Boltim Butuh Figur Muda

0
87
Awaludin Umbola

TOTABUAN.NEWS, KOTAMOBAGU – Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Boltim akan digelar, secara serentak dengan beberapa daerah lainnya di Sulut 2020 mendatang. Meski demikian, tahapannya akan dimulai September tahun ini. Bahkan sejumlah figur pun sudah mulai diwacanakan untuk bertarung.

Namun sejumlah warga menyebut, untuk Pilkada 2020, Boltim butuh figur muda untuk memimpin. Salah satu kader muda itu adalah Awaludin Umbola S Hut. Ewin, sapaan akrabnya dikenal sebagai aktifis pergerakan saat menjadi mahasiswa. Karirnya diawali sebagai ASN di Pemkab Boltim, kemudian terpilih menjadi anggota dan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Boltim.

Ewin dikenal mampu menjaga integritas sebagai pemilu dan berhasil memimpin KPU Boltim saat Pemilu 2014 dan Pilkada Boltim 2015 lalu.

Karir sebagai penyelenggara ini kemudian berlanjut ke tingkat prestise, yakni terpilih sebagai Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Utara. Menurut warga Boltim, Ewin layak ikut bertarung sebagai bupati atau wakil bupati. “Beliau dikenal semua kalangan, muda dan berpengalaman. Dia punya track recordsebagai abdi Negara dan penyelenggara pemilu. Kita bersyukur punya kader seperti Ewin Umbola, beliau layak diusung untuk maju di Pilbup, pokoknya komplitlah,” tukas warga.

“Kami siap mengawalnya karena kami tau persis siapa Awaludin Umbola. Boltim harus dipimpin oleh orang berintegritas dan mampu mengawal perubahan. K Ewin mewakili kaum milenial di Boltim,” tukas salah satu warga.

Sementara itu, Awaludin Umbola saat ditanyai terkait dukungan warga mengaku itu adalah hak warga menjagokan siapa-siapa. “Yang pasti saya sebagai penyelenggara  tentu akan fokus ke tugas saya. Persoalan siapa yang dijagokan warga, itu adalah hak mereka,” jelas Umbola saat berbincang-bincang sore di tadi di salah satu hotel ternama di Kotamobagu.

 

Konni Balamba

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.