Begini Harga Barito Pasca Pemilu dan Jelang Ramadan

0
24
TOTABUAN.NEWS, KOTAMOBAGU – Harga Bawang, rica, tomat (Barito) mengalami kenaikan harga yang cukul signifikan pasca Pemilihan Umum (Pemilu), dan jelang bulan Ramadhan.
Pantauan Totabuan News,  di pasar 23 Maret Kotamobagu, harga Bawang Putih dari Rp50 ribu menjadi Rp65 ribu, Bawang Merah dari Rp35 ribu menjadi Rp45 ribu. Tomat dari Rp50 ribu per karung (kapasitas 25 kilo gram) menjadi Rp150 ribu. Sementara Rica/Cabe saat Pemilu  berada di kisaran harga Rp100 ribu turun menjadi Rp45 ribu per kilogram. “Harga ini biasanya masih akan berubah, besar kemungkinan naik karena mendekati bulan puasa/Ramadhan,” kata Rini Mokodompit, pedagang Pasar 23 Maret.
Menurutnya, kenaikan harga ini, juga cukup ditentukan oleh agen penyalur.”Kenapa bisa begini, karena juga dari agen sudah naik. Entah apa penyebab pastinya. Kita pedagang hanya menyesuaikan saja,” singkatnya.
Sementara itu, pemilik Toko Sinar Terang, Hj Maryani, yang juga sebagai distributor bawang merah mengatakan, keadaan cuaca terkadang juga mempengaruhi produksi, namun stok masih aman. “Saat ini memang stok untuk ramadhan, masih aman. Bawang di sini dari Selatan. Soal harga yang naik, tergantung produksi. Kalau harga naik begini, pembalikan juga berkurang, biasanya kami menjual 200 karung bawang merah, kini hanya bisa 50 karung saja,” pungkasnya.
Neno Karlina 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.