Astaga! Ada Kertas Suara Berlubang, Pencoblosan di TPS Ini Diskors

0
44

TOTABUAN.NEWS, POLITIK – Pemungutan suara di TPS 42 di Kompleks Berlian Indah, Jennetallasa, Kabupaten Gowa sempat diskorsing atau dihentikan sementara. Pasalnya, ditemukan beberapa surat yang rusak.

Surat suara yang sudah berlubang ini ditemukan oleh petugas KPPS setempat. Karena temuan ini, KPPS menghentikan sementara pencoblosan selama 30 menit.

“Tadi saya mau mencoblos, tapi saya lihat surat suaranya berlubang. Setelah dicek totalnya ada sembilan lembar,” kata Ketua RT 001 Jennetallasa, Rizall, Rabu (17/4/2019).

Dari pemeriksaan KPPS, jumlah surat suara yang berlubang itu berjumlah 9 lembar kertas surat suara. Sebanyak 8 surat suara rusak ada di bagian pasangan Joko Widodo – Ma’ruf Amin dan satu surat suara rusak di bagian pasangan Prabowo Subianto – Sandiaga Uno.

Menurut Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gowa, surat suara yang berlubang kemungkinan besar adalah surat suara yang rusak saat proses distribusi.

“Petugas KPPS membuka surat suara tersebut, terlihat bagian surat suara tersebut yang rusak dan bukan hasil coblosan,” kata Komisioner Divisi Hukum KPU Gowa, Tasrif kepada wartawan saat dikonfirmasi.

Kesembilan surat suara itu, kata Tasrif dimasukkan ke dalam laporan berita kerusakan.

“Surat suara tersebut dikumpulkan. Jadi belum ada pemilih yang mengambil surat suara tersebut,” ungkap Tasrif.

Usai surat suara berlubang itu dipisahkan, pencoblosan di TPS yang sempat terhenti itu kembali dilanjutkan lagi.

 

 

Sumber : Detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.