Sekda Bolmong Terima Mahasiswa KKN

0
84

ADVETORIAL, BOLMONG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Tahlis Gallang, SIP MM Senin (04/02), mewakili Bupati Bolaang Mongondow menerima dengan resmi Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019 Universitas Negeri Manado (UNIMA). Diketahui kegiatan KKN oleh mahasiswa Unima di Kabupaten Bolaang Mongondow berlangsung selama kurang lebih 3 pekan, dimulai tanggal 04 Februarisampai dengan 25 Februari mendatang. Para mahasiswa akan disebar di 13 Desa yang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow.Dosen Pembimbing Lapangan Mahasiswa KKN Universitas Negeri Manado, Doktor Meike Imbar, M Pd dalam laporannya mengatakan awal Bulan Februari 2019 ini menjadi momen penting bagi kami Universitas Negeri Manado. Dimana pihak UNIMA pada semester VI ini menerjunkan sekitar 1.674 orang mahasiswa termasuk di Kabupaten Bolaang Mongondow.“Hal ini bertujuan untuk mendekatkan mahasiswa kepada kehidupan keseharian masyarakat dan pemerintah serta memberikan bantuan sepenuhnya untuk melancarkan program pemerintah desa kepada masyarakat,” ujar Meike.

Mieke mengatakan atas nama Rektor UNIMA dan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada Bupati Bolaang Mongondow melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow atas penyambutan yang begitu hangat dan bersahabat.“Mahasiswa KKN UNIMA kali ini yang ditempatkan di Kabupaten Bolaang Mongondow sebanyak 125 orang yang tersebar di 13 Desa di Kabupaten Bolaang Mongondow,” ujar dia.

Mieke berharap kiranya Sangadi di 13 Desa yang akan ditempati oleh Mahasiswa KKN dapat membantu, mengarahkan dan membina Mahasiswa KKN UNIMA selama melaksanakan kegiatan KKN di desa. “Sebagian besar Mahasiswa KKN kali ini berasal dari Kabupaten Bolaang Mongondow, sehingga dengan harapan agar dapat memanfaatkan kegiatan KKN ini dengan sebaik-baiknya, sekaligus berharap semoga semangat Mototompiaan, Mototabian Bo Mototanoban dari masyarakat desa lokasi pelaksanaan KKN menjadi daya dorong untuk melaksanakan KKN dengan sukses demi kemaslahatan masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow sebagaimana yang kita harapkan bersama,” harapnya.

Sementara, Sekda Bolmong Tahlis Gallang dalam sambutannya mengatakan atas nama Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow menyambut baik pelaksanaan KKN UNIMA, sekaligus menyampaikan terima kasih karena sudah beberapa tahun berturut-turut Kabupaten Bolaang Mongondow selalu mendapat penghormatan ditunjuk sebagai tempat pelaksanaan KKN. “Hal ini merupakan berkah bagi kami selaku Pemerintah Kabupaten, karena berkaca dari pengalaman yang lalu-lalu, setiap pelaksanaan KKN pastinya selalu meninggalkan hal-hal yang positif bagi masyarakat, karena ada beberapa desa lokasi pelaksanaan KKN UNIMA Tahun 2018 lalu, sampai hari ini masih mengembangkan apa yang telah diajarkan oleh Mahasiswa KKN UNIMA tahun lalu,” kata Sekda.

Sekda yakin mahasiswa KKN UNIMA kali ini juga akan meninggalkan hal-hal positif bagi masyarakat lokasi pelaksanaan KKN. “Mahasiswa KKN UNIMA yang berasal dari Daerah Bolmong Raya pasti rasa memilikinya lebih tinggi sehingga pengabdiannya pun harus tinggi karena melaksanakan KKN di kampung halamannya sendiri,” ujar Sekda.

Lanjut Sekda, bagi Mahasiswa KKN yang mendapatkan lokasi di desa terpecil, justru akan lebih berkesan dan jadi tantangan tersendiri bila dibandingkan dengan lokasi yang hanya seputaran Ibukota Kabupaten Bolaang Mongondow. Sebab,  Mahasiswa KKN yang berada di desa terpencil lebih cepat beradaptasi, bersosialisasi dan berinteraksi dengan masyarakat desa itu sendiri karena masyarakatnya cenderung lebih kreatif dan inovatif bila dibandingkan dengan desa yang lebih dekat dengan pusat kota. “Tinggalkanlah hal-hal yang positif karena Kabupaten Bolaang Mongondow saat ini sedang giat-giatnya melaksanakan proses pembangunan, dimana Mahasiswa KKN UNIMA merupakan agen-agen pembangunan dan merupakan generasi masa depan penerus bangsa ini,” katanya.

Di akhir sambutannya, Tahlis Gallang mengatakan terhitung mulai Rabu, Tanggal 6 Februari 2019 akan digelar Musrenbang Tingkat Kecamatan. “Selaku pemerintah sangat berharap Adik-Adik Mahasiswa KKN dapat terlibat langsung dalam pelaksanaan Musrenbang Kecamatan tersebut sekaligus belajar dan memperbaiki beberapa aspirasi masyarakat yang telah diusulkan melalui Musrenbang Desa, karena anggaran yang ada di APBD harus diusulkan melalui Musrenbang, lebih mengarah kepada paradigma kebutuhan masyarakat,” tambahnya. “Banyak ilmu yang tidak diperoleh secara teori waktu di bangku kuliah, tetapi dapat diperoleh di tempat melaksanakan KKN, sehingga di tahun-tahun selanjutnya, Kabupaten Bolaang Mongondow akan selalu menjadi tempat pelaksanaan Mahasiswa KKN UNIMA,” tutup Sekda.

Penerimaan Mahasiswa KKN UNIMA Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow turut dihadiri oleh Koordinator Wilayah Mahasiswa KKN UNIMA, Doktor Anuardin Mokoagow, M Kes, beberapa Dosen Pembimbing Lapangan diantaranya Ibu Doktor Meike Imbar, M.Pd, Drs. Djallan Mansur, M.Pd, Doktor Tini Mogea, M.Hum, Anita Kambey, SE, MM, Navel Mangelep, S.Pd, M.Pd dan Drs. Fat Runtu, M.Kes.

Sementara dari Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow turut dihadiri oleh Asisten Administrasi Pemmerintahan Daerah, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Staf Ahli Bupati serta Para Kepala Dinas/Badan/Bagian serta Pejabat Pengawas dan Pelaksana di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow.

 

Konni Balamba

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.