Pemkot Upayakan 50 PKL Dapat Tempat Jualan Baru

0
32

TOTABUAN.NEWS, KOTAMOBAGU – Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperdagkop-UKM) lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu 2019 ini, akan mendapatkan dana sekitar Rp500 Juta yang berasal Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM).

Kepala Disperdagkop-UKM Herman Arai, mengatakan anggaran tersebut akan diperuntukkan pada pembangunan sarana dan prasarana Pedagang Kaki Lima (PKL) di eks Rumah Sakit Datoe Binangkang.“Kita akan peruntukan dana tersebut untuk pembangunan gedung yang nanti akan digunakan PKL untuk berjualan,” ujarnya, Jumat, (22/03/2019).

Menurutnya, dalam bangunan tersebut, pihaknya akan menempatkan sebanyak 50 PKL untuk berjualan di sana. “Kita akan upayakan lagi ke kementerian untuk penambahan bangunan baru lagi, agar PKL-PKL lain juga bisa terakomodir,” katanya.

Sebelumnya, pihaknya juga telah mengalokasikan dana sebesar Rp400 juta untuk pembangunan pusat kuliner di eks Rumah Sakit Datoe Binangkang tersebut. Namun, peruntukan dana tersebut hanya untuk pembongkaran gedung lama, pemasangan lampu dan pembuatan gedung toilet. “Kita sudah alokasikan dananya tapi hanya itu tadi. Kalau APBN gedungnya. Itupun gedung hanya 50 PKL yang bisa. Nah, kalau untuk tempatnya yang lain nanti dari pedagang sendiri yang sediakan,” jelasnya.

Ia berharap, pada bulan ini, dana tersebut sudah bisa disalurkan oleh Kementerian ke Pemkot. “Mudah-mudahan setelah itu baru anggarannya akan turun. dan Maret ini sudah ada dananya,” pungkasnya.

Neno Karlina

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.