Umat Tridharma Yakini Sembahyang Ciong Bersihkan Kesialan

0
254

TOTABUAN.NEWS, KOTAMOBAGU – Dalam menyambut hari keagamaan umat Cap Go Meh bagi umat Tridharma, yang jatuh tepatnya 19 Febuari 2019, Umat Tridharma Kotamobagu mendatangi klenteng Tian Shang Sheng Mu di kelurahan Mongkonai belum lama ini.

Hal itu guna memanfaatkan waktu melakukan sembahyang ciong, yang diyakini bisa mencegah kesialan selama setahun ke depan, serta membersihkan diri dari kesialan-kesialan yang diperoleh setahun belakangan. “Ada beberapa shio yang diyakini mengalami ciong atau kesialan, yaitu shio monyet, babi, ular dan macan, ke shio empat ini harus sumbang ciong artinya meminta berkat kelancaran usaha, keselamatan diri kita serta dijauhkan dari segala macam kesialan, Karena shio  di yakini bisa  memengaruhi peruntungan dan kesialan pada tahun babi tanah  ini,”  kata Ko Benny, Rabu (13/2/2019).

Sementara itu Ko Seng menambahkan, Shio yang mengalami ciong kecil adalah shio tikus, kuda dan anjing, dan bagi umat yang miliki shio tersebut tidak perlu lakukan sembahyang ciong, hanya sembahyang biasa untuk memohon sukses dan lancar kegiatan Cap Go Meh nanti. “Bagi yang tidak sembahyang ciong bisa sembahyang biasa untuk meminta kelancaran buat hari raya Cap Go Meh,” jelas Ko Seng

Pantauan, sebelum sembahyang umat menyiapkan sesajian yang ditaruh di meja yang akan dipersembahkan ketika melakukan sembahyang ciong. Dalam rangkaian prosesi sembahyang yang dimulai sejak pukul 20.00 dilanjutkan dengan latihan tambur yang diikuti syair-syair lagu pujian.

 

Konni Balamba

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.