106 Ikan Patin Jadi Bahan Dasar Utama Lomba Festival Kuliner

0
20
Kadis Pertanian dan Perikanan Kotamobagu, Muljadi Soratenodjo
TOTABUAN.NEWS, KOTAMOBAGU – Kepala Dinas (Kadis) Pertanian dan Perikanan, Muljadi Suratenodjo menyerahkan 106 ekor ikan Patin, pada peserta lomba memasak saat Festival Kuliner Tradisional, Kamis, (04/04/2019), di Lapangan Kelurahan Pobundayan, Kecamatan Kotamobagu Selatan.
“Ini adalah ukuran 1 (satu) Kilogram per 3 (tiga) ekor ikan. Kenapa ikan ini, karena selain tulangnya sedikit, dia lebih gemuk,” katanya.
Dijelaskannya, ikan yang bernama ilmiah Pangasius ini, didapat dari para kelompok petani pembudidaya. “Kita (Dinas Pertanian dan Perikanan) juga pelihara, tetapi yang diserahkan sekarang, dari petani,” jelasnya.
Dirinya berharap, dijadikannya ikan Putin sebagai bahan baku utama lomba, bisa lebih memperkenalkan ke masyarakat tentang manfaat ikan Putin.
“Ini proteinnya tinggi, sehingga sengaja dibudidayakan, dan diikutsertakan dalam festival, agar bisa diolah sesuai cita rasa masyarakat Kotamobagu, dan akhirnya bisa dikonsumsi setiap harinya,” jelasnya.
Senada, Wali Kota Kotamobagu, Tatong Bara mengatakan, lomba ini jadi ajang juga untuk mengenalkan ikan patin ke masyarakat Kotamobagu.
“Penyajian menggunakan pendekatan, pengolahan makanan dengan citarasa kemongondowan, sehingga bisa masuk dengan selera kita, artinya ini pintu masuk untuk mengenalkan ikan ini,” singkat Wali Kota.
Neno Karlina

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.