Sukses Gelar Kegiatan BBGRM XVI di Bolsel, Gubernur Sulut Apresiasi Pasangan BERKAH

0
84

TOTABUAN.NEWS, BOLSEL – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongndow Selatan (Bolsel). Sukses menggelar Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XVI Tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Tahun 2019, di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), yang dilaksanakan di alun-alun Molibagu, Kamis (27/6).

Dalam Kesempatannya, Bupati Bolaang Mongondow Selatan, Iskandar Kamaru SPT, mengucapkan selamat datang dan terima kasih, kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) dalam hal ini Gubernur Sulut Olly Dondokambey, yang telah memberikan kesempatan bagi Kabupaten Bolsel, menjadi tuan rumah pelaksanaan BBGRM ke-XVI. “Dengan kegiatan ini, kita semakin menyadari pentingnya persatuan dan kesatuan, serta menggugah kembali kesadaran akan pentingnya semangat gotong royong,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, bahwa sudah sekian lama Bolsel mengimplementasikan semangat gotong royong, sebagaimana yang terkandung dalam visi dan misi Kabupaten Bolsel. “Kegiatan ini juga meningkatkan kesadaran peran serta masyarakat, khususnya dalam mewujudkan program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK),” Tandas Ketua Presidium KAHMI Bolsel tersebut.

Dia menambahkan, Dalam penerapannya untuk program ODSK, Kabupaten Bolsel telah melaksanakan diantaranya bidang sosial dan agama, seperti melaksanakan Program Ibadah Subuh Bersama (PISB),  serta telah mengalokasikan zakat penghasilan sebesar 2.5 persen dari ASN untuk kemaslahatan umat. “Bidang Kemasyarakatan misalnya telah melakukan penyuluhan hukum kepada siswa di setiap sekolah, Pembagian sertifikat lima ribu sertifikat tanah gratis kepada masyarakat, serta tahun ini ditambah lagi sembilan ribu sertifikat,  Bidang kesehatan Pemda Bolsel telah berupaya agar seluruh masyarakat dan tenaga harian lepas tercover JKN KIS,” tandasnya.

Selain itu, untuk bidang ekonomi mengoptimlakan dana desa untuk pembangunan sarana dan prasarana fisik pertanian, perikanan drainase jalan desa, dan fasilitas publik lainnya melalui padat karya tunai. “Serta Bidang lingkungan, membangun RTLH bagi masyarakat yang tidak mampu, yang bersumber dari APBD dan ABPDes, yang sampai pada tahun 2019 ini, telah terealisasi sebanyak, 435 unit, dari target pemda sebanyak 450 unit, dengan anggaran 50 juta per rumah. Selain itu, Pembangunan jamban, dengan  target 2021 tidak ada lagi rumah tidak ada jamban,” tutur bupati.

Terpisah, Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Bupati dan Wakil Bupati Bolsel bersama jajaran dan pihak terkait, yang telah berkontribusi positif dalam memprakarsai, bekerja keras, sehingga kegiatan yang bernilai penting, strategis dan konstruktif tersebut dapat terselenggara. “Gotong royong harus kita maknai bukan hanya sebagai slogan, sebatas kata-kata, atau bahkan jargon, namun harus kita aktualisasikan, dilaksanakan, dalam kehidupan sehari-hari. Dengan gelar acara ini, kita telah maksimalkan dan arahkan fokus energi untuk kegiatan gotong royong di berbagai bidang,” ungkap Olly.

Dalam kesempatan, diberikan sertifikat gratis, bantuan kepada instansi pemerintah dan desa, serta santunan kepada masyarakat, yang diberikan oleh Gubernur Olly Dondokambey, didampingi Bupati Iskandar Kamaru S Pt dan Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid yang saat ini dikenal sebagai pasangan BERKAH, untuk Pilbup 2020.

Diketahui, dalam kegiatan tersebut, gubernur Sulawesi Utara, Olly dondo Kambey, didampingi Bupati dan Wakil Bupati Bolsel memberikan Bantuan sertifikat gratis ke masyarakat, kegiatan inipun dihadiri oleh Seluruh Bupati/Walikota se-Sulut, Ketua Lembaga Pengembagan Tilawatil Quran (LPTQ), Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI), Calon Terpilih Anggota DPR RI, Hi Herson Mayulu SIP, Unsur Forkopimda Sulut/Kabupaten/Kota, Ketua Tim Penggerak PKK Sulut, Ir Rita Maya Dondokambey –  Tamuntuan, Ketua TP PKK Kabupaten Bolsel, Selpian Kamaru-Manoppo,  Pimpina OPD se- Provinsi Sulut, Pejabat Sipil, TNI dan Polri, Tokoh Agama, Tokoh Adat, dan Toko masyarakat, ASN danMasyarakat.

Tim Totabuan News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.