David Bobihoe Comeback To Sulut?

0
117
David Bobihoe MSc MM

TOTABUAN.NEWS, KOTAMOBAGU – Lama tak mendengar nama David Akib Bobihoe. Mantan Calon Wakil Gubernur Sulut 2015 yang berpasangan dengan Benny Mamoto, saat ini namanya kembali digaungkan di Sulut.Jelang Pilgub Sulut 2020, sejumlah warga mulai menyebut-nyebut nama sosok mantan Bupati Gorontalo dua periode ini.

Warga menyebut, seandainya David Bobihoe akan kembali bertarung di Pilgub Sulut untuk periode 2020, tentu akan sangat diperhitungkan oleh lawan-lawan Politik. “David Bobihoe adalah keterwakilan umat muslim, selain itu tentu akan didukung oleh masyarakat Bolmong Raya,” ungkap salah satu warga Kotamobagu.

Terpisah David Bobihoe saat dihubungi Totabuan News mlaam ini via seluler, mengatakan, belum berfikir soal Pilgub Sulut 2020. Ia mengaku masih melihat perkembangan politik Pilgub Sulut. “Kita lihat dulu perkembangannya seperti apa,” ujar David.

Ditanya apakah masih berkomunikasi dengan beberapa tokoh politik di Sulut, menurut David hingga saat ini silaturahmi masih dilakukan. “Termasuk dengan pak Elly Lasut,” jelas David.

Diketahui David Bobihoe sebelum menjabat Bupati Kabupeten Gorontalo dua periode, Ia merupakan birokrat yang memiliki segudang prestasi. Tak hanya prestasi dalam birokrat, David pun meraih ratusan penghargaan selama mejabat Bupati Kabupaten Gotontalo.

Bahkan, dalam majalah Tempo edisi 22-28 Desember dirilis bahwa David Bobihoe adalah Indonesia best local government leaders (pemimpin daerah terbaik Indonesia) tahun 2008.

Bukan hanya menjadi bagian sepuluh besar pemimpin daerah (tokoh) tahun 2008, Ia juga pemilik peringkat satu berdasarkan survey SWA dan Komite Pemantauan Pelaksanaan Otonomi Daerah. Ia mengalahkan Presiden Jokowi yang saat itu menjadi walikota Solo. Jokowi hanya menduduki peringkat tujuh. David memperoleh total nilai 81,41 dengan leadership (kepemimpinan) 32,47 sementara program and result (program dan hasil) 48,67. Jokowi hanya mendapatkan 79,03.

Tempo, seperti ditunjuk David, juga telah mengambarkan dirinya sebagai pemimpin masa depan Indonesia. Ia bersanding dengan nama beken seperti Tri Risma Harini, Walikota Surabaya, Jawa Timur. Ia disebut dekat dengan rakyat. Pola kerjanya pun informal dan lebih banyak menghabiskan waktu di belakang meja.

Masyarakat Sulut, khususnya Bolmong Raya tentu sangat mengharapkan sosok seperti David Bobihoe. Pada Pilgub 2015 lalu, Ia mampu mencuri simpati masyarakat Bolaang Mongondow Raya (BMR).

 

 

Konni Balamba

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.