Masyarakat Kotamobagu Diimbau Tunaikan Zakat Fitra Gunakan Beras

0
24

TOTABUAN.NEWS, KOTAMOBAGU – Menanggapi imbauan BAZNAS Kotamobagu dan SK Kantor Kementerian Agama Kotamobagu Nomor:P.04/Kk.23.09.04/BA.03.2/05/2019, perihal penetapan Zakatul Fitri, pada tahun 2019, terkait imbauan untuk menggunakan beras dalam menunaikan kewajiban zakat fitrah. Sekretaris Daerah Kota Kotamobagu, Hi Adnan Massenae, kepada sejumlah awak media, mengaku juga telah menunaikan zakat fitrah menggunakan beras. “Ini diterimakan oleh pengurus Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dan Baznas di Mesjid Agung Baitul Makmur,”katanya, Kamis, (16/05/2019).

Menurutnya, ini sebagai bentuk dukungan pemerintah terhadap Baznas. “Ya, kan kalau zakat fitrah itu wajib bagi seluruh umat muslim di mana saja,” singkatnya.

Sementara itu, Komisioner Baznas Bidang Admin, SDM dan Umum Kota Kotamobagu, Jainudin SP, mengatakan, Baznas berupaya menyosialisasikan hingga ke seluruh UPZ Kelurahan dan Desa, agar selanjutnya dari pengurus UPZ imbauan ini bisa diteruskan ke masyarakat.“Kita butuh waktu dan proses untuk bisa membalikkan pemahaman masyarakat yang kadang telah lama dan nyaman menggunakan uang dalam menunaikan zakat fitrahnya selama ini. Sudah jadi kewajiban kami untuk menyampaikan hal ini, sebab beras dianggap lebih utama dibandingkan menggunakan uang sebagai makanan pokok sehari-hari,” ujarnya.

Menurutnya, Baznas juga telah menurunkan Surat Pemberitahuan dan SK Kemenag mulai hari ini ke seluruh UPZ kelurahan/desa yang ada, termasuk pada sangadi dan lurah. “Masyarakat yang telah mengeluarkan zakat fitrahnya dalam bentuk uang, Kemenag juga telah memberikan penetapan harga beras pada tahun ini dibagi menjadi dua kelas, yakni kelas I untuk beras kualitas premium seharga Rp 28.750 per jiwa, dan kelas II untuk beras kualitas sedang atau biasa, seharga Rp 26.250 per jiwa,” pungkasnya.

 

 

Neno Karlina

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.