Pemkot Kotamobagu Gelar Upacara Hari Koperasi ke-72

0
29

ADVETORIAL, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot), Kotamobagu, gelar apel Kopri dirangkai dengan Peringatan Hari Koperasi Nasional ke 72 tahun 2019, di Lapangan Boki Hontinimbang, Senin, (22/07/2019).

Wakil Walikota (Wawali) Kotamobagu, Nayodo Koerniawan yang menjadi inspektur upacara membacakan sambutan pidato dari Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Republik Indonesia.

“Hari Koperasi ke 72 ini mengusung tema Reformasi Total Koperasi di Era Revolusi Industri 4.0, koperasi diharapkan mampu menghadapi tantangan baru di dunia perkoperasian,” kata Wawali.

Dikatakan Wawali, kita tidak hanya sekedar mengubah cara berbisnis dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi, namun menyangkut persoalan mindset dan juga perubahan dalam sistem tata kelola. Maka koperasi harus melakukan reformasi total terhadap sistem yang sudah berjalan selama ini.

“Reformasi total yang telah dijalankan dalam rentang waktu lima tahun terakhir ini, mendorong koperasi agar mampu beradaptasi dan bertransformasi dalam menghadapi lingkungan yang senantiasa berjalan dinamis. Insan koperasi disiapkan untuk mempunyai kreativitas dan inovasi untuk menata organisasi dan strategi bisnisnya,” ujar Nayodo.

Dalam amanat yang dibacakan, Wawali pun menjelaskan, koperasi adalah salah satu kelembagaan perekonomian rakyat, dimana kedudukan dan perannya dalam membangun ekonomi bangsa mempunyai arti dan makna tersendiri.

“Untuk itu, koperasi Indonesia harus memiliki kesiapan dan Bekal Sumber Daya yang handal yang didasari oleh tekad untuk siap berubah dalam mensikapi tantangan kekinian. Hal ini sejalan dengan arahan pidato Presiden RI Joko Widodo pada peringatan hari koperasi nasional ke- 71 Tahun 2018,” ungkapnya.

Wawali menambahkan, data Kementerian Koperasi dan UKM dan BPS Tahun 2014 dimana kontribusi koperasi terhadap pembentukan Produk Domestik Bruto (PDB) nasional sebesar 1.71 persen dan pada Tahun 2018 sudah meningkat tajam menjadi 5.1 persen.

Dalam acara tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Kotamobagu, Pimpinan OPD, Camat dan Lurah, serta ASN dan Tenaga Harian Lepas di lingkup Pemkot Kotamobagu.

Peliput: Neno Karlina

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.