54 Pejabat Bolmong Ikuti Assessment Test, Pesan Sekda Jaga Kesehatan

0
18

ADVETORIAL, BOLMONG – Untuk memenuhi Syarat Menduduki Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (Esselon II),  Sebanyak 54 Pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), mengikuti Assessment Test, yang diselenggarakan di Lantai II Hotel Sutan Raja Kotamobagu.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Sekda Bolmong, Tahlis Gallang SIP MM, Dalam Kesempatannya, Panglima ASN Bolmong tersebut, menegaskan agar selama menjalani Test peserta agar menjaga kesehatan tubuh, baik secara Jasmani maupun rohani.“Selama kegiatan ini dilaksanakan, saya ingatkan kepada peserta agar menjaga kondisi kesehatan tubuh dengan baik,”ungkap Tahlis.

Tahlis Menambahkan, Selama kegiatan ini dilaksanakan, agar semua peserta serius untuk mengikuti setiap tahapan Tes yang dilalui. “Kegiatan ini dijadwalkan selama tiga hari yakni, Senin sampai dengan Rabu, untuk itu Harap semua peserta dapat mengikuti dengan serius tiap tahapan tes yang akan diujikan oleh tiga orang penilai atau assessor,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua tim penilai atau assessor dari PPSDM Muhammad Khaidir, mengungkapkan agar seluruh ASN yang mengikuti kegiatan ini, agar bisa membuktikan kompetensinya berdasarkan jabatan yang dilamarnya. “Peserta akan kami uji apakah memiliki kompetensi sesuai dengan instansi yang dia lamar,” Ungkap Khaidir.

Lanjutnya, seluruh ASN wajib memiliki kompetensi, karena menurutnya, itu sudah diatur  di dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN, yang dimana menyebutkan setiap ASN harus memiliki kompetensi. “Berdasarkan Undang-undang nomor 5 Tahun 2014, tiga kompetensi yang wajib dimiliki seorang ASN. Yang pertama adalah kompetensi teknis, kompetensi manajerial, dan kompetensi sosial cultural,” tandasnya.

Terpisah, menurut Kepala Bidang Diklat dan Pengembangan Aparatur BKPP Bolmong, Ahmad Ijabu SSTP, bahwa dalam Assesment Test ini, terdapat beberapa komponen penilaian yakni, pertama Kompetensi Teknis, yaitu mengukur tingkat dan spesialisasi pendidikan, pernah mengikuti pelatihan teknis fungsional, dan pengalaman bekerja secara teknis; kedua Kompetensi Manajerial, yaitu diukur tingkat pendidikan, diklat struktur dan manajemen, dan pengalaman kepemimpinan; ketia, Kompetensi Sosial Cultural, terkait dengan pengalaman bekerja dalam  kemajemukan masyarakat baik, suku, agama maupun budaya; dan terakhir Kompetensi Pemerintahan.

Diketahui, Sekda Bolmong, Tahlis Gallang SIP MM, merupakan ketua  Panitia Seleksi JPT Pemkab Bolmong Tahun 2019.

 

PELIPUT : YOGI MOKOAGOW

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.