regulasi yang ada,” kata Putut.

Putut Harijanto memberikan contoh kekurangan dari segi administrasi, dimana terdapat banyak Surat Keputusan (SK) yang tidak ditandatangani.

“Tidak diberi tanggal atau tidak di bubuhi stempel dan tidak di cap, hal ini kelihatannya sepele tetapi jika dilihat dari keabsahannya  maka hal ini menjadi kekurangan tersendiri dan mempengaruhi hasil akreditasi nanti,” ujarnya.

Di akhir sambutannya, Putut Harijanto menyampaikan ucapan terima kasih atas penyambutan dan fasilitas yang telah dan akan diberikan kepada Tim Surveyor, seraya berharap hasil dari akreditasi 3 Puskesmas nanti bukan hanya predikat tingkat madya, tetapi memperoleh predikat yang sempurna.

Peliput: Ebby Makalalag

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.