Hore! Kabar Baik Untuk Suku Sangihe, Kegiatan Adat Tulude di Boltim Bakal Didanai Pemerintah

0
84

TOTABUAN.NEWS, BOLTIM – Masyarakat etnis Nusa Utara yang berada di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), tentu harus bebangga diri. Pasalnya, pemerintah daerah (Pemda) Boltim berencana kedepan akan menganggarkan kegiatan adat Tulede di Boltim. Hal itu terungkap dari pernyataan Bupati Boltim Sehan Salim Landjar saat hadir pada upacara Adat Tulude yang dilaksanakan di desa Dodap Pantai Kecamatan Tutuyan.

Dimana acara adat Tulude itu selain Bupati, juga dihadiri Ketua PKK Boltim Ibu Nursiwin Landjar Dunggio, Wakil Bupati Boltim Rusdi Gumalangit bersama Wakil Ketua PKK Titiek Susanti Gumalangit Mamonto, serta Putri dari Bupati Boltim Amalia S Landjar.

“Agenda rutin tahunan dari pemerintah daerah ini, kedepan akan didanai melalui dinas terkait, agar masyarakat etnis Nusa Utara di Boltim tidak grasak-grusuk lagi dengan persoalan dana. Akan ditata melalui Dinas Pariwisata untuk dana agenda tahunan upacara adat Tulude,” kata Bupati dalam sambutannya.
Lebih lanjut kata Bupati, Tulude jangan hanya bersifat seremonial sebagai penggugur kewajiban pelaksanaan prosesi adat saja. “Setelah Tulude dilaksanakan kita harus menjaga kebersamaan dan persaudaraan sesuai dengan maknanya,” tuturnya.

Ia berharap, setelah dilaksanakan upacara tersebut, hubungan antara masyarakat dan pemerintah akan semakin erat.”Setelah ini saya harapkan hubungan seluruh masyarakat dan pemerintah semakin erat dan begitu juga dengan masyarakat bersama masyarakat sebagai pemaknaan dan mengejawantahkan makna dari Tulude,” kata Bupati.

Diakhir sambutannya, ia mengapresiasi pelaksanaan Tulude oleh etnis Nusa Utara di Boltim.”Atas nama pemerintah memberikan apresiasi atas pelaksanaan adat Tulude,” tandasnya.

Diketahui, kegiatan yang bertema ‘Budaya Menyatukan Rasa Persaudaraan Berdasarkan Nilai Pancasila dan UUD 1945’ itu, diawali dengan pembacaan sejarah singkat dan makna pelaksanaan Tulude oleh panitia dari masyarakat Dodap Pantai, dilanjutkan dengan upacara Menahurending Banuang dan prosesi pemotongan kue Tamo oleh Juan Tapahing.

Peliput : Za

Editor : Konni Balamba

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.