Danau Ini Lebih Luas Dari Satu Negara

0
473
(foto google)

TNews, WISATA – Selain di Indonesia, Amerika juga punya danau yang berukuran besar. Inilah danau terbesar di Benua Amerika.

Pertama dari daftar danau terluas di benua Amerika adalah Danau Superior atau Superior Lake.

Sesuai dengan namanya, Danau Superior memang super luas dengan permukaan seluas 82.000 kilometer persegi. Luasnya bahkan lebih besar dari luas negara Republik Ceko dan merupakan danau air tawar terluas di dunia.

Danau Superior memiliki panjang maksimal mencapai 563 kilometer dan lebar maksimalnya 257 kilometer. Kedalaman rata- rata dari danau ini adalah 149 meter dengan kedalaman maksimal mencapai 406 meter.

Danau air tawar tebesar di Amerika.Danau air tawar terbesar di Amerika (dok National Park Service)

Volume air di Danau Superior diperkirakan sebanyak 12.232 kilometer kubik. Beberapa kota yang berada di tepi danau Superior adalah Ontario, Minnesota, Wiscosin, dan Michigan.

Fakta menarik lainnya, Danau Superior memiliki beberapa pulau di tengahnya. Pulau yang paling besar adalah Pulau Royale dengan suku asli Anishinaabe yang tinggal di sekitar Danau Superior.

Selain itu, Danau Superior juga menjadi rute pelayaran penting bagi pengiriman bijih besi. Bahkan terdapat kasus tenggelamnya kapal SS Edmund Fitzgerald di danau ini.

Legenda danau ini menyebutkan, bahwa orang yang tenggelam di danau ini tidak akan bisa ditemukan. Tubuh orang yang tenggelam di danau ini tidak bisa mengambang karena danau ini memiliki air tawar, tidak seperti air laut yang bisa membuat tubuh mengambang.

Secara penyebutan, Danau Superior masuk jajaran teratas dalam peringkat 5 danau besar atau five great lakes. Bersama dengan Danau Michigan, Danau Huron, Danau Erie dan Danau Ontario.

 

Sumber : detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.