Tersiar Kabar Akan Terjadi Tsunami, Ribuan Warga Boltim Mengungsi

0
4695

TOTABUAN.NEWS, BOLTIM – Ribuan warga Desa Kotabunan bersatu dan Desa Bulawan bersatu Kecamatan Kotabunan, Kebupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), mengungsi ke wilayah perbukitan jalan antara Desa Bulawan dan Desa Buyat, karena termakan informasi akan terjadinya tsunami. Pada Jumat (28/12).

Padahal hingga kini, tak ada informasi resmi dari BMKG terkait peringatan akan terjadinya tsunami di wilayah tersebut. 

Kepala Markas PMI Boltim. Indra Gaib mengatakan” tsunami terjadi karena ada gempa bumi yang berkekuatan 7 skala ricer, sementara di wilayah ini tidak ada gempa jadi masyarakat jangan panik atau termakan dengan isu yang beredar di media sosial (medsos),”terangnya.

Ia juga menjelaskan “Ombak yang terjadi ada di wilayah laut sulawesi. Sedangkan laut yang ada di Kotabunan dan Bulawan adalah laut Maluku jadi jangan mudah percaya dengan isu tersebut,”jelasnya. 

Sementara salah satu warga Desa Bulawan Rusdi mengaku, masyarakat menerima informasi dari mulut ke mulut yang berasal dari media sosial, kemudian memunculkan reaksi ketakutan sehingga mereka memilih mengungsi. Berdasarkan informasi yang ia peroleh, tsunami akan melanda wilayah ini. (Za)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.