Gandeng Pemkab Bolmong, Fakultas Pertanian Unsrat Gelar Penyuluhan Tanaman Horticultura dan Kopi di Desa Poopo Barat

0
36

ADVETORIAL, BOLMONG –  Fakultas Pertanian, Universitas Samratulangi (Unsrat) Manado, bersama dengan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), menggelar penyuluhan tentang tanaman Horticultura dan Kopi di Desa Poopo Barat, Kecamatan Passi Timur. Kegiatan ini  dilaksanakan Unsrat atas rangkaian kegiatan Dies Natalis ke 58. Mewakili Bupati Bolmong, Assisten III Administrasi Umum, Drs Ashari Sugeha, mengucapkan terima kasih kepada pihak Fakultas Pertanian Unsrat Manado, karena telah menyempatkan waktunya untuk berbagi pengetahuan dengan masyarakat Bolmong khususnya di wilayah Passi Timur terkait ilmu pertanian tentang tanaman Horticultura dan Kopi. “Semoga hubungan kerjasama ini bisa terus terjalin, kami atas nama Pemerintah Kabupaten Bolmong sangat berterimakasih atas waktu dari Civitas akademi Unsrat Khususnya Fakultas Pertanian, yang telah memberikan ilmu tahmbahan untuk petani yang ada di Desa Poopo Barat Kecamatan Passi Timur,”ungkap Ashari (19/7) saat memberikan sambutan.

Sementara itu, Dekan Fakultas Pertanian Unsrat, Prof Ir Robert Molenaar  MS  PhD, mengungkapkan maksud dan tujuan mereka memberikan penyuluhan, terkait dengan upgrading pengetahuan tentang tanaman Horticultura dan Kopi pada para petani yang ada di Kecamatan Passi Timur.“Kami Fakultas Pertanian Unsrat, disini ingin bertukar pikiran dan berdialog dengan para petani khusunya kelompok usaha yang ada di Passi Timur, dimana pokok yang ingin kami diskusikan hari ini terkait dengan Tanaman Horticultura dan Kopi,”tandasnya.

Seperti kita ketahui, Tanaman Horticultura ini mencakup lingkup yang sangat luas, bukan hanya terfokus pada sayuran,”Sejak zaman dahulu memang Horticultura Sayuran sudah banyak ditekuni para petani, namun itu hanya salah satu lingkup kecil dari yang ada, nah disini kami ingin membuka wawasan yang lebih luas lagi kepada para petani,” ungkapnya.

Selain Tanaman Horticultura, Fakultas Pertanian Unsrat, berbagi pengetahuan dengan Petani, terkait tata cara pengolahan dan budidaya tanaman Kopi,” Tanaman Kopi memiliki banyak jenis, ada robusta, arabica, dan ekselsa, setiap jenis mempunyai tata cara pengolahan yang berbeda-beda, untuk itu kami ingin masyarakat khusunya petani Kopi yang ada di Passi Timur bisa menambah referensi tentang strategi pengolahan tanaman tersebut,” tandasnya.

Diketahui, Kegiatan penyuluhan dari Fakultas pertanian Unsrat ini, dihadiri oleh, Kepala Dinas DLH Bolmong, Kepala Dinas Koprasi dan UKM, Kepala Dinas Perkebunan, Camat Bilalang, Camat Passi Timur (selaku penanggung jawab wilayah), seluruh sangadi dan perangkat desa yang ada di wilayah Passi Timur dan Bilalang serta masyarakat.

 

 

Yogi Mokoagow

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.