HUT Bolmong ke 65 Jadi Momentum Untuk Berbenah

0
27

ADVETORIAL, BOLMONG – Tepat pada 23 Maret 2019, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) genap usia 65 tahun. Dalam merayakan HUT ke 65 tersebut, berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemkab Bolmong. Dan pada hari ini 23 maret adalah puncak peyaraan HUT Kabupaten.

Pantauan Totabuan News, upacara peringatan HUT Bolmong ke 65 dilaksanakan di halaman kantor Bupati Bolmong, di Desa Lalow Kecamatan Lolak berlangsung khidmat. Turut hadir Bupati Bolmong Dra Hj Yasti S Mokoagow, Wakil Bupati Bolmong Yanny Ronny Tuuk, jajaran Forkopimda, Sekda Bolmong Tahlis Gallang, jajaran anggota DPRD, para asisten, pimpinan SKPD, Camat, para kepala desa, para PNS, serta sejumlah elemen masyarakat.

Bupati Bolmong Dra Hj Yasti S Mokoagow dalam sambutan mengatakan, HUT Kabupaten tahun ini jadi momentum untuk terus berbenah. “Berbagai keberhasilan yang telah dicapai saat ini, sekaligus terbentang sejumlah tantangan dan permasalahan, yang harus menjadi catatan dan perhatian seluruh pelaku pembangunan di daerah ini,” ujar Bupati.

Kata Yasti, sebagai bagian dari bangsa yang tetap menghargai dan tidak melupakan sejarah, maka proses penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di Kabupaten Bolmong dimaknai oleh tetesan keringat, kerja keras dan perjuangan secara silih berganti para pemimpin yang telah memberikan kontribusi, bagi percepatan pembangunan di daerah tercinta ini.

Bupati menyampaikan penghormatannya dan terima kasih kepada para Bupati dan Wakil Bupati sebelumnya, serta para pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Bolmong sebelumnya, yang telah memberikan kontribusinya melalui kiprah dan karya nyata, dalam membangun dan memajukan Bolmong.

Bupati mengatakan, segenap komponen masyarakat di daerah ini pasti sepakat, bahwa dalam menatap masa depan Bolmong dengan sejumlah tantangan, permasalahan bahkan peluang yang akan mewarnai tugas dan tanggungjawab. Sinergitas dan komitmen bersama untuk membangun dan memberikan pelayanan yang terbaik sesuai bidang tugas masing-masing, demi peningkatan taraf hidup dan tingkat kesejahteraan masyarakat di daerah ini.

Oleh karena itu, peringatan HUT ke-65 Kabupaten Bolmong kali ini mengangkat tema “Dengan Semangat Hari Ulang Tahun ke-65 Kabupaten Bolaang Mongondow Tahun 2019, Kita Tingkatkan Disiplin dan Pelayanan Untuk Mendukung Peran serta Masyarakat Dalam Pembangunan, Guna Terwujudnya Bolaang Mongondow Cerdas, Hebat dan Maju”.

Tema tersebut kata Bupati, hendak mengajak seluruh komponen masyarakat Bolmong, untuk terus bekerja keras dalam membangun dan melayani dengan tujuan yang sama, mengangkat derajat dan eksistensi Bolmong sebagai daerah otonom yang dapat melahirkan inovasi positif, dengan tujuan mensejahterakan seluruh komponen masyarakat. “Momentum HUT ini, mari kita jadikan sebagai wahana untuk melakukan serangkaian evaluasi, atas apa yang telah kita laksanakan dalam berkontribusi, memberikan warna dan makna bagi perjalanan sejarah Kabupaten Bolaang Mongondow,” ungkapnya.

Bupati menambahkan, HUT ini kita semua dituntut untuk mengasah kepekaan dan kejelian, serta kemampuan membaca berbagai persoalan strategis, yang tengah dialami oleh daerah kita saat ini dan di masa depan, untuk kemudian kita jadikan agenda penting, dalam mewujudkan masa depan Bolmong yang lebih baik lagi.

Bupati mengatakan, ada beberapa tantangan terkait dengan pertumbuhan ekonomi, penanggulangan kemiskinan dan penciptaan lapangan pekerjaan di Bolmong. Dalam menghadapi tantangan tersebut, tentu kita tidak menutup mata terhadap dinamika pembangunan yang telah kita lalui selama ini yang masih sarat dengan berbagai tantangan, meskipun permasalahan daerah di berbagai sektor pembangunan telah kita selesaikan sedikit demi sedikit, sehingga kita dapat melihat bahwa perubahan itu ada, dan menghasilkan pertumbuhan positif bagi pembangunan di daerah tercinta ini.

“Semua keberhasilan yang telah kita raih merupakan hasil kerja keras dari semua komponen masyarakat yang ada di kabupaten bolaang mongondow, yang di dalamnya termasuk jajaran birokrasi baik yang ada di tingkat kabupaten, tingkat kecamatan hingga ke tingkat desa dan kelurahan, karena tanpa birokrasi yang kompeten, loyal dan profesional, maka prestasi pemerintahan tidak akan mungkin terukir indah, dalam sejarah perjalanan Kabupaten Bolaang Mongondow,” tutur Bupati.

Bupati juga mengatakan bahwa tidak lama lagi kita akan melaksanakan pesta demokrasi pemilihan Presiden dan Pemilihan legislatif. Bupati mengajak kepada kita semua lebih khusus masyarakat Bolmong, untuk mensukseskan pesta demokrasi lima tahunan ini dengan menciptakan suasana yang aman dan kondusif, dan tetap gunakan hak pilih dengan sebaik-baiknya serta jangan Golput.

Usai upacara peringati HUT ke 65 Bolmong, Bupati dan Wakil Bupati serta jajaran ikut dalam Paripurna DPRD yang dihadiri sejumlah tamu undangan.

Diketahui sebelum perayaan puncak HUT kabupaten, Pemkab Bolmong menggelar sejumlah kegiatan seperti, jalan sehat, pemilihan uyo-nanu Bolmong dan Zikir bersama  di rumah dinas Bupati Bolmong.

 

 

Konni Balamba

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.